Situs Iklan Baris IklanLinimemuat...

Toko Bogor Permai, Toko Kue Legendaris di Kota Bogor yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Saat ini kuliner di Kota Bogor semakin hari semakin berkembang, hal ini ditandai dengan bermunculnya berbagai restoran dan cafe baru di Kota Bogor. Selain restoran dan cafe, Bogor juga memiliki toko kue yang sudah terkenal namanya seperti salah satunya adalah Toko Bogor Permai. Toko yang satu ini sangat terkenal dengan berbagai macam kue tradisional dan roti nya sejak tahun 1963. Menurut Marketing Manager dari toko ini, Venny Cahyuni tak tahu seberapa persis kapan Toko Bogor Permai resmi berdiri. Menurutnya, toko ini merupakan toko roti dan kue pertama di Bogor dan mulai besar di tahun 1960-an.

Kue Talam Pandan

Meskipun sudah ada sejak lama, namun kualitas dan rasa kue serta roti di toko ini sangat terjaga. Apalagi toko ini cukup terkenal dengan nama ” Toko Roti Jadul “. Seolah – olah ingin menciptakan citarasa terdahulu, Toko Bogor Permai menyulap berbagai kue jajanan pasar dengan tampilan yang lebih modern dan terlihat lebih higienis. Berbagai macam kue “jadul” bisa kamu temukan di toko kue ini mulai dari klepon, naga sari, bugis, talam pandan, kue pisang, dan lain sebagainya. Pertama kali menjual kue basah ini kepada penumpang bus kota namun lama kelamaan Toko Bogor Permai ini semakin legendaris dengan melestarikan berbagai aneka hidangan tradisional.

Kue Keset

Salah satu kue yang menjadi favorit di Toko Bogor Permai adalah kue talam pandan dan kue klepon. Untuk kedua kue tersebut banyak sekali peminatnya dari kalangan menengah hingga kalangan ke atas. Selain kue, roti ” jadul ” nya pun menjadi incaran dan ciri khas dari Toko Bogor Permai. Berbagai roti yang dijual di toko tersebut sangat beraneka ragam dan mayoritas roti yang dijual adalah roti model lama yang kini sudah semakin jarang kamu temui di toko – toko kue lainnya. Di toko tersebut tersedia berbagai macam roti ” jadul ” seperti roti tapal kuda, roti selai nanas, roti keset, dan roti gambang yang merupakan salah satu roti spesial yang masih disediakan di toko tersebut.

Roti Gambang

Roti Gambang ini adalah roti yang memiliki warna cokelat yang dihasilkan dari gula merah yang dicampur dengan terigu dan mentega. Resep yang digunakan untuk membuat roti diajarkan dari orang luar sehingga roti yang dihasilkan tanpa pengembang dan tanpa bahan pengawet hanya saja menggunakan amoeba atau ragi instan. Namun saat ini tidak memungkinkan menggunakan amoeba karena prosesnya yang sulit. Jadi, sebagai gantinya menggunakan ragi dan bahan lainnya masih resep asli nenek moyang. Untuk telur yang digunakan pun masih menggunakan telur ayam kampung dan proses mencetak nya pun tidak menggunakan mesin cetak melainkan masih menggunakan tangan.

Agar mengembang, adonan tersebut didiamkan beberapa jam agar mengembang dengan sendirinya. Meskipun banyak menu di toko ini yang terbilang masih tradisional namun suasana modern juga bisa kamu temukan di Toko Bogor Permai ini. Karena menggunakan bahan – bahan yang masih tradisional dan mengembang sendiri tanpa menggunakan mesin jadi waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue tersebut tak sebentar. Biasanya waktu membuat mulai jam 5 dan baru jadi sekitar jam tujuhan. Untuk rasanya jelas beda, lebih kenyang kalau makan roti ini karena bahan baku dan dari cara mengembangnya. Kalau dibesokin, rotinya juga semakin padat.

Toko Bogor Permai

Sampai saat ini toko tersebut sudah dikelola oleh generasi ketiga dari sang pelopor. Kini penikmatnya memang dari kalangan keluarga, atau orangtua yang membawa anak-anaknya untuk makan atau sekadar mencicip uniknya cita rasa kue terdahulu. “Sekarang kebanyakan pelanggan itu dari orangtua menengah ke atas, yang malas ke pasar atau udah gak bisa jadi ke sini. Gak jarang mereka bawa anak – anaknya,” ujar Venny. Untuk harga kue basah sendiri mulai Rp 2.000 hingga Rp 4.000. Sedangkan untuk roti mulai Rp 5.000 hingga sekitar Rp 20.000. Toko Bogor Permai belokasi di Jalan Jenderal Sudirman nomor 23, Bogor, dan buka pukul 06.00 – 21.00 WIB.

Share this:

Leave a comment