Terpesona di Teluk Nanga Lok

Teluk Nanga Lok sebuah teluk yang begitu cantik, terbingkai oleh perbukitan savana yang mengelilinginya. Pemandangan pepohonan bakau yang memenuhi bagian pinggir pantai justru membuat paduan alam yang sangat sempurna. Warna biru kehijauan air laut menandakan bahwa pantai tersebut masih sangat bersih. Teluk Nanga Lok berada di perbatasan antara Desa Nanga Mbaur Kecamatan Sambi Rampas dan Desa Golo Lijun Kecamatan Elar. Walaupun secara administratif masuk dalam pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur. Disana terdapat beberapa batu karang yang berjejer panjang dan tampak seperti kursi sehingga bisa kamu gunakan untuk bersantai atau sambil memancing ikan. Ombak di teluk tersebut pun terbilang cukup tenang sehingga tidak mengganggu aktivitas memancing kamu. Namun harus tetap waspada dengan mata kail yang tersangkut batu karang yang berada di dasar laut.

Untuk batu – batu karang yang berjejer bisa kamu gunakan untuk duduk bersantai sambil memancing. Selain menyuguhkan keindahan air laut yang berwarna biru kehijauan, keindahan lainnya yang dapat memanjakan mata kamu adalah padang rumput yang menghiasi seluruh bukit – bukit kecil. Ada juga perahu – perahu nelayan yang sedang melakukan aktivitas memancing atau pun mempukat ikan di perairan pada teluk tersebut. Teluk Nanga Lok memiliki panjang hingga 2 kilometer dengan lebar 200 hingga 400 meter.

Jika kamu ingin berkunjung ke Teluk Nanga Lok maka harus menempuh perjalanan sejauh 170 km dari wilayah Kota Borong Kabupaten Manggarai Timur. Dari Kota Borong kamu bisa melewati jalur Nce’ang dan kemudian turun menuju Benteng Jawa Ibukota Kecamatan Lamba Leda. Kemudian terus ke arah utara hingga sampai di kampung Dampek kecamatan setempat. Namun di jalan tersebut kamu harus hati – hati karena sebagian jalannya rusak. Meskipun harus melewati jalan yang rusak, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam sekitar berupa perkebunan kopi dan cengkeh serta perkampungan asli orang Manggarai yang cukup unik.

Sesampainya di Kampung Dampek tersebut, kamu harus belok kanan dengan mengikuti Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) dan melewati Pasar Pota yang ada di Kecamatan Sambi Rampas. Dengan menempuh perjalanan yang cukup panjang maka sampailah kamu di  Teluk Nanga Lok yang berada di pinggir Jalan Pantura. Selain dapat melihat keindahan teluk Nanga Lok, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan pesisir laut utara Manggarai Timur. Pemandangan yang tak kalah indahnya adalah terdapat kebun bawang dan hamparan lahan persawahan padi yang menguning berada di wilayah Dampek dan Pota. Jika kamu ingin menginap tak perlu khawatir akan akomodasi penginapan karena di Teluk Nanga Lok terdapat hotel maupun villa yang bisa kamu jadikan sebagai penginapan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.