Keamanan dan Kenyamanan Berlibur di Pantai Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur kini memberikan perlindungan maksimal kepada para wisatawan yang bertandang ke Pantai Banyuwangi. Seperti yang diketahui semua pihak bahwa Indonesia memiliki banyak pantai dan pulau yang sangat indah. Melihat pemandangan pantai yang berdekatan dengan laut lepas memang menawarkan sesuatu yang berbeda. Terlebih bagi yang terlalu sering mengkonsumsi pemandangan gedung pencakar langit, berkunjung ke pantai seperti oase yang melepaskan rasa haus.

Terlepas dari keindahan pantai di Indonesia yang sudah mendunia ternyata diperlukan pemahaman yang cukup agar menikmatinya secara aman sebab deburan ombak yang indah jika dinikmati dalam jarak yang terlalu dekat bisa menjadi penyebab bencana. Menyadari berbagai kemungkinan kecelakaan mematikan bagi pengunjung pantai. Maka pemerintah kota Banyuwangi berinisiatif untuk memberikan perlindungan bagi pengunjung, salah satunya dengan merekrut beberapa lifeguard yang bertugas menjaga keamanan para pengunjung pantai.

Perekrutan Lifeguard di Banyuwangi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, memberikan informasi dan menjelaskan bahwa pelatihan secara khusus diberikan saat proses seleksi Lifeguard. Tujuannya agar para penyelamat wisata pantai terlatih dan paham menjaga keamanan wisatawan. Peningkatan kompetensi untuk mampu melindungi wisatawan pun ditingkatkan lebih jauh. Hasil seleksi yang ketat kemudian ditemukan 25 lifeguard yang akan ditempatkan di beberapa pantai di kota Banyuwangi. Maka menjadi pemandangan yang lumrah ketika mendapati ada sekian pengawas di sekitar area pantai untuk memberikan perlindungan bagi wisatawan.

Pelatihan yang diberikan pun mengundang para pelatih yang sudah berpengalaman dan memiliki kompetensi untuk menyelamatkan wisatawan di pantai. Selain ditempatkan di obyek wisata pantai, rencana berikutnya semua lifeguard pun akan disebar ke obyek wisata alam lain. Penyebaran ini meliputi:

1. Kawasan wisata hutan mangrove yang berdekatan dengan lokasi pantai.
2. Ditempatkan di beberapa sungai yang menjadi destinasi kegiatan arum jeram.
3. Dan beberapa wisata yang memiliki tingkat bahaya lain di Banyuwangi.

Tujuan Dilatihnya Para Lifeguard

Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan para lifeguard yang terpilih memang bukannya tanpa arti dan tujuan. Keberadaan para penyelamat di obyek wisata alam bertujuan untuk memberikan perlindungan pada wisatawan yang datang. Mengingat ada beberapa kasus yang meningkat ketika ada wisatawan yang tanpa sengaja melakukan kegiatan berbahaya di lokasi wisata. Penyelamatan yang diberikan akan memperkecil resiko terburuk jika terjadi kecelakaan. Selain itu tugas lifeguard juga memberikan pendampingan kepada wisatawan ketika hendak menikmati peralatan olahraga air.

Kecelakaan seperti kecepatan speedboat yang berlebihan, perahu terbalik, hingga wisatawan tersengat ubur – ubur dan tenggelam bisa diminimalisir. Melalui penyelamatan yang tepat waktu oleh tenaga yang sudah terlatih maka pertolongan yang diberikan bermanfaat besar. Kenyamanan wisatawan pun akan meningkat dan semakin merasa nyaman berkunjung ke berbagai pantai di Banyuwangi. Tujuan akhir yang juga menjadi penghargaan terbesar dari pelatihan kepada para lifeguard adalah membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi.

Sebab semua wisatawan tentu akan lebih tertarik berkunjung ke obyek wisata yang tidak hanya indah namun juga aman dan nyaman. Menjadikan pilihan menikmati keindahan pantai pun terasa semakin maksimal dan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Pemberian pelatihan pun tidak berhenti hanya pada kompetensi yang sudah ada namun terus dikembangkan. Rencana pemerintah dan dinas pariwisata pun ingin menambah kompetensi yang sudah ada agar kualitas lifeguard semakin terasa. Kemudian juga memberikan sertifikasi kepada lifeguard yang memiliki kompetensi yang sudah diberikan kepada mereka.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.