Tips-tips Memesan Tiket Kereta Api Murah Secara Online

Mencari dan membeli tiket kereta api murah tidaklah merupakan hal yang sulit lagi di zaman modern ini. Sebagai salah satu jenis transportasi antar wilayah terpopuler di Indonesia, tidak aneh rasanya jika ada banyak sekali alternatif pemesanan tiket kereta yang disediakan, entah online atau secara langsung. Dengan perkembangan gadget dan teknologi yang semakin maju, memesan tiket kereta api secara online bukanlah hal yang asing lagi. PT KAI telah berkembang secara pesat dalam beberapa tahun belakangan. Dari segi pelayanan konsumen dan infrastruktur, bisa dibilang pelayanan kereta yang kita miliki saat ini telah cukup baik. Pelayanan pembelian tiket secara online merupakan perkembangan paling mencolok yang bisa dirasakan. Sebagai pemesan tiket, anda tak perlu lagi susah-susah datang ke stasiun secara langsung untuk berdiri mengantre berjam-jam di depan loket, ataupun menggunakan jasa calo. Semua pilihan tiket kereta yang ada, jadwal keberangkatan, maupun berbagai daerah tujuan tersedia secara mudah untuk diakses lewat online. Entah kelas eksekutif ataupun kelas ekonomi, memesan tiket tak perlu lagi identik dengan lelah dan repot dengan jasa penjualan tiket kereta di internet.

Tips-tips Reservasi Tiket Secara Online Melalui Website KAI
Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memesan tiket melalui situs online website Kereta Api Indonesia. Berkas yang harus anda siapkan di antaranya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) anda maupun orang yang akan anda pesankan, atau setidaknya nomor KTP-nya. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Kunjungi situs resmi KAI melalui https://tiket.kereta-api.co.id/

2. Isilah kota tujuan dan jadwal keberangkatan yang diinginkan di bagian Info Tanggal & Reservasi.

3. Setelah anda mengisi datanya, akan ada beberapa pilihan harga dan ketersediaan tiket yang ditampilkan. Jangan bingung ketika memilih satu di antara banyak pilihan tiket, saran kami, pilihlah yang termurah. Apalagi kualitas pelayanan di perjalalanannya nanti tak jauh berbeda satu sama lain.

4. Setelah anda merasa mantap dengan pilihan anda, tekanlah tombol Booking yang tersedia, kemudian lengkapi data yang diminta untuk kebutuhan reservasi.

5. Selanjutnya, anda akan diarahkan pada halaman baru yang merincikan berapa harga tiket yang harus dibayar dan metode pembayarannya. Ada bermacam-macam cara pembayaran yang bisa anda lakukan, entah melalui kartu kredit, ATM, ataupun minimarket. Pilihlah metode yang sesuai kebutuhan anda.

6. Setelah proses reservasi selesai, biasanya anda akan diberitahu tentang surel konfirmasi yang bisa dilihat melalui kotak masuk e-mail anda. Surel konfirmasi ini berisi kode pemesanan yang nantinya akan digunakan untuk validasi pembayaran dan mungkin detail informasi pemesanan lain.

7. Satu keuntungan yang paling menonjol dari membeli tiket secara online adalah anda bisa memilih sendiri di mana anda duduk.

Untuk pemesanan secara online, biasanya minimal dilakukan dua hari sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya jika anda melakukan sehari sebelumnya, anda tak akan menemukan tombol Booking. Entah lewat handphone maupun lewat gadget dan aplikasi lain, pemesanan tiket secara online tak perlu ribet maupun memakan energi.

Metode-Metode Pemesanan Tiket Kereta Lain

Melalui Contact Centre (021-121)

Pemesanan tiket kereta melalui contact centre bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, apalagi jika anda memesan tiket sehari sebelum hari keberangkatan. Data-data yang perlu anda persiapkan sebelumnya meliputi nama lengkap dan nomor KTP. Setelah memesan melalui telepon, anda akan dikirimi kode pemesanan melalui SMS. Pembayaran bisa dilakukan di minimarket maupun ATM.

Membeli Tiket Melalui Minimarket

Indomaret ataupun Alfamart merupakan dua minimarket yang menyediakan jasa pembelian tiket kereta api, meskipun jika anda memesan lewat sini anda akan dikenai biaya tambahan sekitar 7.500 rupiah. Data yang perlu dipersiapkan sama saja dengan cara pemesanan lain. Nantinya, kode pemesanan akan dimasukan ke struk pembayaran, maka jangan lupa disimpan baik-baik agar tak hilang di hari keberangkatan.

Demikianlah cara-cara memesan tiket kereta api murah secara online. Gampang bukan?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.