Beberapa Destinasi Wisata Pantai di Wonosari

Pantai di Wonosari cukup banyak. Beberapa diantaranya yaitu Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, dan Pantai Sundak. Wisata pantai adalah salah satu obyek wisata yang sangat menarik. Itulah mengapa baik turis mancanegara maupun lokal banyak menggandrunginya. Berenang, mandi, bermain air, makan di restoran – restoran di sekitar pantai, adalah beberapa kegiatan – kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan bersama orang – orang tercinta Anda. Bila Anda sedang berada di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, tidak ada salahnya bila Anda mengunjungi lima pantai di Wonosari, Gunung Kidul Yogyakarta berikut. Sebelumnya, Anda harus mengetahui hal – hal cukup penting tentang pantai – pantai tersebut. Berikut beberapa ulasan tentang berbagai pantai di Wonosari dan sekitarnya untuk Anda pertimbangkan:

1. Pantai Ngobaran

Keindahan Pantai Ngobaran terletak pada hamparan rumput lautnya serta biota laut di bibir pantainya. Bila ingin kesana, Anda harus turun dari bukit dan melewati beberapa puluh tangga. Kata Ngobaran diambil dari kobaran api dari Upacara Muksa yang dilakukan oleh Raja terakhir Kerajaan Mahapahit, Prabu Brawijaya V. Dimana Sang Raja melarikan diri dari kejayaan Kerajaan Demak dan membakar diri di pantai ini. Pantai Ngobaran terletak di desa Kanirogo, Kecamatan Saptosari. Kurang lebih 65 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Yang terkenal dari pantai ini adalah wisata kulinernya. Masakan Landak Laut adalah salah satunya. Landak Laut lezat seperti Daging Ayam.

2. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan terletak di sebelah Pantai Ngobaran. Bagi Anda yang suka memancing, pantai ini adalah surganya. Di pantai ini terdapat bukit yang dinamai Bukit Biting. Setiap malam, terutama Malam Minggu, Anda akan mendapati puluhan pemancing berjejer di bukit ini.

3. Pantai Indrayanti

Pantai ini merupakan salah satu pantai di daerah Wonosari dan sekitarnya yang memiliki fasilitas sangat baik dibanding pantai -pantai lainnya. Ada beberapa homestay dan restoran disini. Anda bisa menikmati makanan laut di restoran – restoran yang menghadap ke laut dan berada tepat di bibir pantai. Sekarang banyak sekali ribuan pengunjung yang berdatangan ke pantai ini di hari libur karena sensasi makan di resoran – restoran ini, dan tentu saja selain itu bisa berenang dan mandi.

4. Pantai Kukup

Pantai ini terletak di sebelah timur pantai Baron, di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Wonosari. Pantai ini memiliki pasir putih kekuning-kuningan, memiliki ombak yang landai, dan juga memiliki batu-batu karang yang besar – besar. Salah satunya dinamakan Jumino. Bila Anda ingin melihat keindahan pantai Kukup dari atas bukit, Anda bisa melakukannya dari bukit yang berada disana setinggi kira – kira 3 meter. Bila air laut sedang surut, Anda bisa melihat beberapa hewan laut.

5. Pantai Sundak

Pantai Sundak di Gunung Kidul ini sangat unik. Terletak di daerah Sidoharjo, Kecamatan Tepus, sekitar satu kilometer ke timur dari Pantai Krakal. Kata Sundak terdiri dari dua suku kata, asu dan landak. Dalam bahasa Jawa asu berarti anjing. Tidak ada yang tahu, mengapa pantai ini memiliki nama Sundak, kependekan dari Asu dan Landak. Pantai ini tidak luas, tetapi hamparan pasir putih dan ombaknya yang landai yang merupakan daya tarik utama untuk para turis ini, akan membuat Anda betah berlama-lama bermain air, berenang dan mandi – mandi.

Bagaimana menurut Anda? Tertarikah Anda untuk mendatangi pantai-pantai tersebut bersama keluarga tercinta Anda bila liburan tiba? Pastikan Anda membawa perlengkapan-perlengkapan penting untuk melakukan kegiatan di pantai.-pantai tersebut. Sungguh menarik bukan pantai di Wonosari dan sekitarnya?

Share this:

Leave a comment