Selain Kalibiru, 5 Destinasi Wisata di Kulon Progo Ini Bisa Kamu Kunjungi

Berlibur ke Kota Jogja adalah salah satu pilihan untuk mengisi liburan akhir pekan kali ini setelah satu pekan beraktivitas di kantor. Seperti yang kita ketahui jika Kota Jogja memiliki segudang destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, diantaranya adalah wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Nah berbicara tentang destinasi wisata, wajib banget  untuk mengunjungi sejumlah lokasi yang menyuguhkan destinasi wisata alamnya seperti salah satunya adalah Kulonprogo. Setelah sebelumnya terkenal dengan wisata alam nya berupa Kalibiru, kali ini banyak lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi dan pastinya memiliki spot selfie yang Instagramable banget. Mau tahu dimana saja lokasinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Puncak Widosari

Destinasi wisata yang satu ini lokasinya berada di Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, Puncak Widosari letaknya berada di ketinggian dan merupakan satu dari beberapa puncak Pegunungan Menoreh. Lokasinya yang berada di ketiinggian, sehingga menyuguhkan suasana yang asri dan masih alami serta panorama hijau khas pegunungan. Waktu yang pas berkunjung kesini saat sore hari, karena kamu bisa melihat sunset dari spot terbaik.

2. Curug Bendo

Curug Bendo berlokasi di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Nuansa yang ditawarkan curug ini sangat alami dan jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan. Satu hal yang tidak diketahui banyak orang adalah keberadaan air terjun cantik disana, selian menyimpan keindahan juga memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya. Di Curug Bendo, selain bisa bermain air, kalian juga bisa hunting foto, karena pemandangan di sini cukup menarik untuk di abadikan dalam bentuk lanskap.

3. Gua Maria Sendangsono

Sesuai namanya, ini adalah tempat ziarah Gua Maria bagi umat Katholik. Menurut sejarah, Sendangsono merupakan tempat di mana 171 orang Jawa dibaptis untuk pertama kalinya pada 1904. Di sini, juga terdapat relikui batu penampakan Bunda Maria dari Lourdes yang diletakkan di bawah kaki Bunda Maria Sendangsono.

4. Hutan Mangrove Kulon Progo

Setelah hits dengan Kalibiru, kini Kulonprogo salah satu kabupaten di Yogyakarta punya satu lagi tempat wisata baru. Hutan Mangrove Kulonprogo baru-baru ini menjadi salah satu primadona baru tujuan wisata Jogja. Hutan ini terletak di Pantai Congot, dusun Pasir Mendit, jangkaran, Kulonprogo. Bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Di hutan Mangrove ini terdapat empat spot wisata yang bisa kamu kunjungi yakni Pantai Pasir Kadilangu, Jembatan Api-Api, Maju Lestari, dan Wanatirta Pasir Mendit.

5. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo berlokasi di Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Sesuai dengan nama desanya, wisata ini masuk kedalam Desa Wisata Nglinggo yang terletak di puncak perbukitan menoreh Kulonprogo.  Pengunjung yang datang di wisata kebun teh ini dapat menikmati keindahan alam perbukitan menoreh serta pengunjung dapat melihat petani teh memetik daun teh saat musim panen tiba. Untuk hari – hari libur tempat wisata kebun teh ini sangat ramai pengunjung, rata – rata adalah anak – anak muda.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.