Ingin Berlibur ke Pulau Komodo dan Melihat Langsung Komodo di Pulau Tersebut? Perhatikan Hal – Hal Berikut Ini Yuk!

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan pulu – pulau lainnya. Lokasinya berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan habitat asli binatang Komodo sejenis kadal raksasa pemakan daging.

Di pulau ini terdapat lebih dari 1.000 ekor Komodo yang hidup di alam bebas. Keindahan alam yang ditawarkan pun sangat memukau maka tak heran jika banyak wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara banyak yang datang berkunjung ke lokasi ini. Nah, sebelum kamu melihat komodo tersebut secara langsung maka ada baiknya perhatikan hal – hal berikut ini, diantaranya adalah:

1. Gaduh

Hal pertama kali yang perlu diperhatikan adalah saat kamu berbicara disarankan menggunakan yang tidak terlalu keras saat berkunjung ke Pulau Komodo. Karena jika kamu bersuara keras atau gaduh maka si Komodo tersebut akan dengan sigap mengikuti suara gaduh tersebut. Kan serem banget kalau Komodo nya menyerang secara tiba – tiba.

2. Gerakan Tiba – Tiba

Usahakan selalu dalam keadaan tenang dan tidak panik jika ada seekor Komodo yang mendekati karena jika kamu melakukan gerakan refleks maka si Komodo tersebut menganggap kalau kamu mengusik hewan purba tersebut. Secara otomatis, Komodo tersebut akan mengejar dimanapun kamu berlari. Jika sudah terlanjur dikejar oleh Komodo disarankan untuk berlari dengan gerakan zig – zag karena tubuh Komodo sangat sulit untuk  berbelok. Selain dengan berlari zig – zag, amu juga bisa mencari tempat yang lebih tinggi.

3. Pisah dari Rombongan

Selama melakukan trekking di Pulau Komodo maka disarankan untuk tidak berpisah dari rombongan dan melakukan trekking sendirian karena Komodo sangat pintar berkamuflase dengan mengubah warna kulit sesuai lingkungan sekitarnya. Ada baiknya selalu mengikuti ke manapun tour guide melangkah agar tak salah menginjak antara batu dan Komodo.

4. Haid

Khusus untuk wanita jika sedang menstruasi harus ekstra hati – hati jika berkunjung ke Pulau Komodo karena komodo disana saat mencium bau darah meskipun dalam jarak yang  cukup jauh akan berubah menjadi ganas. Maka ada baiknya jika sedang menstruasi tidak melakukan trekking di Pulau Komodo.

5. Jeprat – Jepret

Berfoto ria merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu tempat untuk mengabadikan moment – moment keren di tempat tersebut tak terkecuali ketika berkunjung ke Pulau Komodo tersebut. Sebenarnya berfoto dan memfoto Komodo merupakan hal yang tidak dilarang namun tetap perhatikan jarak pengambilan foto sekitar 8 hingga 10 meter dari obyek.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.