Yuk Cicipi Kuliner Khas Trenggalek yang Menggugah Selera

Wisata kuliner nampaknya sudah menjadi bagian dari liburan setiap orang ketika berkunjung ke suatu daerah. Apalagi di Indonesia terdapat berbagai makanan khas daerah nya masing – masing jadi sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Kabupaten Trenggalek yang wajib kamu coba kuliner khas nya yaitu Ayam Lodho. Jika berkunjung kesana, jangan sampai dilewatkan kuliner tersebut. Selain lezat dan nikmat, kamu juga dengan mudah menemukan kuliner tersebut salah satunya adalah Rumah Makan Ayam Lodho Pak Yusuf. Rumah makan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1987 dan sudah sangat terkenal hingga sekarang. Lokasinya berada di Jalan Raya Kedunglurah Km 20,1 Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek.

Ayam Lodho merupakan kuliner yang bahan utamanya menggunakan ayam kampung yang dipanggang diatas bara api secara utuh setelah dibersihkan. Biasanya kuliner ini disuguhkan dengan kuah santan berwarna kuning dan nasi gurih serta gudangan. Kuah santan yang digunakan terbuat dari santan kelapa yang ditambahkan dengan berbagai macam bumbu rempah – rempah seperti bawang merah, bawang putih,, kunyit, jahe, kencur, serai, lengkuas, dan lain sebagainya sehingga menghasilkan rasa yang sangat nikmat dan lezat. Seporsi menu Ayam Lodho disajikan bersama gudangan  yang berisikan rebusan daun keningkir, daun singkong, tauge, dan ditambahkan dengan parutan kelapa yang khas. Ayam kampung yang digunakan adalah ayam kampung yang masih muda sehingga dagingnya tidak terasa alot ketika di gigit.

Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 20 ribu hingga Rp. 80 ribu maka kamu sudah dapat menikmati menu Ayam Lodho ini. Ternyata menu kuliner ini tak hanya terkenal di daerah Trenggalek saja namun juga di Kabupaten Tulung Agung, kamu bisa menemui kuliner yang satu ini. Menurut Kasi Pendidikan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Agus Prasmono menuturkan jika kuliner Ayam Lodho ini biasa digunakan untuk acara selamatan di kalangan masyarakat Jawa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.