Wisata Berkualitas Ternyata Bisa Dilihat Dari Toiletnya

Banyak hal yang membuat seseorang tertarik untuk mengunjungi sebuah tempat wisata, mulai dari pemandangan alam yang sangat indah, tawaran wisata kuliner hingga fasilitas yang cukup memuaskan. Namun sangat jarang bukan yang terpikirkan untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata hanya karena toilet yang ditawarkan. Sangat aneh untuk apa datang jauh-jauh ke sebuah kawasan hanya untuk melihat keadaan toilet yang ditawarkan. Nyatanya hal unik semacam ini memang ada, sebuah toilet yang dijuluki sebagai toilet terbaik di dunia, tak urung hal ini mendatangkan cukup banyak wisatawan untuk mengunjungi kawasan tersebut.

Liburan berdasarkan kualitas toilet yang ada memang sangat unik, kapan-kapan bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk refreshing jika memang sudah mulai bosan dengan tawaran obyek wisata yang itu-itu saja. Kawasan wisata yang satu ini sebenarnya ditawarkan oleh sebuah perusahaan perjalanan dengan nama lonely planet. Mereka mengeluarkan sebuah buku yang isinya cukup unik. Bukan gambar para model cantik, kawasan wisata yang indah atau juga desain baju nan unik, melainkan semuanya adalah gambar tentang toilet.

Eits jangan salah karena gambar-gambar tersebut memang sengaja diambil dari seluruh penjuru dunia mengenai toilet terbaik yang dimiliki, fasilitas unggulan dengan kebersihan yang pastinya juga terjaga. Setidaknya ada 100 toilet yang ditampilkan pada buku tersebut, diambil setidaknya dari berbagai jenis, mulai dari toilet tetap hingga portable yang ada di dalam sebuah bus. Satu yang paling unik adalah sebuah toilet portable yang dibawa hingga ke atas gunung Tanzania.

Saat kamu melihat gambar toilet yang satu ini pasti betah berlama-lama di dalamnya, mengingat kawasan tersebut merupakan perbukitan tinggi di mana sepanjang mata memandang kamu akan menjumpai hamparan rerumputan hijau dengan beberapa bukit yang menjulang di berbagai sisi, sangat indah. Buku yang diberi nama ‘Toilets: A Spotter’s Guide’ ini memang sengaja menampilkan sisi berbeda sebuah toilet yang bagi setiap orang adalah bagian yang paling menjijikkan, karena memang umumnya digunakan sebagai tempat pembuangan kotoran.

Gambar toilet yang ditampilkan disini sebenarnya bukan sesuatu yang sangat wow, melainkan beberapa toilet sederhana, namun sisi yang di angkatlah berbeda. Bagi seorang traveler sejati, mereka bisa dengan mudah mengetahui mana tempat wisata dengan fasilitas terbaik dan tidak hanya melihat dari kualitas toiletnya. Tak memungkiri bahwa sebenarnya tampilan toilet dan kebersihannya juga bisa menjadi pedoman perawatan tempat tersebut. Inilah mengapa Planet Lonely berani mengangkat tema tersebut dalam konsep buku panduan mereka.

Anda akan diajak melihat beberapa tempat wisata yang menarik, namun tak melihat kawasannya secara langsung, melainkan hanya dari beberapa gambar toilet yang ditampilkan, agen perjalanan yang sangat unik. Tentunya hanya mereka yang berani memberikan konsep tersebut. Nah sekali-kali bagi Anda yang menginginkan suasana liburan yang berbeda bisa mencoba hal tersebut, lumayan untuk menambah pengalaman unik.

Buku dengan judul ‘Toilets: A Spotter’s Guide’ ini nyatanya cukup diminati oleh pengunjung, sekali-kali kamu bisa ikut melihat panduan wisata berkualitas hanya dengan melihat dari toiletnya, mungkin ini akan menjadi inspirasi kamu untuk liburan di waktu mendatang. Hanya saja jangan jijik jika ada beberapa toilet yang jauh dari bayangan Anda. Indonesia sendiri memang belum bisa memberdayakan fasilitas umum yang memadai. Tak hanya toilet, terkadang tempat istirahat saja masih sangat terbatas sehingga jarang wisatawan luar negeri yang meliriknya untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Share this:

One comment, add yours.

maharani

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.