Lima Lokasi Wisata Baru di Kawasan Bantul, Yogyakarta

Belakangan ini destinasi wisata di kawasan Gunungkidul memang sedang hits banget di kalangan masyarakat. Beberapa destinasi wisata baru bisa kamu kunjungi dan kamu jadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengisi liburan di akhir pekan. Namun tahukah kamu, jika tak hanya Gunungkidul saja yang menjadi primadona wisata di Kota Yogyakarta namun ada beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Apalagi dalam tiga bulan belakangan ini Kota Jogja memiliki destinasi wisata baru sebanyak 10 lokasi wisata. Semua destinasi wisata tersebut bisa kamu temukan di Jogja Selatan, salah satunya adalah Bantul.

Nah, daripada penasaran dimana saja lokasi wisata yang terdapat di Bantul mendingan simak ulasan berikut ini ya!

1. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger Dlingo merupakan alternatif wisata hutan pinus di perbukitan Dlingo selain Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini menawarkan daya tarik wisata alam yang lebih alami dan lebih asri dibandingkan dengan hutan pinus yang berada di Mangunan. Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di perbukitan Dlingo sebelah utara yang dekat dengan perbukitan wilayah Piyungan Bantul. Rute terdekat menuju Hutan Pinus Pengger dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Wonosari Yogyakarta.

Dari pertigaan Piyungan ambil jalan naik menuju ke arah Patuk Gunungkidul. Sesampai di perempatan puncak Bukit Patuk atau Bukit Bintang ambil arah ke kanan menuju Jalan Raya Patuk-Dlingo. Selama perjalanan akan melewati Wisata Watu Amben dan beberapa menit berselang tiba di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger di sisi kanan jalan. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir yang dijaga oleh pengelola wisata hutan pinus tersebut. Meski tergolong wisata mainstream, Hutan Pinus Pengger selalu bisa membuatmu merasa Jogja sangat kreatif. Ada banyak sekali spot foto yang bisa kamu pilih untuk berfoto. Kalau kamu mau ke sini bisa gunakan Google Maps dengan kordinat -7.864243, 110.459073. Tiket masuk Rp 2000. Parkir mobil Rp 5000, Motor Rp 2000.

2. Tebing Watu Mabur

Baru – baru ini Bantu menjadi perhatian bagi wisatawan dengan spot barunya yaitu Gardu Pandang Tangan Raksasa yang ada di kawasan Hutan Pinus Pengger. Namun sekarang giliran Tebing Watu Mabur yang menjadi incaran para wisatawan. Wisata Tebing Watu Mabur ini merupakan lokasi wisata perkemahan atau biasa disebut dengan camping ground. Lokasinya yang berada di perbukitan menjadikan tempat ini bersuhu sejuk. Di kawasan tersebut, kamu bisa memandangi suguhan alam yang sangat menakjubkan dan tentunya suasana terasa sangat asri dan bikin tenang para pengunjungnya. Tebing Watu Mabur ini lokasinya berada di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Lokasinya yang berada di kawasan Mangunan, tentunya tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan obyek wisata ini menyajikan pemandangan pohon pinus yang dilengkapi dengan berbagai spot foto selfie kreatif yang sangat artistik terbuat dari kayu pohon pinus. Tak hanya dijadikan sebagai lokasi untuk Camping Ground saja, namun lokasi wisata ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto keren karena disana tersedia berbagai spot foto selfie yang sangat kece seperti adanya spot Gardu Pandang yang belakangan ini memang sedang booming.  Selain dapat melihat keindahan pepohonan pinus, kamu juga bisa dapat melihat pemandangan alam pegunungan yang sangat menawan, hamparan hutan hijau yang luas, serta nampak juga aliran Sungai Oyo yang besar sehingga terlihat begitu mempesona.

