12 Lokasi Wisata di Bandung yang Kece dan Tentunya Instagramable Banget!

Pertama kali mendengar Bandung tentunya sudah tak asing lagi dengan segudang destinasi wisatanya yang wajib untuk dikunjungi saat akhir pekan tiba. Berbagai destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata hiburan, wisata kuliner, dan lain sebagainya bisa dijadikan alternatif tujuan kamu saat akhir pekan tiba. Nah, untuk kamu yang punya rencana liburan ke Bandung akhir pekan ini. Berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang sedang hits dan pastinya Instagramable banget. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Air Terjun Curug Ciomas, Maribaya

Air Terjun Ciomas adalah salah satu obyek wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain untuk tempat rekreasi, Air Terjun Ciomas terkenal dengan letaknya yang eksotis ,karena dinding – dinding  tebing  di sekitar air terjun yang kokoh membentuk curug , dan membuat Air Terjun Ciomas ini lebih terkenal dengan sebutan Curug Omas. Selain Air Terjun nya , bagi para pengunjung yang senang bertualang tersedia rute perjalanan dari Maribaya melewati bukit – bukit dan pohon pinus yang rimbun , dengan berjalan kaki.

2. Kawah Putih, Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung

Rasanya sudah tak asing lagi ketika mendengar salah satu obyek wisata yang ada di kawasan Bandung Selatan ini yaitu Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey merupakan danau kawah dari Gunung Patuha dan memiliki keindahan alam yang sangat mempesona sehingga sering dijadikan sebagai spot untuk berfoto ria atau untuk pemotretan prewedding. Pemandangan yang ditawarkan begitu eksotis dengan warna air yang kebiru – biruan serta hamparan pasir putih yang sangat memukau. Tak heran jika banyak wisatawan lokal hingga wisatawan asing berkunjung ke lokasi ini. Beberapa fasilitas pun tersedia di kawasan tersebut mulai dari area parkir yang luas, mushola, transportasi transit, pusat informasi, warung makan di sekitar. Jika ingin bermalam di kawasan tersebut, tersedia juga pondokan dan cottage untuk pengingapan.

3. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort merupakan destinasi wisata yang terbilang baru di kawasan Ciwidey. Lokasinya berada di Jalan Barutunggul Km. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort merupakan alternatif yang tepat untuk liburan keluarga dan anak – anak. Di sini, pengunjung bisa menikmati sumber mata air panas yang dilengkapi dengan seluncuran warna – warni. Destinasi ini juga menyediakan tenda – tenda yang bisa disewa.

4. Bukit Jamur, Rancabolang, Ciwidey

Kenapa disebut sebagai Bukit Jamur..? Nah ternyata karena letak taman ini berada pada dataran tinggi Ciwidey dan bentuknya tidak datar atau berbentuk setengah bola. Maka dari itu, warga setempat dan traveler yang datang ke tempat ini menyebutnya sebagai Bukit Jamur Ciwidey. Jika kita perhatikan pohon cemara yang berada ditempat ini sangat memiliki bentuk – bentuk yang sangat unik. Karena bentuknya yang menarik perhatian pecandu foto – foto menarik, banyak yang menggunakan tempat ini sebagai spot foto yang anti mainstream, bahkan tak sedikit banyak yang menggunakannya sebagai tempat foto pre-wedding. Selain tempat ini ditumbuhi banyak pohon cemara yang unik-unik dan begitu menarik, cuaca ditempat ini juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang.

5. Situ Patenggang, Ciwidey

Lokasi wisata lain yang cukup dekat dengan Kawah Putih Ciwidey, adalah Danau Situ Patenggang yang menawarkan pemandangan indah dan romantis. Disini biasa dijadikan lokasi kunjungan bagi pasangan yang ingin langgeng, sebab memiliki legenda. Sebagai lokasi berjumpa nya Pangeran Putra Prabu dengan kekasihnya Putri Titisan Dewi setelah berpisah sekian lama. Selain menyuguhkan suasana romantis, pemandangannya cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga sebab dikelilingi perkebunan teh yang hijau. Datang kesini hanya perlu membayar Rp 15ribu saja per orang, dan berada di Patengan, Rancabali, Bandung.

