Melihat Keindahan Alam dari Ketinggian Tebing Pura Uluwatu, Bali

Pulau Bali adalah salah satu primadona pariwisata Indonesia yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain dikenal dengan pesona baharinya, Bali juga terkenal dengan aneka kesenian dan kebudayaan unik yang masih terus dilestarikan. Ada banyak sekali obyek wisata di Bali yang tak boleh dilewatkan ketika kamu sedang berkunjung ke Pulau Dewata ini seperti salah satunya adalah Pura Uluwatu. Pura Uluwatu merupakan salah satu pura yang ada di Bali dan biasanya digunakan untuk sembahyang umat Hindu. Pura Uluwatu ini letaknya di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pura Uluwatu yang juga disebut Pura Luwur ini merupakan salah satu dari Pura Sad Kahyangan, yaitu enam Pura Kahyangan yang dianggap sebagai pilar spiritual Pulau Bali.

uluwatu-sunset-tour-1-800x410Daya tarik dari obyek wisata Pura Uluwatu adalah lokasinya yang berada di atas tebing dan dari ketinggian tersebut para wisatawan bisa melihat pemandangan Samudera Hindia tanpa halangan. Selain itu juga keindahan yang tak kalah menariknya adalah tebing berbatu di sekeliling pura sehingga memberikan pemandangan yang sangat indah. Waktu terbaik yang sangat disukai oleh wisatawan untuk datang ke kawasan Pura Uluwatu adalah pukul 17.00 karena matahari sudah tidak terlalu panas dan pada pukul 18.00 kamu bisa melihat keindahan pemandangan sunset yang dapat dilihat dari atas tebing Pura Uluwatu Bali.

Jpeg

Selain daya tarik tersebut, para wisatawan juga dapat menyaksikan tari tradisional Bali yaitu Tari Kecak Uluwatu. Tarian ini dimainkan oleh 50 – 100 orang penari dimana para penari nya duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam dan putih. Ciri khas dari Tari Kecak adalah suara cak – cak – cak yang diucapkan oleh para laki – laki sambil saling bersahut – sahutan. Tari Kecak ini biasanya di pentaskan pada pukul 18.00 hingga 19.00 WITA. Tari Kecak ini dipentaskan di sebuah panggung terbuka dan membuat tempat tersebut sangat diminati oleh wisatawan seluruh dunia. Lokasinya yang berada di atas tebing maka mengharuskan kamu untuk berjalan kaki terlebih dahulu dengan melewati tangga batu yang cukup tinggi. Di sepanjang perjalanan menuju ke atas tebing, kamu akan menemukan ratusan kera yang berkeliaran. Disarankan untuk tetap hati – hati dan jangan sampai barang – barang kita diambil.

05_puraSesampainya diatas kamu akan menemukan dua pintu masuk komplek pura yang dimana letaknya ada di sebelah utara dan disebelah selatan. Di balik gapura terdapat sebuah lorong berlantai batu beundak menuju ke pelataran dalam. Lorong terbuka ini diteduhi dengan pohon – pohon yang ditanam di sepanjang jalan pada bagian kiri dan kanan. Pelataran dalam merupakan pelataran terbuka. Lantai pelataran tertutup oleh lantai batu yang tertata rapi. Di dekat gapura, di sisi utara, terdapat bangunan kayu. Di sebelah barat, berseberangan dengan jalan masuk, terdapat sebuah Gapura Paduraksa yang merupakan jalan masuk ke pelataran yang lebih dalam lagi. Pula Uluwatu ini sangat cantik bagi pengunjungnya, meski untuk kesana melalui jalan yang sulit tetapi terbayar oleh keindahan alamnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.