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Songgo Langit di Bantul ini menghadirkan nuansa bak negeri dongeng. Selain bebatuan besar dan pemandangan alam yang unik, daya tarik lainya adalah beberapa spot foto hasil kreatifitas warga. Spot rumah hobbit di Seribu Batu Songgo Langit ini tentu menjadi spot andalan karena baru pertama ada di Jogja. Selain ada juga spot rumah kukusan, jembatan kayu, ayunan  dan lain sebagainya. Beberapa fasilitas penunjangpun sudah disediakan seperti flying fox dan spot tebing untuk climbing. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke kebun buah mangunan ataupun di puncak becici, jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Tempat wisata ini berada di Dusun Sukarame, Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wsiata seperti hutan pinus mangunan, watu goyang ataupun tebing tembelan. Seribu Batu Songgo langit tepat berada di sebelah timur watu goyang. Selain cocok untuk mencari spot foto, disini juga cocok untuk mengajak sang buah hati. Pasalnya disini terdapat juga kegiatan mendongen untuk anak.

4. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu merupakan tempat wisata yang akhir akhir ini lagi naik daun di daerahnya yaitu Jogja. Masyarakat Jogja menobatkan tempat ini sebagai tempat terbaik uuntuk menikmati terbenamnya matahari atau sunset. Sangat cocok untuk melihat sunset karena langsung menghadap ke barat dan tidak ada penghalang satupun. Kalian dapat sekaligus mengunjungi tempat wisata lainya sepeti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus  Mangunan karena tempatnya begitu berdekatan. Bukit ini dinamakan Bukit Lintang Sewu karena jika kamu mengunjungi tempat ini pada malam hari maka kamu akan melihat beribu bintang. Terdapat berbagi macam fasilitas yang akan kamu dapatkan seperti, lokasi berkemah, outbond, wisata malam, dan taman di alam. Selain itu juga, kamu dapat melihat Kota Jogja dari atas sini melalui gardu pandang yang telah di sediakan. Lokasinya ada di Dusun Karangasem, Munthuk, Dlingo, Bantul.

5. Hutan Pinus Asri

 

Satu lagi lokasi wisata Gardu Pandang yang wajib untuk dikunjungi dalah Gardu Pandang Pinus Asri yang baru saja dibuka bulan Januari ini. Lokasi Gardu pandang Pinus Asri ini berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Hutan Pinus yang terkenal dengan panggung alamnya.  Kehadiran gardu pandang pinus Asri ini sekaligus melengkapi keindahan alam di kawasan hutan pinus ini. Sebab di Gardu pandang ini pengunjung bisa mengambil foto selfie dengan background hutan dan dataran rendah Imogiri. Bentangan cakrawala dan perpaduan hutan pinus yang hijau akan memanjakan mata para pengunjung.

Berbeda dengan gardu Pandang di bukit Mojo dan Jurang tembelan, Gardu pandang Pinus Asri ini memang tak dibuat secara artistik dengan bentuk yang macam macam. Meski demikian, konstruksinya jauh lebih kuat karena menggunakan kayu dan dibuat seperti deck lantai sehingga membuat pengunjung yang berfoto menjadi merasa nyaman dan aman. Suasana sejuk dan pemandangan yang indah membentang tentu saja membuat pengunjung betah duduk berlama lama di gardu pandang pinus asri ini.

Berikan Komentar Kamu di Sini

Mungkin kamu tertarik membaca artikel yang serupa dengan "Lima Lokasi Wisata Baru di Kawasan Bantul, Yogyakarta" berikut?


Pesona Keindahan Pantai Baru di Bantul Yogyakarta

Kabupaten Bantul bisa dikenal salah satu kawasan di  Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal


Lima Lokasi Wisata di Bantul yang Sedang Hits di Kalangan Anak Muda

Belakangan ini destinasi wisata di kawasan Gunungkidul memang sedang hits banget di kalangan


Jurang Tambelan, Wisata Baru di Bantul yang Sedang Hits

Berbicara mengenai destinasi wisata di Jogja memang tak akan ada habisnya karena Jogja memiliki


Deretan Spot Foto di Bantul yang Bikin Foto Kamu Instagramable Banget

Kota Yogyakarta dengan keindahan alamnya mampu menarik siapa saja untuk datang berkunjung ke kota


Air Terjun Ledok Pokoh, Bantul

Grojogan Lepo atau bernama lain Air Terjun Ledok Pokoh merupakan salah satu wisata air terjun yang


Spot Foto Selfie Terbaru di Bantul

Kota Yogyakarta dengan keindahan alamnya mampu menarik siapa saja untuk datang berkunjung ke kota


