Wisatawan ke Derawan Terus Meningkat

Derawan merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang letaknya di provinsi Kalimantan Timur. Pada awalnya tempat wisata ini mungkin saja kurang terkenal. Akan tetapi seiring perkebangan zaman, tempat wisata ini semakin terkenal saja. Tentunya ini akibat adanya teknologi. Terkenalnya kepulauan Derawan sebagai tempat wisata tentu bisa dilihat dari semakin banyaknya turis yang datang ke kepulauan yang satu ini. Bahkan jumlah wisatawan yang datang ke pulau ini juga terus meningkat tiap tahunnya.

Tentu saja kenaikan jumlah turis ini disambut baik oleh pemerintah setempat. Bahkan pemerintah setempat juga tak segan membentu gerakan sadar wisata yang ditujukan kepada warga Derawan. Tujuan pembentukan gerakan sadar wisata ini tentu saja untuk melatih para warga agar mampu mengelola tempat wisata di Derawan sehingga bisa berkembang dan memberikan kontribusi tersendiri bagi mereka. Adanya gerakan ini ternyata disambut baik oleh para warga. Bahkan warga di sekitar tempat wisata tersebut menjadi lebih paham bagaimana cara mengelola tempat wisata tersebut. Sehingga pada akhirnya tempat wisata Derawan menjadi seperti sekarang ini.

Selain diajarkan cara mengelola tempat wisata Derawan sehingga bisa memberikan hasil, para warga juga diajarkan bagaimana cara melestarikan lingkungan setempat. Jadi meskipun ada turis yang datang, kondisi lingkungan setempat tetap asri dan terlindungi. Jika tempat wisata Derawan terus terjaga tentu saja para wisatawan akan semakin banyak berkunjung bukan? Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian tempat wisata ini adalah dengan membangun rasa sadar tentang cara menangani sampah dari turis.

Apakah yang menarik di Derawan?

Setelah membicarakan tentang gerakan sadar wisata diatas, tentu Anda akan bertanya-tanya apakah yang menarik dari Derawan ini. Derawan merupakan sebuah tempat wisata dimana Anda bisa menikmati panorama alam yang masih bersih dan natural secara langsung. Untuk Anda yang suka menyelam, tempat wisata yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Di kepulauan ini Anda bisa melakukan penyelaman di bawah lautnya yang masih bersih. Di bawah permukaan laut Anda bisa melihat aneka biota laut yang berenang dengan damai. Contoh biota laut yang bisa ditemukan di lokasi penyelaman Derawan adalah lumba-lumba, kura-kura, ubur-ubur dan aneka ikan.

Tak suka menyelam? Anda bisa melakukan kegiatan berjemur di pantainya. Tak perlu khawatir karena pasir di Derawan masih bersih, putih dan halus. Bahkan di sekitar pantainya juga bersih. Jadi kegiatan berjemur Anda bisa berjalan dengan lancar. Jika Anda menyukai tantangan, disarankan untuk bermain dengan aneka permainan pantai. Misalnya saja mengendarai speed boat, banana boat dan sebagainya. Dibayangkan saja semua kegiatan di tempat wisata Derawan sangat menyenangkan bukan?

Berlibur ke kepulauan Derawan ini tentu saja tak cukup hanya sehari saja. Jadi sebaiknya Anda menginap saja ke tempat penginapan yang disediakan. Seperti hotel ataupun home stay. Tak perlu khawatir tarif per malam yang ditetapkan sangat terjangkau. Tempatnya pun juga sangat nyaman. Jadi cocok sekali untuk Anda jadikan sebagai tempat istirahat dan melepas lelah. Hari selanjutnya barulah Anda memulai petualangan seru di kepulauan Derawan ini. Hal yang perlu diingat ketika berlibur di Derawan adalah membawa kamera. Karena akan sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan momen-momen indah dan seru di kawasan ini. Jadi setelah membaca ulasan ini apakah Anda tertarik untuk berkunjung dan berlibur ke kepualauan Derawan?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.