Bakso Gulung Bragi, Kuliner Unik dan Lezat di Kota Bogor

Umumnya bakso memiliki bentuk yang bulat seperti bola pingpong atau bulat kecil – kecil. Namun di Kota Bogor, kamu bisa menemukan bakso yang memiliki bentuk cukup unik yaitu Bakso Gulung. Sesuai dengan namanya jika bakso ini digulung seperti risoles dan memiliki lapisan kulit yang lebih kenyal serta padat pada bagian dalamnya. Salah satu kedai yang cukup terkenal dengan bakso gulungnya yaitu Bakso Gulung Bragi yang terletak di dekat deretan kuliner Bangbarung Raya, Kota Bogor. Pencetus bakso gulung ini adalah Priadi (43) yang merupakan pria asli Jombang dan memiliki istri orang asli Bogor.

Sang pemilik sudah berjualan bakso sejak tahun 1990. Awal mulanya, ia hanya berjualan bakso seperti pada umumnya dengan menggunakan gerobak keliling di sekitar kawasan Bangbarung. Namun seiring berjalannya waktu, kini ia telah memiliki kedai sendiri. Untuk menu yang ditawarkan pun beragam mulai dari bakso gulung urat, bakso gulung daging, dan bakso gulung telur. Bakso – bakso tersebut menggunakan kulit yang dilapisi dari bunga tahu atau biasa disebut dengan kembang tahu. Biasanya kita melihat kembang tahu dalam capcay namun bedanya kini kembang tahu yang digunakan digoreng tidak direbus. Sehingga menambah rasa kenyal dengan tekstur kuat seperti serat.

Kembang tahu yang digoreng itulah yang menjadi salah satu ciri khas dari Bakso Gulung Bragi. Dijamin gigitan pertama akan membuat kamu ketagihan untuk menikmatinya karena teksturnya yang kenyal diluar serta padat di dalam. Apalagi jika kamu memilih bakso gulung urat yang juga memiliki tekstur berserat di dalamnya. Untuk cara penyajiannya pun cukup mudah, dimana sebelum dimasukkan ke dalam kuah bakso digoreng terlebih dahulu agar kembang tahu nya lebih matang. Sang pemilik menuturkan jika banyak pengunjungnya yang datang ke kedai nya untuk membeli bakso gulungnya saja yang sudah digoreng terlebih dahulu. Bakso gulung ini bisa dijadikan sebagai oleh – oleh ketika kamu sedang berkunjung ke Kota Bogor.

Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 14.000 hingga Rp. 18.000 tergantung menu bakso apa yang dipilih. Yang menjadi ciri khas dari bakso gulung di kedai ini adalah kembang tahu nya sehingga membuat citarasa bakso begitu berbeda dari bakso bulat biasa.  Untuk mencobanya bisa datang ke kedai Bakso Gulung Bragi, Jalan Palayu Raya nomer 15, Bogor, yang buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB setiap hari.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.