Air Terjun Kedungpedut, Surga Tersembunyi di Kulonprogo

Berlibur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan penat dan rasa jenuh setelah sepekan beraktivitas di kantor. Yang perlu kamu ingat adalah hidup hanya sekali, jangan sampai semasa hidup kamu hanya digunakan untuk memperkaya diri dengan terus – terusan bekerja. Ada baiknya sekali – kali ambil cuti dari pekerjaan kamu lalu menggunakan waktu cuti kamu untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Hal tersebut merupakan salah satu alternatif untuk mendekatkan diri dengan keluarga kamu yang lainnya. Karena bukan tanpa alasan bahwa kesibukan kamu dapat menyita waktu bahkan merenggangkan hubungan antara kamu dengan keluarga kamu. 

Jika kamu merencanakan liburan maka harus dipersiapkan dari jauh – jauh hari seperti booking tempat penginapan, memesan tiket transportasi hingga destinasi wisata mana yang akan kamu tuju bersama keluarga kamu. Ada baiknya jika hanya untuk melepas penat kamu memilih tempat – tempat wisata yang sama sekali tak membuat kamu berpikir misalnya seperti bermain di taman atau piknik di alam terbuka. Apalagi mengingat saat ini sudah banyak sekali obyek wisata alam yang bisa kamu kunjungi seperti pantai, gunung atau pegunungan, hingga air terjun.

Mengingat saat ini masih musim penghujan, bukan saat yang tepat jika kamu merencanakan liburan ke pantai karena kondisi cuaca yang ada disana sangat mudah untuk berubah. Sekejap panas namun juga bisa langsung hujan sama hal nya dengan kawasan pegunungan. Mendaki saat musim hujan cukup berbahaya karena air yang berasal dari atas gunung akan menyulitkan perjalanan kamu. Namun sebaliknya, jika kamu memilih obyek wisata air terjun maka ini adalah pilihan terbaik untuk kamu yang menghindari pancaran air nan segar ditambah dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Saat ini banyak obyek wisata air terjun yang bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk berlibur. Jawa Timur sendiri jika kamu ingin mencari spot air terjun yang indah ada di Malang, tak kurang dari 7 air terjun bisa kamu jumpai. Namun bagi kamu yang tak ingin jauh- jauh, khususnya tetap berada di Jawa Tengah, nyatanya masih ada beberapa spot air terjun menarik untuk dikunjungi, yaitu kawasan Kulonprogo. Rasanya sudah tak asing lagi ketika mendengar salah satu kawasan yang berdekatan dengan daerah Jogjakarta ini. Obyek wisata tersebut bernama Kedungpedut yang lokasinya berada di Girimulyo tepatnya berada di jarak 40 km dari kota Jogja.

Untuk menuju lokasi tersebut, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Untuk angkutan umum saat ini belu ada yang lewat karena lokasi air terjun tersebut cukup tersembunyi. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Air Terjun Kedungpedut adalah warna air nya yang memiliki dua warna sekaligus yaitu biru dan hijau tosca. Warna air tersebut tidak bisa kamu temukan di kawasan air terjun lainnya. Air terjun ini terbilang tidak cukup tinggi karena hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter hingga 20 meter saja dan dimana air yang mengalir tak langsung datang ke tanah melainkan melewati bebatuan yang ada di sepanjang garis bukit.

Sedangkan untuk kolam bagian bawah air terjun sendiri sangat tenang dan jernih. Dari air terjun tersebut ada beberapa penampungan yang disebut sebagai kolam pemandian, airnya berasal dari aliran yang sama sehingga memiliki kejernihan air yang sama. Untuk bisa menikmati wisata tersebut kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3 ribu saja per orangnya, dan Rp. 2 ribu untuk parkir kendaraan roda dua serta Rp. 5 ribu untuk mobil.

Share this:

Leave a comment