Lima Lokasi Wisata Baru di Kawasan Bantul, Yogyakarta

Belakangan ini destinasi wisata di kawasan Gunungkidul memang sedang hits banget di kalangan masyarakat. Beberapa destinasi wisata baru bisa kamu kunjungi dan kamu jadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengisi liburan di akhir pekan. Namun tahukah kamu, jika tak hanya Gunungkidul saja yang menjadi primadona wisata di Kota Yogyakarta namun ada beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Apalagi dalam tiga bulan belakangan ini Kota Jogja memiliki destinasi wisata baru sebanyak 10 lokasi wisata. Semua destinasi wisata tersebut bisa kamu temukan di Jogja Selatan, salah satunya adalah Bantul.

Nah, daripada penasaran dimana saja lokasi wisata yang terdapat di Bantul mendingan simak ulasan berikut ini ya!

1. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger Dlingo merupakan alternatif wisata hutan pinus di perbukitan Dlingo selain Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini menawarkan daya tarik wisata alam yang lebih alami dan lebih asri dibandingkan dengan hutan pinus yang berada di Mangunan. Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di perbukitan Dlingo sebelah utara yang dekat dengan perbukitan wilayah Piyungan Bantul. Rute terdekat menuju Hutan Pinus Pengger dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Wonosari Yogyakarta.

Dari pertigaan Piyungan ambil jalan naik menuju ke arah Patuk Gunungkidul. Sesampai di perempatan puncak Bukit Patuk atau Bukit Bintang ambil arah ke kanan menuju Jalan Raya Patuk-Dlingo. Selama perjalanan akan melewati Wisata Watu Amben dan beberapa menit berselang tiba di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger di sisi kanan jalan. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir yang dijaga oleh pengelola wisata hutan pinus tersebut. Meski tergolong wisata mainstream, Hutan Pinus Pengger selalu bisa membuatmu merasa Jogja sangat kreatif. Ada banyak sekali spot foto yang bisa kamu pilih untuk berfoto. Kalau kamu mau ke sini bisa gunakan Google Maps dengan kordinat -7.864243, 110.459073. Tiket masuk Rp 2000. Parkir mobil Rp 5000, Motor Rp 2000.

2. Tebing Watu Mabur

Baru - baru ini Bantu menjadi perhatian bagi wisatawan dengan spot barunya yaitu Gardu Pandang Tangan Raksasa yang ada di kawasan Hutan Pinus Pengger. Namun sekarang giliran Tebing Watu Mabur yang menjadi incaran para wisatawan. Wisata Tebing Watu Mabur ini merupakan lokasi wisata perkemahan atau biasa disebut dengan camping ground. Lokasinya yang berada di perbukitan menjadikan tempat ini bersuhu sejuk. Di kawasan tersebut, kamu bisa memandangi suguhan alam yang sangat menakjubkan dan tentunya suasana terasa sangat asri dan bikin tenang para pengunjungnya. Tebing Watu Mabur ini lokasinya berada di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Lokasinya yang berada di kawasan Mangunan, tentunya tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan obyek wisata ini menyajikan pemandangan pohon pinus yang dilengkapi dengan berbagai spot foto selfie kreatif yang sangat artistik terbuat dari kayu pohon pinus. Tak hanya dijadikan sebagai lokasi untuk Camping Ground saja, namun lokasi wisata ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto keren karena disana tersedia berbagai spot foto selfie yang sangat kece seperti adanya spot Gardu Pandang yang belakangan ini memang sedang booming.  Selain dapat melihat keindahan pepohonan pinus, kamu juga bisa dapat melihat pemandangan alam pegunungan yang sangat menawan, hamparan hutan hijau yang luas, serta nampak juga aliran Sungai Oyo yang besar sehingga terlihat begitu mempesona.

