Tips dan Trik Membeli Tiket Kereta Api Ekonomi saat Liburan maupun Lebaran

Entah itu untuk membeli tiket kereta api ekonomi atau kelas eksekutif, sistem pelayanan kereta api telah berkembang cukup pesat hingga ke titik di mana proses pemesanan tiket bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Dulu, orang-orang harus rela berdesak-desakan dan antri menunggu lama untuk mengantre tiket di loket stasiun. Sekarang, orang bisa beli dari mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet dan gadget yang mendukung. Karena semua sistem pembelian telah dibenahi sedemikian rupa, kita sekarang bisa memesan atau membeli hampir semua barang lewat online, tak terkecuali tiket kereta. Yang lebih menyenangkan, and juga bisa mencetak tiketnya sendiri menggunakan mesin cetak yang tersedia di stasiun. Sejauh ini, hanya satu hal yang masih perlu ditingkatkan dari sistem jual beli tiket kereta online yang disediakan PT KAI ini; situsnya jadi lemot atau bahkan crash karena lonjakan orang yang mengakses situsnya saat liburan panjang. Terlebih lagi, berburu tiket kereta di saat-saat tersebut bisa sangat sulit, meskipun mencetaknya sendiri sangatlah mudah. Jika sudah seperti ini, maka akun Twitter PT KAI-lah yang akan diserbu sebagai tempat keluhan.

Untuk menghindari situasi seperti ini, kali ini kami akan berbagi beberapa tips mencari tiket kereta untuk liburan atau lebaran secara effektif dan effisien. Kerap kali, para calon penumpang tidak memperhitungkan matang-matang akan rencana liburan mereka dan memesan tiket di saat-saat terakhir. Jika anda terjebak dalam situasi seperti itu, maka semoga dengan tips ini, anda akan lebih berhasil mendapatkan tiket yang anda mau di kala ramai-ramai liburan panjang atau lebaran. Semoga bermanfaat dan selamat membaca!

Hal-hal Yang Harus Anda Persiapkan dan Perhatikan

1. Carilah koneksi internet yang lancar

Mungkin jika dibandingkan dengan negara luar, reliabilitas dan kecepatan koneksi internet Indonesia masihlah kurang. Akan tetapi, telah banyak fasilitas-fasilitas umum yang menyediakan koneksi internet tanpa kabel yang bisa anda manfaatkan, atau kafe-kafe internet di mana koneksi jalan terus. Jika koneksi internet merupakan kendala anda, maka anda bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat serupa seperti yang telah disebutkan. Hal ini penting karena lancarnya koneksi internet mempercepat proses pemesanan tiket secara online. Bayangkan saja ketika anda mengisi data, koneksinya putus. Hal ini akan cukup merepotkan karena anda harus mengulang dari pertama, dan anda berpacu dengan waktu sebelum tiketnya ludes habis. Bandwidth yang lebih besar juga memungkinkan situs bergerak lebih lancar meskipun trafiknya sedang ramai. Sehingga ketika lebaran atau liburan anda mengalami website lag saat mengakses situs online PT KAI, maka koneksi internet yang lebih cepat semoga bisa sedikit mengatasi hal tersebut.

2. Download dan manfaatkan sebanyak mungkin aplikasi pemesanan tiket kereta

Ada banyak sekali aplikasi yang sangat bermanfaat untuk memesan tiket kereta, seperti aplikasi android Naik Kereta misalnya. Akan tetapi, lebih baik lagi jika anda tidak bergantung hanya pada satu aplikasi atau website pencarian tiket, karena selalu ada kemungkinan tiket-tiket yang anda cari telah diambil oleh penumpang lain. Memesan tiket kereta di agen-agen travel juga bisa menjadi salah satu solusi yang berguna untuk mempermudah pemesanan tiket, apalagi telah banyak agen travel yang juga menyediakan jasa mereka secara online.

3. Tak ada Online, Offline pun jadi

Sekarang, membeli tiket bisa dilakukan di minimarket-minimarket terdekat. Tentu saja, membeli secara langsung lewat travel agent juga merupakan jalan yang bisa diambil.

4. Sediakan Beberapa Metode Untuk Membayar

Ada banyak sekali metode pembayaran yang disediakan, mulai dari kartu kredit, online banking, atm, sms banking, ataupun pembayaran secara langsung. Akan tetapi, terkadang ada saja masalah yang melanda ketika anda ingin membayar. Oleh karena itu, pastikan anda punya metode alternatif pembayaran jika semisal nanti ada masalah dalam proses pembayaran tertentu (ATM rusak, misalnya).

Demikianlah tips yang bisa kami bagi kepada anda. Entah berburu tiket kereta api ekonomi atau eksekutif, yang jelas pastikan anda memiliki planning dalam pemesanannya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.