Destinasi Wisata Bogor yang Pas Untuk Berlibur Saat Akhir Pekan

Jalan – jalan di Kota Hujan memang selalu punya cerita Dikelilingi dengan pepohonan sehingga menyuguhkan suasana yang sejuk dan hijau membuat siapa saja yang berkunjung betah untuk berlama – lama di kota ini. Lokasinya yang cukup dekat dengan Ibukota Jakarta, tak heran jika saat akhir pekan tiba banyak wisatawan dari Jakarta berkunjung kesini. Berbagai destinasi wisata bisa kamu temukan selama berlibur di kota yang satu ini mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Nah buat kamu yang ingin menghabiskan weekend kali ini dengan berkunjung ke Bogor, berikut ada beberapa destinasi wisata alam yang bisa dijadikan pilihan. Diantaranya adalah:

1. Leuwi Lieuk

Leuwi Lieuk merupakan destinasi wisata baru di Kota Bogor yang terbilang masih baru. Meskipun baru, destinasi wisata yang satu ini sudah cukup populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Curug Leuwi Lieuk ini memiliki panorama keindahan berupa air nya yang sangat jernih dan dingin sehingga sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan setelah sepekan beraktivitas. Surga tersembunyi ini berada di balik lebatnya hutan pegunungan Sentul Selatan. Terdapat dua kolam air jernih dan berwarna hijau diapit oleh dua tebing yang cukup tinggi. Jika dilihat sekilas, destinasi wisata yang satu ini sangat mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran, hanya yang membedakannya adalah tebing yang ada di Pangandaran lebih tinggi dan memacu adrenalin.

2. Situ Gede

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Bogor tanpa berkunjung ke obyek wisata yang satu ini yaitu Situ Gede Bogor. Kata Situ atau Setu berasal dari Bahasa Sunda yang artinya adalah danau atau telaga. Telaga Situ Gede ini berlokasi di tepi Hutan Dramaga yang merupakan sebutan hutan milik Badan Litbang Kehutanan yang dimanfaatkan sebagai tempat observasi. Memiliki luas mencapai 6 hektar, tak jarang jika banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk  berlibur.  Biasanya wisatawan yang datang kesini dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari jalan – jalan, memancing, berfoto ria, dan lain sebagainya.

3. Gunung Pancar

Obyek wisata Gunung Pancar adalah salah satu destinasi wisata di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Wisata Gunung Pancar menyuguhkan sebuah destinasi wisata alam yang lengkap bersama dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yang dapat kamu lakukan di sana seperti berkemah, berkuda, hiking atau bersepeda. Di Gunung Pancar, terdapat berbagai jenis tanaman, seperti pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata alam di Bogor ini juga memiliki sejumlah satwa yang hidup bebas. Jika beruntung, kamu mungkin dapat menjumpai kera, owa, surili, babi hutan, jelarang, serta sejumlah jenis burung. Burung yang sering ditemui di tempat ini adalah kutilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan lain sebagainya.

4. Telaga Warna

Berada di kawasan Puncak, Telaga Warna ini suguhkan ketenangan dan pemandangan alam. Hijaunya pepohonan dan jernihnya air di sini, bikin kamu ogah pulang.

5. Tebing Kapur Klapanunggal

Terletak di Kecamatan Cileungsi, Bogor, tebing kapur Klapanunggal merupakan area bekas pertambangan kapur.
Sebenarnya ada banyak bukit kapur dan pepohonan hijau yang asri di sekitarnya. Namun sayang, tebing ini sekarang terlihat gersang akibat eksploitasi kapur secara besar-besaran dan terkena limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.