6. Observatorium Bosscha, Lembang

Tempat ini sangat terkenal ketika menjadi salah satu tempat syuting film Petualangan Sherina pada tahun 1990 – an. Tempat ini juga merupakan tempat yang digunakan untuk mengamati bintang di Bandung. Untuk memasuki tempat ini pun harus mendaftar terlebih dahulu. Sehingga para turis perlu mereservasi kedatangannya pada tempat ini.

7. Gunung Tangkuban Perahu

Keberadaan gunung ini sangat erat dengan legenda Sangkuriang. Karena, konon Gunung ini merupakan wujud dari perahu yang telah ditendang Sangkuriang hingga terbalik. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung berapi yang ada ada di Jawa Barat.

8. Taman Cikapundung Riverspot

Satu lagi taman yang menjadi spot favorit di Kota Bandung adalah Taman Cikapundung Riverspot yang memiliki daya tarik tersendiri bagi berkumpulnya masyarakat umum, komunitas, hingga seniman – seniman di Kota Bandung. Letak Teras Cikapundung membelah Sungai Cikapundung dan berbatasan dengan area hutan Kota Babakan Siliwangi. Suasananya memang sangat pas dikunjungi buat santai maupun buat berfoto selfie. Pengunjung taman disuguhi suasana alam dengan sensasi aliran sungainya.

9. Taman Balaikota

Menikmati sisi menarik dari bagian sejarah kota bandung tentunya menjadi kegiatan yang asyik yang bisa anda lakukan ketika liburan ke kota berjuluk Paris Van Java, salah satunya di Taman Labirin di Balaikota Bandung. Tempat ini selain memiliki fungsi utama sebagai pusat pemerintahan pemkot Bandung, juga difungsikan lahannya sebagai kawasan area publik yang merupakan salah satu Tempat Nongkrong di kota Bandung untuk menikmati suasana pusat Kota Bandung.

10. Kebun Teh Rancabali, Ciwidey

Untuk menikmati hamparan kebun yang sangat luas dan juga ada banyak sekali pepohonan hijau ditambah dengan suasana segar dan udara yang sangat sejuk. Menikmati udara kota Bandung yang sejuk dan segar ini akan menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan ditambah banyak tempat makan dipinggiran tempat wisata alam ini. Wisata alam Bandung sudah pasti akan menjadi pengalaman menarik bagi Anda semua yang ingin menikmati liburan. Untuk yang ingin pergi ke kawasan wisata alam ini maka kita bisa mempersiapkan pakaian hangat mengingat cuaca di Kota Bandung cukup dingin.

11. Dusun Bambu Family Leisure Park, Lembang

Dusun Bambu Family Leisure Park merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Cimahi, Bandung tepatnya di kawasan Situ Lembang. Untuk menuju ke obyek wisata ini, kamu bisa melalui Jalan Sersan Bajuri hingga melewati Villa Istana Bunga dan sampai di Curug Cimahi. Dari Curug Cimahi itu, jaraknya sudah tidak terlalu jauh yaitu sekitar 800 meter maka kamu sudah menemukan gerbang Dusun Bambu. Walau namanya Dusun Bambu, obyek wisata yang terdapat di Kaki Gunung Burangrang ini tak hanya menyuguhkan panorama yang hanya bambu semata namun ada obyek wisata lainnya yang bisa kamu nikmati disini seperti panorama sawah, danau hingga wisata kuliner.

12. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang menyajikan konsep wisata yang menggabungkan antara perpaduan alam Lembang yang mempesona dengan pasar terapung tradisional seperti yang ada di Bangkok, Thailand. Lokasinya berada di Jalan Grand Hotel No. 33 E Lembang, Bandung Barat. Setiap wisatawan yang datang ke lokasi ini dapat merasakan sensasi belanja di atas perahu yang terapung diatas danau. Untuk tiket masuk nya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 20 ribu per orangnya dan harga tersebut diluar dari harga tiket wahana yang ada di dalam kawasan Floating Market. Berbagai fasilitas tersedia lengkap disini mulai dari sarana ibadah, tempat wisata kuliner, spot berfoto, area bermain anak, dan lain sebagainya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.