Pulau Kasa dengan Segudang Kekayaan Baharinya

Sebagian besar kawasan Indonesia memang memiliki kekayaan di bidang laut, tak menampik jika misalnya kebanyakan diantara pesona wisata yang mendatangkan banyak masyarakat luar negeri juga berasal dari pantainya. Coba lihat saja ada berapa banyak nama-nama pantai terkenal dan indah di Indonesia, hampir setiap daerah punya. Hanya saja tak semuanya yang terekspos hingga mancanegara. Nah bagi kamu yang menggemari wisata alam dan ingin mengunjungi habitat beberapa fauna khas Indonesia yang umumnya sudah cukup langka, bagaimana jika liburan kali ini berkunjung ke Maluku.

Pertama kali mata memandang kamu akan disajikan dengan pasir putih yang berkilau yang diterpa oleh sinar matahari, belum lagi dengan laut biru yang akan membuat kamu merasa nyaman berada disini. Pulau Kasa yang ada di Maluku ini memang memiliki keindahan dibandingkan dengan kawasan Maluku yang lainnya, meskipun sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan-hutan namun jangan khawatir kamu bahkan bisa menjelajah hingga ke bagian dalamnya dengan aman. Bertandang kesini memang dengan perjalanan yang cukup panjang. Saat kamu sudah berada di pulau Ambon datang ke pulau Kasa tak membutuhkan waktu cukup lama, hanya sekitar 1,5 jam perjalanan saja.

Meskipun terbilang sebagai pulau yang kecil, namun wisatawan juga tak perlu khawatir mengingat sarana prasarana layaknya dermaga juga sudah ada di pulau ini untuk menyambut kedatangan menggunakan kapal wisatawan. Belum lama ini pemerintah daerah tersebut memang berupaya dalam menggalang – galangkan wisata daerah agar lebih banyak wisatawan yang datang, hal ini berbuah dengan cukup manis karena memang benar dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini peningkatan jumlah kunjungan baik lokal maupun mancanegara cukup signifikan. Lalu sebenarnya habitat apa saja yang bisa dilihat disini, berikut diantaranya:

1. Burung Maleo
Mungkin sangat jarang sekali diantara Anda yang mengenal burung yang satu ini, mengingat burung ini memang termasuk sebagai fauna khas dari daratan Maluku. Burung yang satu ini memiliki habitat yang ada di dalam hutan Pulau Kasa. Bagi Anda yang ingin melihatnya secara langsung, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dan menyusuri hutan hingga nantinya bisa menemukan tempat persembunyian burung ini. Mengingat fauna tersebut cukup sulit untuk dijumpai maka Anda hanya bisa melihat telur – telurnya saja. Tapi jika Anda ingin melihatnya secara langsung maka Anda dapat menunggu pada sore hingga petang untuk melihatnya secara langsung.

2. Ikan Hiu
Untuk fauna yang satu ini mungkin Anda sudah sering melihatnya dari gambar atau tayangan, namun bagaimana jika secara langsung? Agak menyerakan bukan. Namun jangan khawatir karena habitat hiu yang ada disini bisa dikatakan jinak. Pengunjung yang sudah jauh-jauh datang tentunya wajib mencoba permainan air yaitu diving atau snorkeling. Apalagi dengan keindahan bawah laut yang ditawarkan ada beragam terumbu karang dengan tambahan ikan-ikan yang cantik, namun tak hanya itu yang paling menarik disini adalah keberadaan si ganas dari laut yaitu Ikan Hiu. Hanya saja ikan tersebut tak bisa dilihat setiap waktu, hanya pada musim-musim tertentu saja fauna tersebut menampakkan diri.

Selain dengan tujuan mengunjungi 2 fauna tersebut secara tak langsung nantinya kamu juga akan berjumpa dengan fauna khas lainnya, seperti hewan Kuskus yang ternyata juga memiliki habitat disini dan memiliki jumlahnya yang tak tanggung-tanggung yaitu ada ratusan dan mudah untuk dijumpai. Liburan ke pulau ini sebenarnya tak membutuhkan banyak dana, hanya saja untuk sewa perahu sendiri kamu harus menghabiskan uang sebesar 2 juta dari pulau Ambon. Kapal tersebut nantinya bisa diisi dengan 10 orang penumpang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.