Batu Dinding Belinyu, Keindahan Taman dengan Pemandangan Laut Lepas

Untuk kamu yang ingin merasakan keindahan taman dengan pemandangan lautan lepas mungkin tempat yang satu ini cocok untuk melepaskan penat dan stres setelah sepekan beraktivitas di kantor. Tempat wisata yang satu ini bernama Batu Dinding Belinyu yang berada di Kabupaten Bangka dan berjarak sekitar 3 Km dari Kota Belinyu. Letaknya berada diantara dermaga nelayan Pulau Punai dan eks PLTU Mantung. Namun untuk kamu yang memiliki rencana untuk berkunjung kesini dan tidak tahu jalan maka tak perlu khawatir karena warga setempat akan senang hati untuk menunjukkan jalan menuju tempat ini.

Sesampainya di tempat tersebut maka kamu bisa langsung menyaksikan keindahan Teluk Kelabat dari ketinggian karena lokasinya yang berada tepat di atas ketinggian di tepi Teluk Kelabat. Tak hanya Teluk Kalabat saja yang bisa kamu nikmati keindahan nya dari Batu Dinding, namun kamu juga dapat melihat keindahan berupa pulau – pulau kecil disekitarnya serta aktivitas para nelayan dan kapal – kapal besar di dalam Teluk. Dinding Batu ini merupakan susunan bebatuan granit yang tersusun sangat unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Obyek wisata yang satu ini merupakan sebuah kawasan milik pribadi M Rivai.

Di kawasan tersebut, sang pemilik membangun sebuah villa lengkap dengan sebuah taman yang berisi beraneka ragam tanaman yang tersusun dengan cantik dan indah. Rerumputannya pun selalu terjaga kebersihannya dari sampah – sampah yang mengotorinya. Pengunjung yang datang berkunjung kesini tak dipungut biaya oleh sang pemilik taman. Batu Dinding diambil untuk dijadikan taman karena disana terdapat sebongkah batu raksasa yang memiliki ukuran sebesar rumah. Batu raksasa tersebut sudah lama dijadikan para nelayan yang sedang melaut di Teluk Kelabat sebagai penunjuk arah. Biasanya pengunjung yang datang ke kawasan tersebut tak ketinggalan untuk mengabadikan momen berfoto sebanyak – banyaknya.

Jika cuacanya sedang bersahabat maka pengunjung yang datang bisa bermain air di dekat batu raksasa. Pengunjung yang datang ke kawasan tersebut biasanya ramai pada hari weekend, tak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung namun wisatawan asing pun banyak yang datang ke tempat tersebut. Pria yang terlihat masih enerjik kendati usianya sudah lebih setengah abad tersebut selalu menyambut ramah pengunjung yang datang bahkan ia juga suka mengajak pengunjung untuk berkunjung ke villa miliknya yang juga merupakan tempat tinggalnya sehari – hari. “Untuk tempat ini yang mengeluarkan biaya paling rumah, sedangkan yang lainnya seperti taman itu hanya memerlukan tenaga,” jelas Rivai.

Tempat wisata Batu Dinding merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi wisatawan jika berkunjung ke Belinyu selain pantai Penyusuk, Romodong dan Tanjung Putat. Ada nuansa berbeda yang ditawarkan bagi pengunjung di tempat ini.

Share this:

Leave a comment