Ternyata 5 Kuliner khas Indonesia Ini Sudah Terkenal Hingga ke Mancanegara Loh!

Indonesia memang cukup terkenal dengan keindahan alam nya yang mempesona, hal tersebut terbukti karena banyak nya wisatawan asing yang memilih Indonesia sebagai salah satu tujuan wisatanya. Tak hanya terkenal akan keindahan alamnya saja, namun Indonesia juga menyimpan wisata kuliner yang lezat, gurih dan kaya akan rempah – rempah. Dari Sabang hingga Merauke, kamu bisa menemukan beraneka ragam wisata kuliner khas dari masing – masing daerah. Hal ini pun menyebabkan makanan Indonesia selalu tampil dalam ajang Festival Kuliner Dunia. Wisata kuliner di Indonesia menggunakan bermacam – macam rempah yang tidak bisa kamu temukan di negara lainnya.

Nah, berikut ini ada beberapa wisata kuliner khas Indonesia yang bisa kamu coba dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Diantaranya adalah:

1. Sop Buntut

Makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar baru dimasukan kedalam kuah kaldu sapi. Biasanya, Sop Buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya. Tapi siapa yang sangka, kalau Sop Buntut ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

2. Gudeg

Pertama kali mendengar kuliner yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi dong! Pasalnya kuliner khas Kota Jogja ini selalu diburu oleh wisatawan yang sedang berlibur ke kota ini karena rasanya yang khas. Terdapat dua jenis gudeg yang bisa dipilih antara lain yaitu Gudeg Basah dan Gudeg Kering. Gudeg Kering sangat cocok dijadikan sebagai salah satu oleh – oleh khas Jogja. Kuliner gudeg merupakan salah satu olahan yang berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan.

3. Gado – gado

Gado – Gado merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Betawi yang berupa sayur – sayuran yang direbus. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat gado – gado terdiri dari kol, kangkung, kacang panjang dan tauge dan disiram dengan menggunakan kuah bumbu kacang yang baru saja diulek. Jika diluar negeri kita bisa menemukan salad yang sekilas mirip dengan gado – gado. Tahun 2010 yang lalu, kuliner gado – gado menjadi juara pertama dalam perlombaan memasak tingkat Internasional di Napoli, Italia dengan kategori tampilan sajian kuliner estetika.

4. Indomie Goreng

Bisa dibilang menu yang satu ini menjadi salah satu menu favorit orang Indonesia, selain rasanya yang nikmat cara pembuatannya pun cukup mudah. Bisa juga dijadikan sebagai kuliner saat perut sedang keroncongan saat malam hari. Namun siapa sangka jika merek mie di Indonesia yang satu ini sudah cukup terkenal ke berbagai negara di dunia. Bahkan sudah sampai di eksport ke 80 negara yang berada di dunia sejak 20 tahun yang lalu. Di negara bagian Timur Tengah dan Afrika ini sudah menjual Indomie di hampir setiap supermarket yang ada, tidak hanya kedua negara tersebut saja. Hal unik lainnya Indomie malah dijadikan salah satu kado Natal paling populer, tepatnya di Amerika Serikat.

5. Sate

Sate adalah kuliner khas Indonesia yang terbuat dari olahan daging sapi, ayam, kambing, kerbau. Di Indonesia sendiri terdapat dua varian sate yang sudah cukup terkenal yaitu sate Padang dan sate Madura. Karena kelezatannya yang tak tertandingi, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati kuliner sate ini. Saat ini tak hanya di Indonesia saja, namun kamu juga bisa menemukan kuliner sate di New York, Amerika Serikat yang bernama Satay Junction dan menyediakan sate ayam sebagai salah satu menu andalannya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.