Meskipun Namanya Soto Sampah, Tapi Kuliner Ini Memiliki Kelezatan dan Kenikmatan yang Bikin Nagih

Sebagai salah satu kuliner khas Indonesia, soto sangat mudah ditemui di berbagai daerah terutama di Kota Yogyakarta. Di kota tersebut, kamu akan dengan mudah menemui kuliner yang satu ini. Sebagian besar para penjual soto menjajakan sotonya pada pagi hari  karena soto merupakan salah satu menu sarapan favorit bagi orang Jogja. Namun jika kamu mencari soto pada malam hari maka kamu bisa berkunjung ke kawasan Pasar Kranggan Yogyakarta. Disana terdapat sebuah kedai sederhana yang menjual soto pada malam hari yaitu Soto Sampah. 

Meskipun memiliki nama yang sedikit nyeleneh namun kamu tak perlu mengkhawatirkan kebersihan dan kelezatan soto di kedai Soto Sampah ini. Karena memiliki citarasa yang khas dan gurih, kedai Soto Sampah ini selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli setiap harinya. Soto ini diberi nama Soto Sampah dikarenakan saat penyajiannya yang sedikit awut – awutan. Jika selama ini kita melihat soto disajikan pada sebuah mangkuk namun tidak pada Soto Sampah ini yang disajikan dalam piring.

Sama seperti soto pada umumnya jika Soto Sampah ini memiliki kuah yang bening dan isian yang sama meliputi bihun, kecambah, kobis, dan daun seledri. Setelah semua isian di taruh di dalam piring lalu kemudian disiram dengan kuah kaldu yang lezat. Kuah kaldu tersebut di beri campuran berbagai bumbu – bumbu rempah agar menghasilkan rasa yang kuat. Ketika menyantapnya tanpa ditambahi kecap ataupun sambal, soto ini sudah memiliki rasa yang mantap. Jika pada umumnya soto menggunakan daging ayam dan daging sapi, namun Soto Sampah menggunakan kayor sapi sebagai pelengkapnya.

Soto Sampah sudah ada sejak tahun 1970-an dan pemiliknya yang sekarang merupakan generasi ketiga yang meneruskan usaha yang dirintis oleh kakeknya. Awal mulanya, lokasi kedai Soto Sampah ini berada di Jalan Kranggan tepatnya berada di depan atau bersebrangan dengan SPBU Kranggan. Sekitar 100 meter ke arah utara Tugu Yogyakarta. Hanya saja yang membedakan, mungkin dahulu tempatnya permanen dan saat ini hanya menggunakan tenda sehingga ada sebagian pengunjung yang bisa menikmati kuliner soto tersebut dengan cara lesehan.

Berbagai pilihan lauk pauk seperti gorengan, sate telur puyuh, tahu bacem, kepala ayam dan sate usus sebagai pelengkap untuk menikmati hidangan Soto Sampah tersebut.  Selain soto juga disediakan nasi rames. Untuk harga anda tidak usah khawatir, karena satu porsi Soto Sampah hanya di bandrol dengan harga Rp. 5 ribu. Sedangkan untuk beragam lauk pauknya dihargai dari Rp. 1 ribu hingga Rp.4 ribu. Karena harganya yang murah, kebanyakan pelanggan dari Soto Sampah ini adalah para mahasiswa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.