Yuk, Tengok Kuliner India dengan Ikut Tour Wisata Kuliner di Pasar Baru

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona kuliner di Jakarta, sudah tentu sangat terbantu dengan tour wisata kuliner yang diadakan di kawasan Pasar Baru, Jakarta. Tour wisata kuliner ini akan diselenggarakan mulai tanggal 2 April 2016 selama beberapa hari ke depan. Tema tour wisata kuliner kali ini adalah “Little India” yang mengajak wisatawan menikmati kebudayaan India melalui kuliner khas yang bisa dijumpai di kawasan Pasar Baru.

Menyantap Kebudayaan India di Jakarta

Tour wisata kuliner ini diselenggarakan oleh Jakarta Food Adventure, yang kali ini mengangkat tema kunjungan wisata yang cukup menarik. Tajuk dari wisata kuliner tersebut adalah Explore Little India Passer Baroe &The Taste of India. Peserta tour wisata kali ini akan mendapatkan kesempatan melihat secara langsung kebudayaan India tanpa perlu pergi ke Negara Taj Mahal tersebut. Jakarta memiliki salah satu titik atau area yang kental sekali dengan kebudayaan Indianya, baik lewat makanan, kebudayaan khas seperti pakaian adat, tarian, dan sebagainya.

Siapa sangka untuk bisa menyantap langsung kuliner khas India yang dibuat oleh tangan-tangan asli keturunan India. Kini bisa dilakukan dengan sekedar mampir ke Pasar Baru bukannya harus memesan tiket pesawat dan terbang ke negara Sharuk Khan tersebut. Pasar Baru memiliki banyak deretan pertokoan yang dikelola oleh orang-orang keturunan India. Produk yang dijual pun beragam, namun kali ini peserta tour akan melihat lebih banyak sisi kuliner India disini.

Semua makanan dan minuman yang bisa dilihat dan disantap disini dibuat dari bahan dan bumbu yang diperoleh langsung dari India. Kemudian diracik sendiri oleh mereka yang memang terbiasa mengolah rempah khas masakan India. Sehingga membuat cita rasa masakan saat masuk ke mulut memang benar-benar bercirikan kuliner disana. Tanpa ada bumbu yang dikurangi atau ditambah secara sengaja untuk menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Kesempatan seperti ini tentunya sangat langka, dan merupakan moment penting untuk memperkenalkan kawasan wisata Kota Lama Jakarta dengan kebudayaan India.

Ira yang merupakan penyelenggara tour wisata kali ini mengungkapkan bahwa para peserta tour nantinya akan melihat banyak hal. Mulai dari kehidupan keseharian para keturunan India yang menetap di Jakarta, mengunjungi tempat ibadahnya, mencicipi masakan India ala restoran hingga ala rumahan, dan sebagainya. Melalui kegiatan tour wisata ini siapa saja mendapatkan kesempatan melihat langsung kegiatan rutin para keturunan India. Bisa melihat bagaimana tempat beribadahnya seperti yang sering disaksikan melalui film-film Bollywood yang sukses mencapai Box Office.

Kegiatan wisata ini sebenarnya tidak melulu soal India, sebab rangkaian acara dilanjutkan dengan wisata ke jajanan kaki lima khas Pasar Baru. Semua orang atau wisatawan kuliner tentu sangat bersemangat saat mendengar istilah jajanan kaki lima. Sebab selain bisa dibeli dengan harga murah soal kualitas rasa pun bisa disaingkan dengan jajanan di restoran mewah. Apabila tertarik untuk mengikuti wisata kuliner ini bisa melakukan pendaftaran secara online dengan biaya Rp 200.000.

Pendaftaran ini bisa dilakukan melalui situs www.foodtourlittleindia.eventbrite.com

Semua peserta yang ikut sebenarnya tidak hanya membayar biaya perjalanan wisata tersebut melainkan juga beramal. Sebab dari donasi yang terkumpul ini akan disalurkan kepada @berbaginasiJKT sehingga berwisata sembari beramal terdengar sangat bijak dan layak dilakukan. Acara tour wisata kuliner ini nantinya akan dimulai dari Galeri Foto Antara dan menjadi titik pertemuan sebelum memulai keliling Pasar Baru dari jam 9.30 pagi sampai 13.00 siang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.