Ada Tiga Tindakan Penumpang yang Sederhana Namun Berkesan Bagi Pramugari

Selama menikmati fasilitas transportasi udara maka Kita selaku penumpang akan bertemu dan berinteraksi dengan petugas awak kabin. Terutama para pramugari atau pramugara yang senantiasa tersenyum manis saat menjalankan tugasnya. Tanggung jawab petugas kabin pesawat memang tidak mudah, dengan jam terbang tinggi mereka dituntut selalu memberikan pelayanan terbaik. Berkomunikasi langsung kepada penumpang mengenai banyak hal yang berkaitan dengan maskapai tempatnya bekerja.

Awak kabin juga menjadi salah satu bagian dari maskapai yang selalu berinteraksi secara langsung dengan pengguna jasa, atau penumpang. Beberapa kasus menyebutkan bahwa awak kabin sering terkena dampak negatif dari penumpang yang merasa tidak puas dengan pelayanan maskapai. Beberapa bahkan mendapatkan perlakuan yang tidak semestinya saat penerbangan dibatalkan atau pesawat delay. Meski begitu profesi ini ternyata bagi pelakunya tetap memberikan kesan positif diluar dari kesan negatif yang bisa muncul tidak terduga.

Apa Saja yang Membuat Pramugari Tersenyum Tulus?

Ada beberapa hal sederhana yang membuat awak kabin ini merasa lega dan mengguratkan senyuman yang tulus kepada penumpang. Kejadian menarik yang positif ini mampu memberikan suntikan semangat kepada awak kabin yang tengah menjalankan tugas beratnya. Salah satu awak kabin, yakni Windy Rosalie selaku Executive Cabin Crew Air Asia Indonesia menjelaskan beberapa kejadian yang menjadi penyemangat pramugari. Sehingga memberikan senyuman yang tulus kepada penumpang dan merupakan kejadian yang tidak terduga, diantaranya adalah:

1. Mendapatkan ucapan semangat,
Windy mengungkapkan ada beberapa penumpang yang memberikan ucapan penuh semangat yang sangat berarti dan berkesan mendalam baginya. Ucapan semangat seperti ini memang sepele namun dirasakan sangat memberikan dampak positif bagi para awak kabin. Penumpang biasanya memberikan semangat tatkala melihat awak kabin yang menunjukkan raut wajah kelelahan. Sebab orang yang kelelahan biasanya akan nampak jelas di raut wajah meski sudah ditutupi dengan senyuman. Semangat ini disampaikan pada saat pesawat masih mengudara dan beberapa juga pada saat mendarat.

2. Mendapatkan kejutan dari penumpang anak – anak,
Anak – anak biasanya naik pesawat saat musim liburan, sebab beberapa keluarga sering mengajak anak mereka pergi berlibur bersama – sama. Terkadang dalam satu kali penerbangan terdapat beberapa anak dari keluarga yang berbeda. Anak – anak yang polos kadang-kadang memberikan sebuah kesan positif yang membuat awak kabin semakin semangat bekerja. Pernah suatu musim liburan ada penumpang anak – anak yang membuat gambar pesawat terbang beserta awak kabin berjejer di luar pesawat. Gambar tersebut diberikan kepada salah satu awak kabin sebagai kejutan dan menjadi moment lucu, unik, dan tidak akan terlupakan.

3. Mendapatkan takjil saat bulan puasa,
Penerbangan diatur dalam jam tertentu yang selalu diusahakan tepat waktu, dan bisa jadi pesawat mengudara saat jam berbuka puasa. Beberapa awak kabin menjalankan ibadah puasa dan sebagian lagi tidak sebab berbeda keyakinan. Namun, biasanya awak kabin sudah membawa takjil sendiri untuk mengantisipasi jam penerbangan yang bertepatan dengan jam berbuka puasa. Banyak pengalaman menarik selama masa puasa tersebut sebab beberapa penumpang sengaja membawa takjil lebih.

Kemudian dibagikan kepada salah satu awak kabin atau memang membagikan takjil kepada semua awak kabin. Takjil yang diberikan pun beragam, mulai dari kue kering sampai kue tradisional yang manis dan legit. Memberikan sepotong kue kering yang manis merupakan tindakan positif penumpang yang sederhana namun memiliki makna yang dalam. Kesan seperti ini sering menjadi sebuah pengalaman menarik yang akan diingat oleh awak kabin.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.