Tips yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Melakukan Liburan ke Kota Malang

Berkunjung ke suatu daerah saat hari libur tiba merupakan hal yang paling menyenangkan. Apalagi mengingat Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat memukau, tumbuhan dan hewannya pun beragam. Nah, tak ada salahnya jika liburan kali ini Anda merencanakan untuk berlibur ke Kota Malang Jawa Timur. Namun sebelum melakukan perjalanan ke  Kota Apel ini, maka ada baiknya perhatikan tips berikut:

Pertama,
Sebelum melakukan keberangkatan maka tentukanlah waktu yang tepat. Apakah waktu yang Anda pilih bertepatan dengan liburan panjang atau liburan anak sekolah. Kalau iya, mungkin Anda harus siap dengan segala resiko yang akan dihadapi seperti kenaikan harga tiket transportasi, sewa penginapan, serta tiket masuk ke tempat obyek wisata yang bisa lebih mahal harganya dibandingkan dengan hari biasa. Maka ada baiknya jika merencanakan liburan di waktu low season.

Kedua,
Menggunakan transportasi darat bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif  transportasi yang digunakan selama berlibur. Selain aman dan nyaman, harga yang dipatok pun tidak terlalu mahal jika Anda menggunakan transportasi darat. Transportasi darat yang bisa Anda gunakan antara lain seperti bus atau kereta dengan tujuan Kota Malang. Untuk kereta yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menuju Kota Malang yaitu Kereta Ekonomi Matarmaja dengan tiket seharga Rp. 115.000,00 atau juga bisa menggunakan kereta kelas ekonomi AC yaitu Malioboro Ekspres dari Yogyakarta ke Malang dengan tiket sekitar Rp 140.000. Usahakan memesan tiket dari jauh – jauh hari agar mendapatkan tiket dengan harga yang paling murah.

Ketiga,
Pilihlah homestay atau penginapan dengan harga yang cukup terjangkau yang harga per malamnya mulai dari Rp. 80.000 hingga Rp. 150.000. Penginapan – penginapan tersebut bisa Anda temui di Jalan Bunga Kopi, Jalan Simpang Borobudur, hingga kawasan pusat Kota Malang. Meskipun harganya cukup terjangkau namun fasilitas yang diberikan sepadan dengan harga yang ditawarkan mulai dari kebersihan tempat tidur hingga kamar mandi.

Keempat,
Ketik Anda sudah sampai di Kota Malang maka pilihlah alat transportasi yang praktis untuk berkeliling selama berada di Kota Malang. Angkot atau sewa motor harian bisa dijadikan sebagai pilihan untuk Anda bisa berkeliling dengan bebas dan praktis. Hanya dengan harga sekitar Rp 50.000, Anda bisa menyewa motor selama 24 jam. Jika takut tersesat karena tidak mengerti jalan, manfaatkan aplikasi GPS di smartphone Anda.

Kelima,
Berkunjung ke  landmark atau tempat wisata di Malang yang murah meriah. Beberapa tempat wisata bahkan gratis untuk dikunjungi, misalnya Alun – Alun Kota Malang, Alun-Alun Batu yang terkenal akan kuliner Ketan, Pasar Apung di sekitar Museum Angkut, Patung Singo Arema di depan Stasiun Malang, dan lain sebagainya.

Keenam,
Selain melakukan penghematan biaya, Anda juga harus mengelola waktu Anda selama berlibur di Kota Malang dengan sebaik mungkin. Misalnya saja sebelum Anda melakukan perjalanan ada baiknya mengatur waktu terlebih dahulu agar waktu Anda digunakan secara efektif dan efisien. Sebagai contoh, apabila hari pertama Anda ingin menyasar tempat wisata di Kota Malang, di hari kedua Anda bisa berkeliling di Kota Batu sesuai dengan jadwal yang Anda buat sebelumnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.