Jalan – Jalan di Jogja, Jangan Lupa Nikmati Empuknya Sate Kambing di Warung Sate Mbah So

Kota Yogyakarta sangat terkenal dengan beberapa obyek wisatanya yang sangat mempesona maka tak heran jika kota yang satu ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Namun setelah puas jalan – jalan mengunjungi ke beberapa obyek wisata di Jogja jangan lupa untuk mencicipi kuliner – kuliner yang ada di kota tersebut, salah satunya adalah menikmati kuliner sate kambing di Warung Sate Kambing Mbah So. Warung sate tersebut bisa kamu temui di Jalan R. Ronggo No. 32 Desa Karang, Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede – Yogyakarta. Warung sate kambing Mbah So selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Warung Sate Mbah So

Nama yang diberikan pada warung sate tersebut berasal dari nama pendiri warung tersebut. Warung sate ini sudah ada sejak tahun 1999 dan saat ini usahanya diteruskan oleh anaknya yang bernama Kabawi. Tak hanya menyediakan menu Sate Kambing saja, namun kamu juga bisa mencicipi menu lainnya mulai dari Sate Bakar, Sate Goreng, Sate Klathak, Tongseng, Gulai, Tengkleng, dan Nasi Goreng Kambing yang dapat menggugah selera siapa saja yang mencicipinya. Setiap harinya warung sate ini buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.

Cara penyajian nya pun cukup unik yaitu sate yang sudah selesai dibakar kemudian dilepaskan dari tusukan satenya lalu disajikan di sebuah piring dan ditambahkan dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, tomat, irisan cabai, dan timun. Sebagai pelengkap tak lupa diberikan taburan bawang merah agar menambah cita rasa dari kuliner tersebut. Menurut pengunjung yang datang ke warung sate tersebut menuturkan jika daging sate yang disajikan sangat empuk dan jauh dari kata alot. Pembakarannya pun sangat pas, serta bumbu yang digunakan sangat meresap hingga ke dalam daging. Selain sate kambing, menu lainnya yang tak kalah enak dan lezat adalah Tongseng Kambing.

Tongseng Kambing di warung sate Mbah So disuguhkan sangat spesial yaitu dengan daging kambing yang dimasak bersamaan dengan kuah santan yang telah diberi bumbu rempah – rempah serta tambahan kobis membuat lidah kamu bergoyang ketika menikmatinya. Dagingnya pun terasa sangat empuk dan jauh dari kata alot serta kuah nya yang berwarna kuning menambah gurih tongseng kambing Mbah So ini. Untuk kamu yang menyukai rasa pedas, bisa menambahkan beberapa irisan cabai di setiap porsinya. Tongseng Kambing ini terdapat berbagai varian seperti tongseng kepala dan tongseng otak. Tinggal terserah kamu saja mau menikmati tongseng otak atau tongseng kepala. Nah, untuk daging kambing yang digunakan pun adalah daging kambing yang berumur sekitar tujuh bulan agar menghasilkan sate dan tongseng yang empuk dan lezat.

Selain rasanya yang enak dan lezat, harga nya pun cukup terjangkau dan tidak menguras kantong kamu. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 20 ribu saja maka kamu sudah bisa menikmati seporsi sate, tongseng ataupun tengkleng. Kalau untuk gulai dibanderol sebesar Rp. 15 ribu, dan jika ingin menambah seporsi nasi cukup menambah Rp. 3 ribu saja. Kelezatan sate Mbah So hanya bisa kamu temukan di kawasan Kotagede saja, karena warung sate tersebut tidak membuka cabang lain.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.