Tertarik Berlibur ke Tempat Tinggal Kawanan Monyet? Kesini Aja Yuk!

Merancang liburan secara menarik menjadi alternatif untuk pengalaman liburan yang lebih segar dan tentunya lebih menyenangkan. Apabila ingin merasakan sebuah kunjungan yang tidak hanya menikmati pemandangan namun isi secara menyeluruh dari tempat tersebut. Berikut beberapa alternatif obyek wisata yang juga memiliki daya tarik berupa tempat tinggal kawanan monyet:

1. Tanjung Putting

Obyek wisata Tanjung Putting berada di Provinsi Kalimantan Tengah, dan juga merupakan Taman Nasional. Sebagai Taman Nasional terbaik Tanjung Putting juga menjadi habitat bagi monyet jenis orangutan yang merupakan hewan khas dari tanah Indonesia. Hutan lindung dengan pepohonan aneka jenis yang lebat ini sekaligus menjadi tempat tinggal lebih dari 30.000 orangutan.

Uniknya lagi, taman nasional yang sejuk dan hijau ini juga menjadi tempat tinggal bagi jenis monyet lainnya. Berbagai spesies monyet bisa dijumpai disini secara langsung dan pengunjung bisa melihatnya dari dekat. Adanya beberapa spesies monyet inilah yang membuat taman nasional ini cukup terkenal dan menjadi obyek wisata wajib jika singgah di Kalimantan Tengah. Tempat ini juga dikenal hingga ke mancanegara dan membuatnya sering dikunjungi turis asing. Menjadi pemandangan yang lumrah ketika mendapati lebih banyak pengelola dan pengawas yang mahir berbahasa Inggris.

2. Alas Kedaton

Suka berlibur ke Bali, maka sebaiknya tahun Monyet Api kali ini meluangkan waktu untuk singgah ke Alas Kedaton di Tabanan. Sedikit berbeda dengan obyek wisata lain di Pulau Bali, Alas Kedaton merupakan kawasan hutan lindung. Dalam area hutan ini terdapat sebuah pure besar yang uniknya dijaga oleh sekawanan monyet. Kabar baiknya monyet-monyet yang menjaga pure tersebut sudah jinak dan terbiasa bersinggungan dengan manusia. Apabila ingin berkunjung ke tujuan wisata yang di dalamnya terdapat monyet namun tidak ingin diganggu, maka disinilah tempatnya.

Pemandangan menarik dapat dilihat di salah satu sudut Alas Kedaton, tepatnya di rerumputan di bawah pohon besar. Meski monyet disana jumlahnya banyak namun Kita tidak akan menjumpai adanya bangkai monyet yang mati karena menua atau sebab lainnya. Kata masyarakat setempat, monyet-monyet terbiasa mengubur monyet lain yang telah mati secara gotong royong. Monyet yang sudah mati tersebut dikuburkan di lahan rerumputan kosong yang memang terlihat unik. Disinilah Kita diperlihatkan jiwa sosial dari sekawanan monyet yang memiliki kepedulian dengan kawanannya.

3. Pusat Primata Schmutzer

Tinggal di Jakarta dan tetap ingin melihat obyek wisata yang ada monyet di tempat tersebut, tidak perlu pergi terlalu jauh. Jakarta sendiri memiliki obyek wisata yang menjadi habitat bagi kawanan monyet, yakni Pusat Primata Schmutzer. Konsep Pusat Primata ini adalah kebun binatang terbuka sehingga menjelajahi tempat ini perlu menggunakan kendaraan khusus. Kita dapat melihat aneka jenis monyet dari berbagai spesies yang memiliki penampilan fisik berbeda-beda. Jika tertarik berkunjung kesini maka bisa datang ke Jl. R.M Harsono, Jakarta Selatan. Tepatnya di Taman Margasatwa Ragunan.

Mencoba suasana baru liburan bersama keluarga, bisa menikmati manfaat dari obyek wisata yang juga menyuguhkan kehidupan monyet di dalamnya. Anak-anak dan orang dewasa akan terpikat oleh tingkah laku spesies mamalia cerdas ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.