Tips Menghindari Kutu Busuk Selama Traveling

Sekarang ini semakin banyak orang yang menghabiskan waktu libur untuk menjelajahi banyak tempat menarik. Kunjungan yang dilakukan pun tidak sebatas di obyek wisata dalam negeri namun juga ke beberapa negara luar. Melihat suguhan menarik dari berbagai tempat yang disinggahi tentu memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Selama kunjungan biasanya selalu menggunakan jasa hotel sebagai tempat untuk bermalam sehingga bisa menikmati perjalanan di hari berikutnya.

Menghindari Kutu Selama Traveling

Sayangnya menginap di sebuah hotel terkadang tidak selalu mendapatkan tempat beristirahat yang benar – benar bersih. Kamar – kamar yang tidak setiap hari ditiduri oleh orang menjadi tempat yang ideal bagi kutu busuk untuk beranak – pinak. Pertumbuhan kutu busuk yang cepat kemudian mudah menempel dan sulit mati bisa menular ke tempat tinggal. Oleh – oleh yang tidak terduga dan merugikan manakala kutu busuk dari hotel tumbuh di rumah kesayangan.

Resiko seperti ini memanglah hal yang lumrah, namun agar tidak dirugikan atas keberadaan kutu busuk mengganggu tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sesuai dengan penuturan dari Theodor Rosen, MD, seorang Dokter Kulit:

1. Memeriksa sudut tempat tidur di hotel

Membantu menghindari kutu busuk yang mengganggu kenyamanan beristirahat sekaligus terbawa pulang ke rumah. Ada baiknya setelah masuk ke kamar hotel melakukan pemeriksaan kecil di ranjang kamar tersebut. Kutu busuk biasanya memilih bertelur dan beristirahat di sudut kasur atau ranjang, sehingga perlu dicek dan dibasmi.

2. Usahakan tidak menyimpan baju di laci

Sesampainya di kamar hotel membuat para tamu harus merapikan isi koper agar mudah memilih pakaian yang hendak digunakan berwisata. Setiap hotel biasanya menyediakan almari baju dua pintu, khusus di gantung dan dilipat. Beberapa juga menyediakan laci yang khusus digunakan untuk menyimpan baju para tamu. Usahakan untuk memilih almari gantung sebab kutu busuk tidak akan berada di area tersebut karena menyukai tempat yang bersudut 90 derajat. Hindari laci atau lemari yang membuat baju harus dilipat sebab bisa jadi kutu busuk sudah ada disana.

3. Segera mencuci sesampainya di rumah

Setelah pulang dari traveling tentu membuat badan lelah akibat berbagai perjalanan yang dilakukan di banyak tempat. Rasa lelah sebaiknya ditahan sejenak, sebab ada banyak baju bawaan yang sebaiknya segera dicuci. Dikhawatirkan baju di dalam koper atau tas sudah dimasuki oleh satu atau dua kutu busuk yang mudah sekali berkembang biak dalam waktu singkat. Agar rumah bersih dari kutu busuk segera cuci semua pakaian yang dibawa traveling sehingga bebas dari serangga pengganggu tersebut.

4. Jika gatal atasi dengan kortikosteroid topikal

Keberadaan kutu busuk memang kerap tidak disadari sebelumnya sebab kamar hotel akan terlihat selalu bersih dan rapi. Namun penampilan fisik bisa saja menipu, tidak menutup kemungkinan muncul gatal saat bangun di pagi hari. Bahkan gatal tersebut akan muncul kembali ketika sudah berada di dalam kamar sendiri di rumah. Jika hal seperti ini terjadi maka sebaiknya segera mengobatinya dengan kortikosteroid topikal.

Resiko paling buruk dari efek berada di hotel yang memiliki kutu busuk ialah merasa takut setelahnya karena adanya rangsangan psikologis. Sering orang yang bermasalah secara psikologis merasakan gatal karena rasa takut yang muncul atau kekhawatiran. Jika memang menjumpai ada kutu busuk yang terbawa di rumah sebaiknya tidak diatasi sendiri. Serahkan kepada pembasmi serangga ahli untuk penanganan yang tepat dan menyeluruh.

Share this:

One comment, add yours.

abdullah

bagus gan webnya. kasih saran ke kita dong biar webnya bisa keren

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.