Sekarang Ini Jatim Sedang Fokus Mengembangkan Wisata Bahari

Sekarang ini Dinas Kebudayaan serta Pariwisata di Jatim memang sedang giat untuk mengembangkan wisata bahari. Jawa Timur sendiri mempunyai garis pantai yang begitu luas, entah di pantai selatan atau pun di pantai utara. Pemerintah juga tidak ingin menyia-nyiakan kekayaan alam yang dimiliki, sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk kepentingan orang banyak, terlebih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Salah satu pantai yang berada di kawasan wisata Pantai Srau, Pacitan yang berjejer batu karang di pinggiran pantai.

Ada berbagai macam wisata laut di Jawa Timur yang sudah dikenal oleh masyarakat. Sebenarnya, apa saja wisata tersebut?

Pantai Papuma

Pantai Papuma ini berada di Lojejer, Wuluhan, Jember. Perjalanan dimulai dari Kota Jember ke Papuma dapat memakan waktu yang cukup lama. Pihak pengelola juga sudah menyediakan berbagai macam penginapan serta cottage dengan harga yang sangat terjangkau hingga 450.000 per malam, untuk harga tiket pantai ini hingga 7.000, Pantai Papuma mempunyai perkampungan yang begitu indah. Perpaduan pasir putih dan batu karang di tepi pantai akan sangat indah. Salah satu ciri dari Pantai Papuma ini ialah 7 karang besar yang ada di pantai. Ukuran yang besar ini membuat karang menyerupai pulau, 7 karang ini mempunyai nama masing – masing. Kamu dapat merasakan sensasi ombak dari karang.

Pantai Gua Cina

Pantai Gua Cina ini berada di Sitiarjo, Sumber Manjing Wetan. Dikarenakan masih tergolong pantai yang alami, Kamu harus menggunakan kendaraan pribadi untuk dapat sampai ke pantai ini. Kamu hanya harus membayar 4.000 per orang agar dapat masuk di tempat wisata ini. Walaupun pantai tidak cukup luas, namun pantai ini mempunyai ciri khas yang berupa 3 pulau di tengah pantai. Walaupun masih tergolong pantai alami, akan tetapi ada berbagai macam fasilitas yang ada di sini mulai dari warung makan hingga tempat mandi.

Pantai G Land

Pantai G atau Pantai Plengkung merupakan pantai yang tersohor yang berada di Banyuwangi. Hal ini disebabkan G Land mempunyai ketinggian hingga 6 meter dengan panjang 2 km. Keganasan dan keindahan Pantai G Land ini sekilas Hawaii sehingga membuat para surfer untuk datang ke mari. Bila Kamu menyukai olahraga seperti surfing, Kamu dapat menikmati surfing dengan latar belakang perkampungan alami serta hijaunya hutan.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Donorojo. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di Pacitan. Pantai ini disebut sebagai Banyu Tibo karena adanya air terjun yang ada di pantai ini. Air terjunnya sendiri berasal dari air kecil yang mengalir di tebing. Aliran sungai yang terjun ke laut ini akan menyatu dengan ombak. Sungai ini tidak akan pernah kering ketika musim kemarau, bahkan airnya juga begitu jernih.

Teluk Ijo

Teluk Ijoini berada di Pesanggaran, dari pusat Banyuwangi Kamu dapat mengambil di jalur arah selatan kurang lebih 90 km. Salah satu keistimewaan dari pantai ini ialah pasir putihnya yang sangat lembut dan jernihnya air dengan warna toska. Agar dapat menuju pantai ini, Kamu harus melalui jalan setapak sejauh 2 km.

Selain lebih berfokus di objek wisata, Pemerintah Jatim juga akan berkonsentrasi untuk membenahi berbagai macam infrastruktur contohnya seperti jalan akses, pelabuhan, jembatan, hingga penginapan. Sekarang ini jalanan sudah di aspal hingga 80%, tentu akan jauh lebih mudah untuk mempromosikan berbagai wisata maritimnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.