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Songgo Langit di Bantul ini menghadirkan nuansa bak negeri dongeng. Selain bebatuan besar dan pemandangan alam yang unik, daya tarik lainya adalah beberapa spot foto hasil kreatifitas warga. Spot rumah hobbit di Seribu Batu Songgo Langit ini tentu menjadi spot andalan karena baru pertama ada di Jogja. Selain ada juga spot rumah kukusan, jembatan kayu, ayunan  dan lain sebagainya. Beberapa fasilitas penunjangpun sudah disediakan seperti flying fox dan spot tebing untuk climbing. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke kebun buah mangunan ataupun di puncak becici, jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Tempat wisata ini berada di Dusun Sukarame, Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wsiata seperti hutan pinus mangunan, watu goyang ataupun tebing tembelan. Seribu Batu Songgo langit tepat berada di sebelah timur watu goyang. Selain cocok untuk mencari spot foto, disini juga cocok untuk mengajak sang buah hati. Pasalnya disini terdapat juga kegiatan mendongen untuk anak.

4. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu merupakan tempat wisata yang akhir akhir ini lagi naik daun di daerahnya yaitu Jogja. Masyarakat Jogja menobatkan tempat ini sebagai tempat terbaik uuntuk menikmati terbenamnya matahari atau sunset. Sangat cocok untuk melihat sunset karena langsung menghadap ke barat dan tidak ada penghalang satupun. Kalian dapat sekaligus mengunjungi tempat wisata lainya sepeti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus  Mangunan karena tempatnya begitu berdekatan. Bukit ini dinamakan Bukit Lintang Sewu karena jika kamu mengunjungi tempat ini pada malam hari maka kamu akan melihat beribu bintang. Terdapat berbagi macam fasilitas yang akan kamu dapatkan seperti, lokasi berkemah, outbond, wisata malam, dan taman di alam. Selain itu juga, kamu dapat melihat Kota Jogja dari atas sini melalui gardu pandang yang telah di sediakan. Lokasinya ada di Dusun Karangasem, Munthuk, Dlingo, Bantul.

5. Hutan Pinus Asri

 

Satu lagi lokasi wisata Gardu Pandang yang wajib untuk dikunjungi dalah Gardu Pandang Pinus Asri yang baru saja dibuka bulan Januari ini. Lokasi Gardu pandang Pinus Asri ini berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Hutan Pinus yang terkenal dengan panggung alamnya.  Kehadiran gardu pandang pinus Asri ini sekaligus melengkapi keindahan alam di kawasan hutan pinus ini. Sebab di Gardu pandang ini pengunjung bisa mengambil foto selfie dengan background hutan dan dataran rendah Imogiri. Bentangan cakrawala dan perpaduan hutan pinus yang hijau akan memanjakan mata para pengunjung.

Berbeda dengan gardu Pandang di bukit Mojo dan Jurang tembelan, Gardu pandang Pinus Asri ini memang tak dibuat secara artistik dengan bentuk yang macam macam. Meski demikian, konstruksinya jauh lebih kuat karena menggunakan kayu dan dibuat seperti deck lantai sehingga membuat pengunjung yang berfoto menjadi merasa nyaman dan aman. Suasana sejuk dan pemandangan yang indah membentang tentu saja membuat pengunjung betah duduk berlama lama di gardu pandang pinus asri ini.

Tanggapan Kamu

Berbagi Itu Indah:

Baca juga tulisan berikut:

Lokasi Wisata Kuliner Berkonsep Outdoor di Kota Yogyakarta

Membicarakan kota yang satu ini memang tak akan ada habisnya, pasalnya di kota ini selalu saja muncul berbagai destinasi wisata baru yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk spot - spot wisata nya pun terbilang cukup kekinian apalagi ditambah dengan warganya yang sangat supel sehingga membuat siapa saja yang datang ke Jogja ingin kembali lagi dan lagi. Semua jenis destinasi wisata bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Jogja mulai dari wisata alam nya yang sangat indah dan mempesona, wisata belanja, wisata hiburan, wisata sejarah, wisata kuliner, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk kamu yang memiliki rencana berlibur dalam waktu dekat ini jangan sampai melewatkan Kota Jogja untuk tujuan wisata kamu kali ini. Pasalnya di Jogja terdapat banyak sekali ...

