Taman Hutan Raya Bandar Lampung, Tempat Wisata Bagi Penggemar Durian

Lagi liburan dan ingin berkunjung ke tempat yang nyaman alami untuk cuci mata dengan yang hijau – hijau? Agrowisata bisa menjadi pilihan liburanmu, apalagi bersama dengan keluarga atau teman – teman. Jika kamu sudah sering mengunjungi tempat – tempat wisata yang ada di daerahmu, bagaimana dengan sedikit bertualang di luar? Kamu bisa mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman di Bandar Lampung.

Tahura Wan Abdul Rahman ini sendiri sebenarnya adalah kawasan hutan lindung yang luasnya bukan main, sampai 22.244 hektar! Bahkan di dalamnya ada 4 buah gunung sekaligus, yaitu Gunung Rantai, Gunung Betung, Gunung Tangkit Ulu Padang Ratu, dan Gunung Pesawar. Belum lagi bermacam – macam vegetasi dan fauna yang ada di dalamnya. Ya, namanya saja hutan lindung, ada macam – macam tumbuhan dan hewan yang cukup eksotis di sini.

Tapi berhubung Tahura merupakan hutan lindung, tentu kamu tidak semua tempat dibuka untuk publik, ya. Cukup kawasan tertentu saja yang dibuka untuk wisata. Namun karena ukurannya yang luas, kamu bakal bisa menemukan kawasan wisata yang menarik seperti:

1. Kawasan air terjun Tahura yang berada di 17 titik.
2. Flora khas hutan tropis seperti Medang, Merawan, anggrek, paku – pakuan, rotan, dll.
3. Fauna langka seperti harimau Sumatera, tapir, beruang madu, rusa, kambing hutan, dll.
4. Taman konservasi untuk kupu – kupu.
5. Keindahan alam di Teluk Lampung dari atas gunung.
6. Berkemah dan lintas alam di 4 gunung yang ada di dalam kawasan hutan lindung ini.
7. Berbagai macam perkebunan buah dengan ratusan pohon di dalamnya, seperti manggis, kemiri, petai, serta pohon aren.

Kawasan Tahura ini juga semakin nyaman untuk kamu jadikan destinasi tempat wisata dengan tambahan fasilitas yang ada di dalamnya, seperti jalan setapak buat kamu yang mau berpetualang atau tracking, ada pula shelter untuk beristirahat, pos jaga, tempat untuk mandi dan mencuci badan, dll. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan sendiri yang lengkap, terutama jaket atau baju hangat, lantaran suhu di dalam hutan bisa cukup dingin, dengan rata – rata suhu normal adalah 24o C.

Di antara sekian banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satu yang paling menarik adalah tempat agrowisata perkebunan durian. Tahukah kamu bahwa di Tahura ada sekitar 113.000 pohon durian? Sekitar 11.000 petani di sini menggantungkan diri dari panen durian beserta buah – buahan yang tumbuh subur di dalamnya. Buat yang hobi makan “King of Fruits” ini, kamu bakal dimanjakan sepenuhnya.

Menariknya lagi, pada bulan Maret 2016 yang baru saja berlalu, pemerintah daerah Bandar Lampung mengadakan acara Festival Buah Durian. Festival ini tepatnya diselenggarakan di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, yang masih masuk di kawasan Tahura.

Di dalam festival ini, segala macam makanan olahan durian bisa kamu temukan, tentu saja tak ketinggalan kamu bisa makan durian langsung yang baru dipanen. Festival Buah Durian ini rencananya bakal diselenggarakan setiap tahun, dan yang pertama ini merupakan semacam peresmian untuk launching dibangunnya Kampung Hutan Durian Taman Hutan Raya.

Tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman di Bandar Lampung ini? Untuk mendatanginya, kamu bisa melalui rute Lampung – Hanura dari Bandar Lampung sepanjang 12 km.

Alamat dari pengelola Tahura dan kawasannya adalah:

Balai Konservasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang
Jl. Raya Haji Mena No. 1/6
Tanjung Karang

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.