Aneka Kuliner khas Lampung yang Wajib Dicoba

Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, dan Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Selain terkenal dengan hasil perkebunannya berupa buah pisang, Lampung juga memiliki berbagai destinasi wisata sama hal nya seperti daerah – daerah lain di Indonesia. Beragam jenis wisata alam di tawarkan di Lampung mulai dari Teluk Kiluan, Way Kambas, Gunung Anak Krakatau, dan lain sebagainya. Tak heran jika banyak wisatawan dari luar kota datang kesini untuk berlibur.  Selain destinasi wisata alamnya yang mempesona, di Lampung juga kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas nya. Nah, mau tahu apa saja kuliner khas Lampung? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Mi Gomak

Mie Gomak merupakan salah satu kuliner khas dari daerah tanah Batak Toba dan cukup terkenal di Medan. Mi Gomak khas Lampung memiliki kuah berempah rendang dengan tekstur yang lebih halus. Dinamakan “gomak” karena cara penyajiannya yang cukup unik yaitu “di gomak” ( di genggam langsung) menggunakan tangan saat memasukkan ke dalam  wadah sebelum disiram dengan kuah santan dan andaliman. Banyak orang menyebut jika Mi Gomak ini seperti spagheti yang memiliki tekstur tebal dan lebar serta cara penyajiannya yang hampir sama namun yang membedakannya adalah rasanya.

2. Nasi Uduk Jengkol

Nikmatnya nasi uduk yang dipadu dengan rendang jengkol dan ditambah tempe, tahu serta kerupuk. Kuliner yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat di Lampung. Nah, jika kamu ingin mencicipi kuliner yang satu ini di Kota Lampung maka kamu bisa berkunjung ke Mall Lampung, dimana di dekat pintu keluar area parkir kamu akan menemui kedai nasi uduk jengkol yang unik dan enak. Biasanya kebanyakan nasi uduk di Lampung menggunakan sambal, telor dan tempe sebagai lauknya namun lain hal nya dengan nasi uduk jengkol yang dimana lauknya lebih lengkap.

3. Pempek Lampung

Kalau kuliner khas Palembang yang satu ini tentunya kita sudah tak asing lagi terdengar di telinga. Namun tahukah kamu, tak hanya kota Palembang saja namun di Lampung kamu juga bisa menemukan kuliner yang satu ini. Berbagai varian pempek mulai dari lenjer besar, kapal selam, lenggang, telor kecil , lenjer kecil, ada’an bisa kamu temukan di Lampung.

4. Seruit

Pernahkah mendengar Ikan Seruit? Terasa asing di dengar memang, namun Seruit merupakan salah satu kuliner khas Lampung yang wajib kamu coba. Seruit adalah salah satu makanan ikan olahan yang dibakar atau di goreng dan dicampur dengan tempoyak, sambal terasi atau buah mangga. Umumnya, seruit di Lampung dimakan dengan nasi hangat dengan tambahan berbagai lalapan.

5. Geguduh

Geguduh adalah salah satu makanan khas Lampung yang bercitarasa manis. Tak heran karena geguduh dibuat dai pisang kepok yang dihaluskan kemudian dicampur dengan terigu dan diberikan dengan air kapur sirih. Sebelum di goreng, geguduh bisa juga ditambah dengan susu, selai, atau perasa lainnya. Setelah digoreng dan matang, geguduh siap disajikan bersama teh hangat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.