Selain Pantai, Ini Loh Tempat yang Cocok Untuk Snorkeling

Kabupaten Klaten merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki destinasi wisata seperti kota — kota lainnya yang ada di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Klaten adalah obyek wisata air nya berupa Umbul Ponggok. Destinasi wisata yang satu ini terbilang cukup unik dan sangat diminati wisatawan ketika hari libur atau akhir pekan tiba. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi snorkeling atau diving. Lokasi Umbul Ponggok ini berada di Jalan Delanggu – Polanharjo, Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Disini kamu bisa menyelam dan melihat berbagai ikan hias di dalam air atau kamu juga bisa berfoto layaknya sedang menonton televisi di bawah air, mengendarai motor, dan lain sebagainya.

Kegiatan  snorkeling sambil melihat ikan warna – warni disini menjadi salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang datang berkunjung. Namun selain Umbul Ponggok, Klaten juga masih memiliki sejumlah destinasi wisata air lainnya yang unik dan bisa dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata kala akhir pekan tiba. Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini yuk!

1. Umbul Cokro Tulung

Selain Umbul Ponggok, kamu juga bisa berkunjung ke salah satu destinasi wisata air lainnya yaitu Umbul Inggas atau lebih dikenal dengan sebutan Umbul Cokro Tulung. Selain bermain air, kamu juga bisa sambil berwisata kuliner disana karena lokasi nya yang satu kawasan dengan Pemancingan Janti. Wisata ini sudah lama dikenal oleh masyarakat sekitaran Kota Solo dan Yogyakarta, karena wisata ini sudah lama berada. Wisata Air ini berasal dari mata air alami sumber mata air Cokro yang berada disisi utara tempat wisata ini. Dengan luas sekitar 15.000 meter persegi tempat ini sudah sangat berbeda dari sekitar 10 tahun yang lalu. Wisata ini semakin berbenah diri untuk kenyamanan para pengunjungnya. Di kawasan ini banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang besar dan rindang, sehingga dapat membuat anda merasakan kesejukan yang terpancar.

Umbul Cokro ini lokasinya berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Tak hanya kolam dengan mata air yang jernih saja, namun disana juga terdapat berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati mulai dari arena flying fox dan sliding water, yaitu meluncur di air atau mengikuti arus air. Menyenangkan bukan apabila dapat bermain dengan menyatu bersama alam?

2. Umbul Manten

Obyek wisata umbul lainnya yang bisa kamu kunjungi selama di Klaten adalah Umbul Manten. Lokasinya yang tak jauh dari Umbul Ponggok membuat umbul ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, jika kamu berkunjung ke Umbul Ponggok bisa mampir juga nih ke Umbul Manten. Awalnya sebelum dijadikan sebagai lokasi wisata, umbul ini digunakan sebagai sumber pengairan tanah sawah di daerah sekitar. Seiring berjalannya waktu, umbul ini dijadikan sebagai lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat akhir pekan tiba. Uniknya lagi di Umbul Manten ini terdapat sebuah pohon besar yang menambah keindahan obyek wisata ini. Nah, jika kamu ingin berfoto underwater maka jangan lupa untuk membawa action camera.

3. Sungai Getuk

Terletak di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, aliran Sungai Getuk disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Klaten. Aliran Sungai Getuk ini dikeliling oleh tebing yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri, dengan tekstur dinding yang berupa ukiran alami. Letaknya memang tidak strategis, bahkan harus rela menyusuri jalan setapak dan semak belukar untuk menikmati pemandangan yang ada di aliran Sungai Getuk, sebuah sungai kecil yang membelah desa seluas 29,850 kilometer persegi itu. Untuk aksesnya pun tak sepopuler saat Green Canyon Jawa Barat karena memang belum dikelola menjadi destinasi wisata resmi di Klaten.

4. Kali Pusur

Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah adalah salah satu tempat w  isata yang berada di Desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang  berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan kamu, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Riverboarding di kota Klaten.

Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah merupakan melakukan river boarding di Sungai Pusur. Aliran sungai yang banyak batunya menjadikan tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Pasalnya, saat riverboarding kamu dapat merasakan keseruan di atas papan riverboarding yang dinaikinya. Keseruan itu saat bisa melenggak – lenggok terbawa arus air yang deras. Pasalnya, kedalam sungai dan tingkat kesulitan medan yang berbatu tidak membahayakan bagi wisatawan yang baru pertama kali mencobanya. Selain bermain dengan jeram yang menyenangkan, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang mayoritas masih alami. Sejumlah peralatan bagi pengunjung juga disediakan sebagai bagian dari keselamatan, seperti helm, pelampung, pelindung kali, dan termasuk board – nya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.