Tempat Wisata Keluarga Berupa Agrowisata di Daerah Karanganyar

Di daerah Karanganyar terdapat salah satu tempat wisata berupa agrowisata yang sangat cocok dijadikan pilihan untuk berlibur Anda bersama keluarga tercinta yaitu Agrowisata Sandokoro. Lokasi ya berada di Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Karanganyar dan berjarak sekitar 5 km dari Kota Solo. Pada tahun 2005 lokasi tersebut dibangun sebuah pabrik gula dan mulai beroperasi pada tahun 2006.

Agrowisata Sandokoro identik dengan Pabrik Gula Tasimadu yang didirikan oleh KGPAA Mangkunegoro VI yang sebelumnya sudah mendirikan PG Colomadu leih dulu oada tahun 1961. Setelah 10 tahun berselang, PG Tasikmadu berdiri. Awal mulanya kawasan tersebut miliki Mangkunegara lalu pada akhirnya dikelola oleh pemerintah dan menjadi BUMN di bawah PTP Nusantara IXPG Tasikmadu hingga pada akhirnya di tahun 2006 dijadikan sebagai Agrowisata. Sang Manager Agrowisata Sandokoro yang bernama Ir Megantoro menuturkan jika awal berdirinya agrowisata tersebut bertujuan sebagai obyek wisata edukasi seperti ternak ikan, telur asin, dan lain sebagainya. Tak hanya samapi disitu saja, namun nyatanya pohon yang berumur ratusan tahun pun dibuat sebagai wahana permainan flying fox.

Para wisatawan yang dating berkunjung ke kawasan tersebut bisa memasuki area pabrik dan melihat proses pembuatan gula. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah mereka yang masih duduk di bangku TK dan Paud, karena memang pada awalnya lokasi wisata tersebut dibuka memiliki konsep edukasi. Fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung adalah Kolam Renang, Flying Fox, Waterboom, Taman Plaza, Dunia Kreasi, Perahu Ayun, Terapi Ikan, dan masih banyak lagi

Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihat proses pembuatan gula bisa berkunjung ke wahana Sachacinema, tak hanya dapat memutar film namun disana juga terdapat gazebo, rumah pohon, dan fasilitas lainnya yang tak kala serunya. Selain bisa menikmati fasilitas Edukasi yaitu wisata pendidikan anda juga dapat menikmati wisata pabrik untuk melihat proses pembuatan gula beserta instalasinya. Tiket masuknya pun cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk per orangnya. Jam operasional Agrowisata Sandokoro mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB. Biasanya obyek wisata ini ramai pengunjung pada hari weekend, tanggal merah atau libur hari raya lebaran. Pengunjung yang datang pun tak hanya dari dalam kota saja melainkan hingga keluar kota seperti Kendal, Semarang, Demak, Madiun, Ngawi, dll.

Para Wisatawan yang datang berkunjung kesana pun beraneka ragam, mulai dari rombongan TK dan Paud hingga keluarga yang mempunyai anak – anak kecil. Hal tersebut dikarenakan hamper keseluruhan wahana yang ada di tempat tersebut ditujukan untuk anak – anak misalnya seperti kolam renang yang memiliki tinggi hanya 80 cm saja, Taman Lalu Lintas, Wisata Spoor / Kereta Klasik. Suasana kompleks Agrowisata yang dipenuhi oleh pohon – pohon tua menjadikan suasana nyaman dan teduh.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.