Pesona Keindahan Pantai Baru di Bantul Yogyakarta

Kabupaten Bantul bisa dikenal salah satu kawasan di  Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal karena obyek wisatanya yang dapat memikat para wisatawan. Obyek-obyek Kabupaten Bantul mempunyai potensi obyek wisata yang cukup besar, yang meliputi obyek wisata alam, wisata budaya/sejarah, pendidikan, taman hiburan dan sentra industri kerajinan. Salah satunya adalah obyek wisata alam berupa pantai, tak hanya terkenal dengan keindahan Pantai Parangtritis namun saat ini telah dibuka salah satu obyek wisata baru yang bisa masuk ke dalam list agenda liburan Anda kali ini. Pantai Baru yang dibuka sejak tahun 2010 menjadikan destinasi wisata terbaru di Bantul. Mungkin agak sedikit asing ketika mendengar namanya, namun jangan salah ternyata pantai ini juga tak kalah keindahannya ...

Watu Goyang, Destinasi Baru di Kota Yogyakarta yang Wajib di Eksplore

Destinasi wisata di Kota Yogyakarta memang tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. Tak melulu tentang Candi Borobudur dan Malioboro saja namun masih banyak obyek wisata yang wajib untuk dieksplore keindahannya. Apalagi saat ini sudah banyak obyek wisata baru bermunculan dan pastinya cocok banget dijadikan sebagai tempat untuk berlibur. Kota Jogja juga siap memanjakanmu dengan keramahan warga dan elok alamnya, asalkan kamu tetap menghargai budaya dan tidak sembarangan. Salah satu lokasi wisata Kota Jogja yang baru - baru ini sedang hits adalah Watu Goyang. Lokasinya berada di Pedukuhan Cempluk, Kecamatan Mangunan, Bantul. Beberapa waktu belakangan ini, kawasan wisata Mangunan sedang gencar mengembangkan wisata - wisata baru. Hal tersebut terbukti kalau dalam 3 bulan ...

Menikmati Sensasi yang Menguji Nyali di Parangtritis, Yogyakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Selama ini kota yang memiliki kuliner khas Gudeg ini memang populer menjadi destinasi wisata. Wisatawan yang datang tidak hanya dari wisatawan luar daerah atau luar pulau namun juga dari banyak negara. Maka jangan heran jika masuk ke kawasan Yogyakarta Kita bisa bertemu dengan banyak turis asing. Selain menjadi destinasi wisata budaya dan juga wisata alam, kota yang kental budaya Jawanya ini juga menyajikan kegiatan liburan yang memacu adrenalin. Menikmati Paralayang di Parangtritis Yogyakarta selama ini juga sering menjadi tujuan wisata bagi mereka yang tertarik dengan kegiatan outdoor yang cukup ekstrim. Salah satunya ialah olahraga paralayang yang kini bisa dicoba atau dinikmati bagi pengunjung Parangtritis. Pantai yang ...

Lima Taman Kota di Jakarta yang Bisa Dijadikan Sebagai Lokasi Wisata Akhir Pekan

Liburan di Kota Jakarta tak melulu harus pergi menghabiskan uang ke mall atau restaurant mahal. Namun masih banyak tempat di Jakarta yang yang menawarkan liburan menarik dan pastinya tidak membuat kantong kamu jebol. Tempat liburan yang murah bahkan gratis masih tersedia di Jakarta mulai dari kebun binatang, taman hingga museum bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif tempat liburan yang menyenangkan. Nah, untuk kamu yang liburan di Jakarta saja dan ingin merefresh pikiran maka tak ada salahnya mencari tempat refreshing yang menyenangkan misalnya taman.  Selain menyegarkan mata gara - gara bisa ngeliat yang hijau - hijau, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara Jakarta. Berikut ada lima taman kota di Jakarta yang bisa untuk kamu kunjungi, diantaranya ...

Hutan Bambu Klatakan, Destinasi Baru di Kawasan Sekitar Candi Borobudur

Mungkin sudah tidak terlalu asing mendengar obyek wisata yang satu ini apalagi obyek wisata tersebut termasuk ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban yang ada di dunia. Candi Borobudur merupakan salah satu obyek wisata yang sudah mendunia bahkan tak jarang wisatawan asing pun datang berkunjung ke lokasi tersebut untuk melihat candi Budha terbesar di Indonesia itu. Nah, jika kamu berencana untuk mengisi liburan ke obyek wisata tersebut, jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi - lokasi wisata yang ada di sekitar Candi Borobudur. Lokasi wisata di sekitar Candi Borobudur pun tak kalah indahnya dengan keindahan Candi Borobudur. Salah satu lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Kampung Bambu Klatakan. Kampung Bambu ini cukup dekat dengan Candi Borobudur, cukup menempuh ...