Berkunjung ke Negeri di Atas Awan ala Bantul

Begitu mendengar lokasi wisata Kebun Buah Mangunan mungkin bagi sebagian orang menyangka jika lokasi


Selain Parangtritis, Inilah Deretan Pantai - Pantai Indah Lainnya di Kabupaten Bantul

Kabupaten Bantul bisa dikenal salah satu kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal karena


Keindahan Pantai Baru Bantul yang Mempesona

Kabupaten Bantul bisa dikenal salah satu kawasan di  Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal


Soto Djancuk Rasa Blitar di Rumah Makan Bantul

Nama yang unik merupakan salah satu yang akan membranding sebuah produk, termasuk diantaranya adalah


Pantai di Bantul yang Wajib Untuk di Eksplore Keindahannya

Kabupaten Bantul bisa dikenal salah satu kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal karena


Kallantung Alat Musik Dari Desa Mengunan Bantul yang Dikreasikan Tukang Kayu

Mungkin Kamu akan heran bila mendengar hal ini, seseorang yang tidak memiliki latar belakang


Cikal Bakal Sate Klatak Pak Bari di Bantul

Salah satu makanan khas Indonesia adalah Sate. Sate merupakan makanan dengan berbahan dasar daging


Lokasi Wisata Kuliner Berkonsep Outdoor di Kota Yogyakarta

Membicarakan kota yang satu ini memang tak akan ada habisnya, pasalnya di kota ini selalu saja


Lokasi Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Tak Boleh Diewatkan

Wisata kuliner di Kota Yogyakarta banyak menawarkan keunikan khas dari makanan yang tidak terdapat


Lokasi - Lokasi Terbaik Untuk Melihat Sunrise di Kota Yogyakarta

Keindahan alam yang paling di cari oleh wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat wisata adalah


Menyantap Soto dengan Rasa yang Unik di Kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta

Ada beberapa macam pilihan jenis kuliner yang bisa kita santap ketika berkunjung ke berbagai daerah


Tiga Lokasi Pantai Eksotis di Kawasan Gunung Kidul yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Kota Yogyakarta mungkin lebih dikenal dengan wisata budaya serta sejarahnya. Namun ternyata, Jogja


Tak Hanya Kawasan Puncak, Kawah Ratu Juga Bisa Dijadikan Sebagai Lokasi Wisata di Akhir Pekan

Berbicara mengenai Kota Bogor tak akan ada habisnya dengan berbagai destinasi wisata yang ditawarkan


Lokasi yang Pas Untuk Berkemah di Kawasan Bandung Timur

Batu Kuda Manglayang merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di lereng Gunung Manglayang di


Uji Adrenalinmu Yuk di Beberapa Lokasi Rafting di Kawasan Jawa Barat

Rafting bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata untuk mengisi akhir pekan kamu kali ini.


Lima Lokasi Wisata Kuliner Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Destinasi wisata kuliner Jogja merupakan bagian yang tak terpisahkan dari iklim kepariwisataan yang


Jurang Tambelan, Spot Melihat Sunrise di Kawasan Mangunan

Berbicara mengenai destinasi wisata di Jogja memang tak akan ada habisnya karena Jogja memiliki


Jalan - Jalan ke Yogyakarta Jangan Lupa Mampir ke Destinasi Wisata yang Satu Ini Ya!

Di kota Yogyakarta ada salah satu ikon yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yaitu Pantai


Lima Obyek Wisata Alam di Kota Yogyakarta yang Bisa Membuat Liburan Kamu Lebih Menyenangkan

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh


Watu Goyang, Destinasi Baru di Kota Yogyakarta yang Wajib di Eksplore

Destinasi wisata di Kota Yogyakarta memang tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. Tak melulu


Tak Hanya di Bandung Namun Rumah Hobbit Juga Ada di Yogyakarta Loh!

