Delapan Tempat Seru Bermain Anak di Banjarmasin dengan Harga Terjangkau bahkan Gratis

Banjarmasin adalah kota di Kalimantan Selatan yang memiliki beberapa tempat bermain anak yang dapat menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Tempat bermain anak di Banjarmasin bervariasi mulai dari taman, area bermain, wahana indoor hingga museum. Sebagian dari tempat bermain anak di Banjarmasin tidak dipungut biaya, sehingga cocok bagi keluarga yang ingin berlibur hemat. Selain bermain, tempat-tempat tersebut juga memungkinkan anak-anak untuk belajar. Berikut adalah beberapa tempat bermain anak di Banjarmasin seperti yang dilansir oleh Kompas.com.

Taman Edukasi Banua

Taman ini sangat cocok untuk mengedukasi anak-anak mengenai lalu lintas. Di dalamnya terdapat beragam wahana edukasi lalu lintas, termasuk jalan raya mini lengkap dengan marka dan rambu-rambu lalu lintas, jembatan penyeberangan, dan kereta api mini lengkap dengan lintasan rel. Selain itu, terdapat beberapa permainan anak-anak seperti ayunan dan perosotan. Lokasi taman ini berada di Jalan AS Musaffa Nomor 2, Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Trans Studio Mini

Trans Studio Mini merupakan taman bermain indoor yang menawarkan beragam wahana permainan seru untuk anak-anak. Taman ini berada di lantai 5 dan 6 Duta Mall Banjarmasin, Jalan Ahmad Yani Km 2, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Saat memasuki area Trans Studio Mini, para pengunjung langsung disambut dengan replika miniatur Menara Eiffel dilengkapi dengan logo Trans Studio Mini. Ada berbagai jenis wahana yang bisa dinikmati anak-anak, mulai dari roller coaster, paris swing, mobil bumper, kereta mini, go kart, dan lainnya.

Playground di Duta Mall

Masih di Duta Mall Banjarmasin, ada beberapa area bermain (playground) untuk anak-anak, yakni Playtopia Junior, Kidzooona, Fun World dan Amazone. Anak-anak bisa menikmati aneka wahana permainan dan edukasi di playground tersebut. Lokasi playground ini berada di lantai 3F pusat perbelanjaan.

Taman Bungas

Taman Bungas adalah ruang publik yang ramah anak dan menawarkan fasilitas permainan seperti ayunan, perosotan, mangkok putar, dan rumput sintesis. Taman Bungas berada di dekat kawasan wisata populer di Banjarmasin, yakni Menara Pandang Siring.

RTH Banua Anyar

RTH Banua Anyar adalah ruang terbuka hijau yang terletak di bawah jembatan Banua Anyar. Taman ini dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

Museum Wasaka

Museum Wasaka adalah museum sejarah yang berisi berbagai koleksi mulai dari foto-foto hingga senjata yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Bangunan museum ini unik karena menempati bangunan rumah adat Banjar. Begitu memasuki bangunan Museum Wasaka, pengunjung akan langsung disambut dengan suasana khas rumah adat Banjar Bubungan Tinggi. Museum ini berada di Jalan Adam Kompleks Haji Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Rumah Banjar

Kampung Rumah Banjar adalah tempat wisata yang cocok bagi keluarga yang ingin mengenalkan anak-anak pada budaya Kalimantan Selatan. Kampung ini terletak pada irisan dua kelurahan yaitu Kelurahan Surgi Mufti dan Kelurahan Sungai Jingah, yang berada di Kecamatan Banjarmasin Utara. Kampung Rumah Banjar diperkirakan mulai dibangun pada pertengahan abad ke-19 dengan pondasi dan bangunan rumah Banjar yang terdiri dari kayu ulin.

Kawasan Wisata Siring

Kawasan Wisata Siring merupakan area wisata terintegrasi yang memiliki beberapa destinasi, seperti Taman Siring, Patung Bekantan, dan Pasar Terapung Siring. Taman Siring memungkinkan pengunjung untuk bersantai sembari menikmati panorama Sungai Martapura dari tepinya. Patung Bekantan, setinggi 6,5 meter, merupakan ikon Kalimantan Selatan dan lokasinya berdekatan dengan Taman Siring. Di sana juga terdapat Pasar Terapung Siring yang merupakan pasar tradisional yang berada di atas perahu di atas Sungai Martapura. Kawasan Wisata Siring ini berada di Jalan Kapten Piere Tendean, Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Beberapa tempat bermain anak di Banjarmasin yang telah disebutkan di atas menawarkan beragam pilihan aktivitas untuk keluarga dengan anak-anak. Selain bermain, anak-anak juga dapat belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Berbagai destinasi tersebut bisa menjadi alternatif destinasi liburan yang ramah di kantong bagi keluarga di Banjarmasin.

Photo by Annie Spratt on Unsplash, Indonesia Travel, Pariwisata KalSel.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.