Jurang Jero, Destinasi Wisata Baru di Gunungkidul yang Menyuguhkan Panorama Alam

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi destinasi wisata unggulan untuk menghabiskan wisata liburan. Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyimpan berbagai wisata yang tak pernah membuat para wisatawan bosan dan selalu ingin berkunjung lagi ke kota tersebut. Salah satu kawasan yang menyuguhkan keindahan alam yang mempesona adalah Gunungkidul. Terdapat beberapa obyek wisata Gunungkidul yang sangat populer dan wajib untuk di datangi jika berkunjung ke Yogyakarta. Destinasi wisata yang saat ini sedang hits di Gunungkidul adalah Jurang Jero dan merupakan obyek wisata yang masih terbilang baru. Pasalnya obyek wisata yang satu ini baru dirintis dari akhir Bulan Desember 2016. Jurang Jero ini berada di Desa Pathuk, Gunungkidul.  Jika kamu ingin berkunjung ke Jurang ...

Bebeberapa Lokasi Wisata di Jogja yang Kece dan Recomended Banget Untuk Dikunjungi

Yogyakarta atau Kota Jogja merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu Kota Istimewa yang memiliki otonomi khusus dimana bentuk pemerintahan Provinsi nya berupa Keraton. Berbicara mengenai kota yang satu ini tak lepas dari destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang memang tinggal di Jogja atau sedang menempuh pendidikan di Kota Pelajar ini tentunya sudah tak asing lagi dengan tempat - tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Namun tahukah kamu, jika di Jogja ternyata masih ada banyak sekali tempat - tempat keren yang harus dikunjungi. Wisatawan lokal maupun mancanegara pasti mengenal Candi ...

Untuk Kamu yang Hobi Hunting Foto, Lima Spot Foto Kece di Bandung Ini Bisa Dijadikan Sebagai Pilihan Lokasi Untuk Foto

Bandung dengan segala keindahannya dan kesejukkan udaranya selalu mampu menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Berbagai macam destinasi wisata bisa kamu temukan di kota yang satu ini mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata hiburan, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata alam, dan lain sebagainya. Semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Pemerintah dan warga setempat pun bekerja sama untuk terus mengembangkan setiap potensi wisata yang ada di Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya spot - spot wisata baru nan hits di Bandung. Nah, buat kamu yang berencana untuk berlibur ke Bandung di akhir pekan kali ini berikut ada beberapa lokasi wisata yang bisa untuk kamu kunjungi dan pastinya memiliki spot kece untuk hunting foto. ...

Lima Lokasi Wisata Kuliner Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Destinasi wisata kuliner Jogja merupakan bagian yang tak terpisahkan dari iklim kepariwisataan yang telah berlangsung lama di daerah yang ramah dan memiliki makanan khas bernama gudeg ini. Di Kota Gudeg, kamu bisa memilih berbagai kuliner yang akan kamu nikmati mulai dari kuliner khas Jogja yaitu Gudeg, sate, roti, es krim, kopi, dan kuliner laut yang lezat. Kuliner di Kota Jogja tak melulu harus menikmati Gudeg, kamu juga bisa menikmati berbagai menu khas Nusantara lainnya di Kota Jogja. Salah satu kuliner yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Jogja adalah Mie Ayam. Tentunya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini, pasalnya di setiap daerah akan dengan mudahnya kamu temukan termasuk di Kota Jogja ini. Mie yam merupakan kuliner khas Indonesia yang terbuat dari mie ...