Berbicara mengenai Kota Yogyakarta memang tak akan ada habisnya dengan destinasi - destinasi wisata


Berkenalan dengan Suguhan Air Terjun Kedung Pengilon di Yogyakarta

Membahas mengenai kegiatan wisata tentunya semakin banyak pilihan tempat yang bisa dijadikan tujuan


Menikmati Sensasi yang Menguji Nyali di Parangtritis, Yogyakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Selama ini kota yang memiliki kuliner khas Gudeg ini


Mau Mencoba Kegiatan Liburan yang Memacu Adrenalin di Kota Yogyakarta? Kesini Aja Yuk! Dijamin Seru...

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Selama ini kota yang memiliki kuliner khas Gudeg ini


Gudeg dengan Resep Legendaris di Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta merupakan satu dari sekian banyak daerah yang ada di Indonesia dengan tingkat


Kuliner khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Pelajar

Berkunjung ke suatu daerah rasanya tak lengkap jika belum mencicipi aneka kuliner khas dari kota


Kuliner khas Yogyakarta yang Wajib Untuk Dijadikan Oleh - Oleh Untuk Keluarga, Teman atau Sahabat

Berkunjung ke suatu daerah rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang ada di kota


Aneka Ragam Camilan Khas Kota Yogyakarta yang Bisa Dijadikan Sebagai Oleh - Oleh

Jika sore hari tiba rasanya lebih lengkap jika ditemani dengan camilan. Apalagi jika berkunjung ke


Beraneka Bentuk dan Rasa Oleh - Oleh khas Dari Yogyakarta

Jika sore hari tiba rasanya lebih lengkap jika ditemani dengan camilan. Apalagi jika berkunjung ke


Bebeberapa Lokasi Wisata di Jogja yang Kece dan Recomended Banget Untuk Dikunjungi

Yogyakarta atau Kota Jogja merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu


Bukit Kedung Buweng Imogiri, Lokasi yang Pas Untuk Santai Saat Sore Menjelang

Berbicara mengenai dunia wisata di Tanah Air Indonesia memang tak akan ada habisnya, pasalnya di


Pantai Baron, Pantai Berpasir Hitam di Kawasan Gunungkidul yang Bisa Dijadikan Sebagai Destinasi Wisata Akhir Pekan

Yogyakarta ternyata tak hanya dikenal dengan obyek wisata sejarah dan budayanya saja, namun kota


Destinasi wisata unggulan Yogyadi kawasan lava bantal

Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, mendorong pengembangan kawasan wisata lava bantal di


Pantai Baru di Kawasan Gunungkidul Dengan Panorama Keindahan yang Mempesona

Siapa sangka, Gunungkidul yang identik dengan bukit kapur yang tandus menyimpan spot wisata yang


Tiga Akomodasi Penginapan Dekat Kawasan Malioboro

Tak dapat dipungkiri jika Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan


Kawasan Wisata Mandeh Menawarkan Beragam Kegiatan Wisata khas Air Laut yang Menggiurkan Untuk Dicoba

Mandeh merupakan salah satu daerah yang masuk ke dalam administrasi Kabupaten Pesisir Selatan yang


Kawasan Wisata Curug Cilember

Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata curug yang memang menjadi salah satu daya tarik yang


Ingin Wisata Kuliner di Bali? Berkunjung Saja Ke Kawasan Jalan Teuku Umar

Memang banyak sekali tempat - tempat atau destinasi pariwisata di Indonesia yang sangat menarik dan


Tiga Obyek Wisata dengan Keindahan Alam yang Mempesona di Kawasan Kaki Gunung Lawu, Karanganyar

Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung dan memiliki jiwa petualangan yang tinggi, kawasan


Wisata Kuliner yang Pas Untuk Mahasiswa di Sekitar Kawasan Universitas Lampung

Universitas Lampung cukup terkenal dengan wisata – wisata kuliner yang ada di sekitar kampus


Destinasi Wisata Alam yang Mengasyikkan di Kawasan Bandung Barat

Kota Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Barat.


Wisata Durian ke Kawasan Sawahan, Trenggalek

Nyatanya tak hanya kota-kota besar saja yang memiliki potensi wisata, tak memungkiri bahwa kota


Batu Beriga Kawasan Wisata Alam Penuh Sejarah

Salah satu obyek wisata menarik yang pastinya akan selalu kamu jumpai di Indonesia adalah pantainya

Share this:

Leave a comment