Tips Wisata Ramah Lingkungan

Mengisi waktu liburan dengan traveling memang suatu hal yang sangat menyenangkan dan juga memberikan banyak sekali pangalaman yang ada di dalam hisup. Selain itu nantinya pada saat melakukan kegiatan seperti travelling tersebut akan lebih berharga jika nantinya bisa menjaga dan juga membantu untuk melestarikan lingkungan. Hal tersebut memang sangat penting karena dengan membantu untuk melestarikan lingkungan tentu saja nantinya akan membuat tempat wisata menjadi tetap terjaga kebersihannya sehingga nyaman untuk berwisata. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk travelling ramah lingkungan yang bisa dicoba:
Menggunakan Transportasi Umum
Yang pertama adalah menggunakan transportasi umum, pada saat Anda melakukan perjalanan liburan ataupun travelling, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan fasilitas angkutan umum selama nantinya di tempat tujuan. Hal tersebut akan cukup menguntungkan karena nantinya akan membantu Anda untuk menghemat uang dan juga bahan bakar. Jika semua wisatawan menggunakan alat transportasi umum, maka bisa dibayangkan bukan bagaimana kondisi lingkungan yang sangat ramah karena dapat mengurangi polusi? Udara juga akan menjadi lebih segar.
Menggunakan Layanan Dengan Bijak
Kemudian Anda juga bisa menggunakan layanan dengan bijak, contohnya saja seperti pada saat menginap di hotel ataupun penginapan, nantinya banyak orang yang sering menyalahgunakan fasilitas yang sudah diberikan, misalnya saja seperti menyalakan lampu, kemudian televisi, AC dan yang lainnya secara sembarangan. Meskipun Anda sudah membayar, namun ada baiknya jika perilaku tersebut tidak dilakukan. Akan lebih baik jika Anda ikut berhemat dengan cara menggunakan fasilitas tersebut seperlunya dan tidak membuang sumber daya tersebut menjadi sia – sia. Selain itu juga menggunakan fasiitas kamar seperti handuk, selimut kamar, sprei yang ada di penginapan seperlunya, dalam artian jika memang masih bersih tidak perlu meminta ganti karena nantinya bisa lebih menghemat energy.
Melindungi Satwa Liar
Lalu yang ketiga adalah Anda bisa membantu untuk melindungi satwa liar, pada saat mengunjungi suatu tempat, maka jangan pernah membeli atau berburu hewan yang mana berasal dari spesies yang sudah terancam punah. Hal tersebut merupakan suatu tindakan illegal, sebagai masyarakat ada baiknya jika Anda ikut untuk mendukung dalam program pelestarian satwa liar dan jangan pernah membahayakan hewan di dalam bentuk apapun.
Mematuhi Peraturan
Lalu Anda juga jangan pernah berkemah ataupun mendaki daerah yang sudah jelas – jelas dilarang, di beberapa negara, ada perintah daerah yang mana memberikan jalur khusus untuk aktivitas seperti trekking dan juga hiking untuk wisatawan. Namun memang tidak sedikit yang melanggar batas dari daerah yang mana sudah disediakan tesebut, dan hal itu tentu saja bisa membahayakan lingkungan serta diri Anda sendiri, khususnya untuk daerah yang mana ditanami dengan tanaman.
Menghentikan Berlangganan Koran Sementara Waktu
Kemudian Anda juga bisa menghentikan kebiasaan untuk langganan Koran dalam sementara waktu, pada saat pergi meninggalkan rumah untuk berwisata, maka kebiasaan berlangganan Koran bisa Anda hentikan untuk sementara waktu karena nantinya akan membantu Anda untuk menyelamatkan banyak kerta dan juga pohon yang ditebangi, selain itu juga akan lebih berhemat.
Membawa Kantung Sendiri
Selain itu Anda juga bisa membawa kantung belanja sendiri, untuk bisa mengurangi penggunaan dari kantung plastik yang mana bisa mencemari lingkungan karena kebiasaan seperti membuang sampah sembarangan, maka Anda bisa mulai untuk membiasakan diri membawa kantung belanja sendiri. Anda bisa membawa kantung belanja yang mana bisa dilipat dan juga diringkas agar dapat membantu untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.