Lokasi Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Tak Boleh Diewatkan

Wisata kuliner di Kota Yogyakarta banyak menawarkan keunikan khas dari makanan yang tidak terdapat di kota - kota lain. Bukan hanya alam yang indah saja yang disuguhkan di kota ini namun juga banyak keindahan yang bisa kamu nikmati ketika sedang berkunjung ke kota tersebut. Sejak jaman dahulu, Kota Jogja sangat menyenangkan untuk berburu kuliner murah dan enak. Mau tahu apa saja kuliner khas Yogyakarta yang wajib kamu cicipi ketika sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta? Simak ulasannya di bawah ini yuk! 1. Sate Klathak Pak Pong Sate merupakan salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal di telinga pemburu kuliner di Indonesia. Apalagi di setiap daerah, kamu akan dengan mudah menemukan kuliner yang berbahan dasar daging ayam atau daging kambing ini. Namun lain halnya dengan Rumah ...

Bukit Maracah, Spot Wisata Baru di Kawasan Pantai Butuh

Gunungkidul kini makin identik dengan wisata alam. Sampai saat ini tercatat sedikitnya ada 69 tempat wisata yang ada di kabupaten pinggir pantai selatan ini. Apalagi jika saat ini sudah banyak bermunculan tempat wisata baru meliputi pantai, tebing, gua, dan bukit. Gunungkidul memiliki semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pilihan tempat berlibur ketika akhir pekan tiba. Seperti yang ada di Dusun Bedalo, Kelurahan Kerambilsawit, Kecamatan Saptosati, Gunung Kidul yaitu Bukit Maracah. Obyek wisata yang satu ini sebenarnya masih berada di dalam kawasan Pantai Butuh. Jadi jika kamu berkunjung ke kawasan ini maka kamu dapat mengunjungi dua tempat wisata sekaligus. Bukit Maracah merupakan salah satu obyek wisata yang saat ini sedang dikembangkan. ...

Lima Destinasi Wisata Baru di Bali yang Keindahannya Wajib di Eksplore

Siapa bilang wisata di Pulau Bali hanya seputar Pantai Kuta dan Tanah Lot saja, namun nyatanya pulau yang sudah terkenal hingga ke mancanegara ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Bali tak pernah luput dari mata internasional sebagai salah satu tujuan wisata paling favorit di Indonesia. Jadi wajar saja kalau setiap musim liburan tiba, pulau ini tak pernah lenggang dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Bali akan menuju destinasi wisata bahari seperti Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. Namun tahukah kamu, jika di Pulau Bali masih banyak obyek wisata tersembunyi dan tidak begitu banyak diketahui orang. Nah, daripada penasaran mending simak ulasan berikut ini yuk ...

Hotel Baru di Kawasan Puncak Bogor yang Berstandar Internasional

Sampai saat ini obyek wisata puncak  masih menjadi salah satu tempat wisata yang sangat digemari oleh wisatawan dalam kota hingga luar kota. Kondisi seperti inilah yang dimanfaatkan oleh pengembang sebuah hotel yang berada di puncak yaitu Royal Tulip Gunung Geulis Resort dan Golf. Lokasinya berada di Jalan Pasir Angin, Gadog - Ciawi, Kota Bogor. Jarak tempuh nya sekitar 1 jam dari Jakarta jika melewati akses Tol Jagorawi dan sedikit memutar jalur tersebut melewati Tol Sentul apabila jalur tersebut dipadati oleh kendaraan. Kini masyarakat yang ingin berlibur dengan mengunjungi Puncak Bogor, maka tak perlu khawatir akan penginapan karena disana sudah memiliki banyak pilihan hotel - hotel baru yang berstandar Internasional. Royal Tulip dibangun oleh manajemen Louvre Hotel ...

Lokasi - Lokasi Terbaik Untuk Melihat Sunrise di Kota Yogyakarta

Keindahan alam yang paling di cari oleh wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat wisata adalah melihat sunrise. Keindahan sunrise sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang untuk kamu yang ingin melakukan foto. Salah satu daerah yang menawarkan keindahan ini adalah Kota Jogja. Di Kota Pelajar itu terdapat beberapa spot menarik yang sangat cocok untuk melihat sunrise tersebut. Berikut beberapa tempat menarik yang ada di Kota Jogja dan menawarkan keindahan sunrise yang sangat mempesona. Diantaranya adalah: 1. Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan sebuah gunung berapi aktif 60 - 70 thun silam dan untuk saat ini dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Gunung ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sekitar 800 meter ...