Surga Tersembunyi di Provinsi Gorontalo

Gorontalo merupakan sebuah provinsi di kawasan Timur Indonesia dan terbilang baru karena arena merupakan provinsi urutan ke 32. Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 desember berpisah dengan Provinsi Sulawesi Utara dan Manado sebagai ibu kota dari provinsi tersebut. Sama hal nya seperti daerah lainnya di Indonesia, Gorontalo memiliki beragam destinasi wisata yang wajib untuk di eksplore keindahannya mulai dari keindahan bawah laut hingga pegunungan yang menakjubkan. Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Gorontalo yang bisa kamu kunjungi, diantaranya adalah :

1. Pantai Olele

Pantai Olele merupakan salah satu spot diving di Gorontalo yang sudah cukup terkenal akan keindahan bawah lautnya. Selain sebagai spot diving, Pantai Olele juga menjadi rumah bagi lumba – lumba, terumbu karang raksasa, ikan gobi, ikan kupu – kupu, dan kuda laut. Nah, buat kamu yang ingin berkunjung kesini, waktu yang paling tepat adalah Bulan November sampai dengan Bulan April.

2. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha didirikan sebagai benteng pertahanan, benteng ini dibangun oleh Raja Ilato pada tahun 1522 Masehi. Benteng ini terbuat dari pasir, batu kapur dan telur Burung Maleo ini sangat kuat meskipun semennya terbuat dari telur. Benteng ini terletak di sebuah bukit, dan bagi wisatawan yang ingin berkunjung bisa melewati beberapa anak tangga dan 4 persinggahan. Meskipun perjalanan untuk mencapai Benteng Otanaha sangat melelahkan, tetapi begitu wisatawan sampai di benteng, kelelahan tersebut seakan sirna oleh panorama keindahan di sekitar benteng. Dari tempat tersebut, wisatawan juga dapat melihat keindahan Danau Limboto dari atas benteng.

3. Pulau Saronde

Pulau Saronde adalah salah satu pulau tak berpenghuni yang terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Perairan di sekitar Pulau Saronde dikenal bersih dan tidak tercemar oleh sampah – sampah industri, sehingga sangat layak untuk berbagai kegiatan air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air. Bukan hanya hamparan alamnya yang mempesona, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada Festival Saronde yang kerap diadakan bulan Juli, mereka sering mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde.

4. Danau Limboto

Danau yang terletak di Limboto, Gorontalo ini menjadi lokasi yang ideal untuk memancing dan berenang. Di sana selain menikmati dinginnya air, kamu bisa menikmati ikan bakar yang disediakan nelayan setempat. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah menjelang matahari terbit. Di sana kamu akan menyaksikan matahari yang perlahan turun dan tercermin di perairan danau.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.