Kuliner khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Pelajar

Berkunjung ke suatu daerah rasanya tak lengkap jika belum mencicipi aneka kuliner khas dari kota tersebut. Salah satu kota yang menjadi central kuliner di Indonesia adalah Kota Yogyakarta. Selain terkenal dengan destinasi wisata alam nya, kota ini juga sangat terkenal dengan kuliner khas nya. Mau tahu apa saja kuliner khas Kota Pelajar ini yang wajib untuk kamu coba? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Gudeg

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta jika belum menikmati kuliner khas nya yng sudah cukup melegenda yaitu Gudeg. Kuliner yang berbahan dasar dari nangka muda ini memiliki tekstur yang legit dengan citarasa manis dan gurih yang dihasilkan dari kecap dan santan. Salah satu Gudeg yang sudah cukup terkenal yaitu Gudeg Yu Djum. Setiap harinya, kedai tak pernah sepi pengunjung dan menjadi salah satu tempat kuliner yang menjadi buruan para wisatawan. Gudeg Yu Djum menyediakan Gudeg kering yang berisikan telor bebek, ayam kampung dan sambal krecek. Untuk mencicipi Gudeg Yu Djum, kamu bisa berkunjung ke Jalan Wijilan, Yogyakarta.

2. Kipo

Selain Gudeg, ada juga kuliner khas Yogyakarta tepatnya di Kotagede yaitu Kipo. Kipo sudah cukup dikenal sebagai makanan khas dengan rasa yang khas pula sebagai kudapan yang selalu memanjakan lidah. Kudapan ini memiliki bentuk yang kecil dan berwarna hijau yang dimana di dalam nya terdapat cairan gula Jawa. Dalam proses pembuatannya pun terbilang cukup sederhana yang dimana adonan yang terbuat dari tepung beras ketan dibungkus dengan daun pisang yang kemudian di panggang. Untuk menemukan kuliner ini, kamu bisa berkunjung ke Jalan Mondorakan No. 27, Kotagede. Disana terdapat satu tempat menjual Kipo yang sudah cukup legendaris yaitu kios Bu Djito yang sudah ada sejak tahun 1946.

3. Sate Klathak

Sate Klathak merupakan kuliner khas Bantul yang terbuat dari daging kambing muda. Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Klathak ini hanya dibumbui dengan garam dan sedikit merica tanpa ada tambahan kecap dan bumbu – bumbu lainnya. Cara pembuatannya yang cukup sederhana namun menghasilkan citarasa yang khas dari daging kambing tersebut. Untuk nama Klathak sendiri berasal dari bunyi yang keluar saat daging yang dibakar diatas bara api. Salah satu kedai Sate Klathak yang sudah cukup terkenal yaitu Sate Klathak Pak Bari yang lokasinya berada di Pojok Kidul Pasar Jejeran, Wonokromo, Bantul.

4. Sego Pecel

Sego Pecel memiliki arti Nasi Pecel yang memiliki ciri khas tersendiri di bumbu kacangnya. Selain di Kota Yogyakarta, kuliner ini bisa kamu temukan di tempat lainnya. Untuk satu porsi Sego Pecel berisi kacang panjang, bayam dan tauge yang disiram dengan menggunakan bumbu kacang gurih dengan sedikit rasa yang pedas. Untuk pilihan lauknya, kamu bisa menambahkan tempe dan tahu bacem atau telur goreng.  Salah satu rekomendasi tempat menikmati hidangan sederhana yang ‘ngangeni’ ini ialah SGPC Bu Wiryo.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.