Uji Nyali di Festival Arung Jeram Banyuwangi

Suka sama tantangan dan kegiatan yang bisa memacu adrenalinmu? Kalau iya, maka kamu wajib untuk mengikuti acara Festival Arung Jeram dan Tubing yang sekarang ini diselenggarakan secara tahunan di Banyuwangi. Emang sih, sekarang ini sudah lewat, tapi kamu bisa mencobanya tahun depan, kok!

Bagian dari Sport Tourism Banyuwangi

Kalau ada bagian dari Indonesia yang sekarang sedang rajin – rajinnya berbenah supaya wisatanya tambah keren, maka Banyuwangi adalah salah satu contoh yang paling sukses dan juga paling antusias. Gimana nggak, karena sepanjang 2016 ini sudah direncanakan 53 event besar yang mencakup banyak aspek dari kawasan ini. Untuk sport tourism terutama, selain Festival Arung Jeram, ada juga Tour de Banyuwangi Ijen yang diselenggarakan tanggal 11 – 14 Mei, Kite and Wind Surfing Competition (20-21 Agustus), ataupun Kompetisi International BMX yang baru saja diselenggarakan pada tanggal 2-3 April 2016. Nah, Festival Arung Jeram ini diharapkan bakal mendongkrak pariwisata kawasan Songgon, sehingga masyarakat sekelilingnya jadi lebih makmur lagi.

Berarung Jeram di Sungai Badeng

Untuk Festival Arung Jeram dan Tubing ini, sungai yang dipilih adalah Sungai Badeng yang sumbernya berasal dari mata air ada di bawah Gunung Raung. Sungai yang tepatnya ada di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon ini memang dalamnya cuma 50 cm. Tapi jangan diremehkan lho, soalnya di beberapa titik, dalamnya sungai ini bisa berubah drastis banget, sampai dengan 3 meter! Belum lagi batu – batunya. Tapi tenang saja, batunya nggak tajam jadi bolehlah. Dengan debit air yang deras tapi pas, ditambah lokasi yang masih asli seasli-aslinya, mata kamu bakal dimanjakan banget saat berarung jeram di sini.

Operator yang ditunjuk untuk menangani festival ini adalah Karo Rafting, yang beranggotakan orang – orang setempat yang sudah profesional, dan tahu persis dengan kondisi sungai. Jadi nggak usah khawatir ya! Safety juga sangat diperhatikan, dengan perlengkapan yang sudah standar internasional, seperti life jacket, helm, dan lain-lainnya. Kamu bisa memilih, mau ikut body rafting alias tubing, atau memilih rafting yang biasa. Kalau kamu memilih tubing, maka ini berarti kamu bakal diluncurkan dan mengarungi sungai dengan ban dalam dari karet kendaraan. Sementara rafting adalah kerja tim dengan perahu karet yang bisa ditumpangi 4 – 6 orang.

Sementara untuk perjalanan arung jeram ini, kamu bakal harus menempuh rute Sungai Badeng sampai kurang lebih 3 kilometer jauhnya dalam kurun waktu 45 menit sampai dengan 1 jam. Siap – siap dulu kalau kamu nggak mau pegel!

Mengenalkan Budaya Lokal

Festival Arung Jeram dan Tubing ini sendiri juga bakal menjadi kesempatan bagi pemerintah Banyuwangi untuk mengenalkan budaya lokal dan hasil buminya yang berlimpah. Kamu pasti pernah mendengar tentang durian merah yang unik tersebut, kan? Buah unik ini memang dibudidayakan khusus di Banyuwangi sejak zaman dahulu dan sudah menjadi buah khas daerah ini. Selain itu, kamu juga akan menemukan penjaja buah manggis, langsep, dan lain – lainnya. Di samping itu, selama kamu melakukan kegiatan arung jeram, rute perjalananmu bakalan semakin menarik dengan hiburan dan kesenian khas Banyuwangi yang dilakukan oleh para warga desa, misalnya hadrah dan juga kuntulan. Sebagai peserta, kamu bersama dengan warga desa juga akan diajak untuk ikut membersihkan lingkungan sekitar. Ya, tak ada salahnya ikut untuk menjaga lingkungan, kan?

Lain kali kalau kamu ke Banyuwangi, jangan lupa untuk melihat jadwal festival apa saja yang sedang diselenggarakan. Mau ikut arung jeram, sepeda lintas alam, surfing, atau wisata kuliner, kamu bisa mendapatkan semuanya di sini!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.