Umbul Ponggok, Spot Wisata Underwater di Klaten

Dari sekian banyak tempat wisata yang terdapat di Indonesia, tak dapat dipungkiri kalau Jawa Tengah memiliki pesona wisata yang sangat memukau dan dapat menarik perhatian para wisatawan. Selain Candi Borobudur yang menjadi ikon dari Provinsi ini, maka kamu bisa berkunjung ke daerah Klaten yang dimana di kawasan tersebut terdapat obyek wisata alam yang sangat menarik yaitu pantai yang berada di daerah Umbul Ponggok. Tak ada yang berbeda dengan pantai – pantai lainnya yang terdapat di Indonesia, di kawasan ini juga menawarkan keindahan alam seperti hamparan pasir putih yang dibalut dengan birunya air laut dan ditambah dengan hembusan angin yang sangat sejuk.

Untuk kamu yang memiliki rencana berkunjung ke kawasan ini, maka diharapkan berkunjung pada jam 9 pagi hingga jam 1 siang karena pada jam segitu matahari sedang terik dan menjadi waktu yang pas untuk melakukan aktivitas menyelam. Umbul Ponggok memang sangat berbeda dengan Pantai Parangtritis karena air laut di pantai tersebut cenderung lebih tenang dan bebas dari gelombang sehingga aman untuk para wisatawan yang ingin bermain air di tepi pantai. Tak hanya bermain air di tepi pantai saja, ada juga wisatawan yang melakukan aktivitas diving sambil membawa beberapa alat untuk melihat keindahan pemandangan bawah lautnya.

Keindahan terumbu karang dan sejuta ikan yang berenang tak bisa kamu temukan di kawasan pantai yang satu ini, namun kamu tak perlu khawatir karena ada hal menarik yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengabadikan beberapa gambar di bawah laut. Spot – spot menarik yang ada di bawah laut wajib untuk kamu coba apalagi ketika cuaca dalam keadaan cerah dan sinar matahari nya pun bisa masuk ke dalam air. Hal tersebut akan menambah keindahan ketika kamu sedang mengabadikan gambar. Para wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan ini memang rata – rata tujuannya untuk menyelam dan foto bersama di bawah laut. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, yaitu:

Pastinya jika datang kesini kamu akan melakukan aktivitas yang satu ini yaitu menyelam. Menyelam bisa menggunakan baju renang biasa atau baju ganti khusus untuk menyelam agar lebih hemat, karena di kawasan ini terdapat beberapa penyewaan baju namun kamu harus membayar sejumlah biaya tertentu. Nah, untuk kamu yang mau menghemat maka disarankan untuk membawa baju ganti dari rumah.

Kondisi badan yang sehat

Kegiatan yang satu ini memang bukan perkara yang sangat mudah karena kamu harus mengetahui dasar – dasar keamanan agar kamu tetap aman dan terjaga ketika menyelam. Tak hanya itu saja, untuk mereka yang sudah paham dan mengetahui tata cara menyelam yang benar namun memiliki kondisi badan yang kurang sehat maka dianjurkan tidak perlu mengikuti kegiatan ini karena akan membahayakan nyawa bagi si penyelam. Maka dari itu, jika kamu ingin melakukan kegiatan ini dipastikan memiliki kondisi badan yang sehat dan sebelum melakukan penyelaman ada baiknya melakukan pemanasan terlebih dulu agar tak mengalami keram saat berada di dalam air.

Tetap berhati – hati

Walaupun kawasan ini memiliki spot yang aman dan mudah untuk didatangi maka kamu juga tak boleh menyepelekan keselamatan. Di kawasan lain yang memang belum dikenal seluk – beluknya sebaiknya kamu ekstra waspada, takutnya ada apa – apa yang membahayakan.

Menyiapkan perangkat untuk abadikan gambar

Tak harus menggunakan camera action untuk mengambil gambar di dalam air tapi kamu juga bisa menggunakan ponsel sendiri untuk mengabadikan gambar kamu selama di bawah laut. Hanya saja membutuhkan beberapa alat pelengkap untuk mengambil gambar di dalam air.

Jangan sungkan untuk meminta bantuan

Jika kamu merasa kurang begitu mengerti dengan spot – spot yang terdapat di bawah laut tersebut, kamu bisa meminta pertolongan dengan orang yang sudah ahli. Begitupun jika kamu ingin mengambil gambar agar hasilnya terlihat bagus, kamu dapat meminta tolong dengan orang di sekitar kamu.

Kawasan wisata yang satu ini sangat mudah untuk dikunjungi oleh para wisatawan dan jika kamu ingin mencoba langsung ke spot – spot menarik yang ada di kawasan ini. Kamu bisa mampir kesini jika kamu sedang berada di daerah Jawa Tengah. Selamat Berlibur.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.