Tips Agar Liburan Tetap Seru Saat Musim Hujan Tiba

Pada musim hujan seperti sekarang ini, biasanya orang semakin enggan untuk melakukan perjalanan. Apalagi bila tempat wisata yang dikunjungi adalah alam, maka cuaca akan menjadi faktor yang cukup menentukan. Siapa sih yang senang berlibur dengan kondisi becek, diguyur air hujan, lembab dan dingin? Lebih baik nonton tv dirumah. Tetapi sebenarnya kamu tetap bisa liburan keluar rumah meskipun sedang musim hujan. Nah, berikut ada beberapa tips yang perlu kamu persiapkan sebelum berwisata di musim hujan. Diantaranya adalah:

1. Cek Perkiraan Cuaca

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan adalah mengecek perkiraan cuaca sehari sebelum berwisata. Untuk mengecek perkiraan cuaca tersebut kamu bisa mengakses situs web resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atau juga bisa melalui aplikasi di Smartphone kamu.

2. Selalu sedia payung dan jas hujan

Tentunya sudah tak asing lagi dong dengan peribahasa yang satu ini ” Sedia payung sebelum hujan “? Nah, tak ada salahnya juga jika sebelum bepergian kamu menyediakan payung di tas. Tak hanya bisa digunakan untuk melindungi diri dari air hujan namun juga bisa digunakan saat matahari sedang terik agar tidak terkena langsung sinar matahari. Jika tak ada payung, kamu bisa membawa jas hujan sebagai penggantinya.

3. Perhatikan kostum

Saat musim hujan tiba, suhu udara akan meningkat lebih dingin dibandingkan dengan suhu biasanya. Ada baiknya jika ingin bepergian di musim hujan, kamu membawa pakaian hangat seperti jaket tebal atau sweater. Jangan lupa juga membawa baju ganti sebagai alternatif jika baju yang sedang kamu gunakan basah. Selain baju ganti, benda lainnya yang wajib kamu bawa adalah sandal dan kantong plastik yang bisa digunakan untuk menampung semua baju – baju basah.

4. Mencari destinasi indoor sebagai alternatif

Memilih tempat wisata tak melulu harus yang berada di luar ruangan seperti pulau atau gunung. Tak ada salahnya jika musim hujan tiba memilih tempat liburan yang berada di dalam ruangan seperti pusat perbelanjaan atau museum.

5. Berwisata kuliner penghangat badan

Nah, kegiatan yang satu ini bisa kamu pilih sebagai alternatif untuk berlibur di musim hujan yaitu dengan berkunjung ke restoran atau gerai – gerai makanan di darah setempat. Menikmati kuliner berkuah panas rasanya menjadi santapan yang pas untuk menemani  dan menghangatkan tubuh. Di setiap daerah tentu menyediakan gerai-gerai hidangan berkuah yang siap mengisi perut saat musim hujan datang. Mulai dari bakso kuah, varian soto sampai minuman – minuman penghangat seperti jahe siap menemani santapan dan tentunya menghangatkan tubuh.

6. Selalu menjaga kondisi

Musim hujan seperti sekarang ini, tubuh akan rentan terhadap penyakit maka dari itu ada baiknya jika kamu menjaga stamina agar tetap fit. Mengkonsumsi vitamin, air putih serta minuman hangat seperti jahe akan mengembalikan stamina tubuh kamu kembali. Mengurangi minuman – minuman dingin juga bisa membantu menjaga stamina.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.