Paduan Istimewa dari Sambal Terasi dan Ayam Goreng Rempah di ILI Kitchen

Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tidak berwisata kuliner di daerah tersebut. Nah, apalagi jika kamu berkunjung ke Bali maka jangan sampai melewatkan untuk singgah di I Love Indonesia Kitchen atau biasa orang – orang menyebutnya yaitu ILI Kitchen. ILI Kitchen merupakan sebuah kafe yang mengusung konsep  interior industrial minimalis maka tak heran jika kamu masuk ke dalam kafe tersebut terdapat benda – benda antik yang memanfaatkan bahan – bahan yang sudah tidak terpakai atau di daur ulang kembali. Kafe ini buka dari hari Senin hingga hari Sabtu pada pukul 10.00 hingga 22.00 WITA dan jika kamu ingin mencicipi menu di kafe tersebut maka kamu bisa berkunjung ke Jalan Gatsu Barat No. 500, Denpasar.

Pada awal berdirinya, ILI Kitchen hanya menyediakan berbagai jenis Indonesian food saja namun lebih dikreasikan saja bentuknya agar terlihat lebih modern. Menurut Sang pemilik, kafenya hanya menyajikan berbagai menu indonesian food saja namun banyaknya wisatawan asing yang datang berkunjung ke kafenya maka ia menambahkan menu western. Menu yang menjadi andalan dari kafe ini adalah ayam goreng rempah. Bahan dasar yang digunakan adalah ayam kampung yang telah direndam dengan menggunakan air kelapa lalu ditambahkan dengan  campuran bumbu rempah seperti kunyit dan kemiri. Untuk menciptakan hasil yang sempurna, ayam kampung tersebut di rendam selama 3 jam agar bumbunya dapat meresap dengan sempurna. Setelah semuanya tercampur dengan rata dan bumbunya sudah meresap, ayam tersebut digoreng kering dengan menggunakan bumbu rahasia. Setelah matang, ayam yang sudah digoreng tersebut disajikan dengan menggunakan papan. Saat menghidangkannya, disertai dengan sambal terasi dan beberapa sayur lalapan, seperti timun, kol dan tomat.

Rasa yang begitu gurih didapati dari bumbu yang meresap hingga ke bagian dalam. Untuk kamu yang menyukai rasa pedas, bisa ditambahkan dengan sambal terasi sebagai pelengkapnya sehingga pengunjung yang menikmatinya merasakan sensasi yang berbeda. Untuk ayam yang digunakan menggunakan ayam kampung karena jika menggunakan  ayam broiler hasil akhirnya akan kurang baik dan bumbu rempahan nya tidak akan meresap secara sempurna. Harganya pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 28.000 tergantung menu yang dipilih. Tak hanya ayam saja yang menjadi menu andalan di kafe ini, namun ada menu lainnya yang bisa kamu nikmati yaitu Nasi Goreng Rendang, Bihun Goreng, Mie Goreng, hingga Tempe Lada hitam. Penasaran dengan rasanya? Kunjungi saja I Love Indonesia Kitchen di Denpasar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.