Sate, Kuliner khas Indonesia dengan Citarasa Lezat dan Nikmat

Di Indonesia kita dapat menjumpai berbagai wisata kuliner yang beraneka ragam dan memiliki ciri khas nya masing – masing dari setiap daerah. Salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah cukup terkenal dan mudah untuk ditemui adalah Sate. Sate merupakan kuliner yang berbahan dasar dari potongan – potongan daging yang kaya akan protein. Rasanya yang lezat dan nikmat membuat siapa saja yang menikmatinya merasa ketagihan. Sate memiliki ciri khas tersendiri pada bumbu rempah – rempah yang digunakan.

Nah, tahukah kamu jika di setiap daerah juga memiliki kuliner sate dengan ciri khas nya masing  – masing. Tak hanya sate kambing dan ayam saja, namun beberapa sate dibawah ini wajib untuk kamu coba. Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan kuliner sate khas Jawa Barat tepatnya di Purwakarta. Awal mulanya sate ini diberi nama Maranggi karena tercetus dari nama seorang penjual sate bernama Mak Ranggi yang berjualan di daerah Cianting, Purwakarta. Uniknya, sate ini sedikit berbeda dengan sate pada umumnya. Jika sate pada umumnya di bakar, namun sate Maranggi ini harus melewati tahap lain yaitu tahap perendaman dengan menggunakan aneka rempah yang bisa membutuhkan waktu hingga satu hari. Untuk bahan dasarnya, sate Maranggi terbuat dari daging domba atau sapi yang kemudian disiram dengan saus yang berasal dari cabai dan cuka lahang.

2. Sate Kerang

Sate Kerang merupakan salah satu kuliner khas Surabaya, Jawa Timur yang cukup terkenal. Sebenarnya kuliner ini sama seperti kuliner sate pada umumnya, hanya saja yang membuat sate ini terasa khas dan berbeda adalah pada bumbu spesial yang ada di dalamnya. Kuliner ini bisa kamu temukan di warung  – warung pinggir jalan. Uniknya lagi, sate ini tidak langsung dibakar melainkan direbus dan ditumis. Sate Kerang sangat lezat disajikan bersama dengan lontong balap.

3. Sate Kalong

Pertama mendengar kuliner yang satu ini cukup mengerikan, bagaimana tidak? Kalong jika diartikan berarti sama dengan kelelawar. Namun kamu tak perlu khawatir jika Sate Kalong yang satu ini tidak terbuat dari daging kelelawar. Sama seperti sate pada umumnya yang terbuat dari daging sapi hanya saja daging yang digunakan direndam dalam bumbu manis terlebih dahulu sebelum diolah. Dinamakan Sate Kalong karena kuliner ini dijual hingga tengah malam. Rasanya yang manis membuat sate ini sangat mirip dengan dendeng sapi.

4. Sate Padang

Sumatera Barat tak hanya terkenal dengan masakan Padang nya saja, namun juga kuliner sate nya yaitu Sate Padang. Nah, Sate Padang ini merupakan sebutan untuk ketiga jenis sate yang cukup terkenal di Sumatera Barat yaitu sate Padang, sate Padang Panjang, dan sate Padang Pariaman. Jika sate pada umumnya menggunakan daging sapi namun berbeda dengan sate Padang yang menggunakan lidah sapi. Pada dasarnya bumbu yang digunakan menggunakan saus kacang dan cabai hanya saja yang membedakan warnanya, jika sate Padang Panjang berwarna kuning dan memiliki rasa yang tidak terlalu pedas sedangkan sate Padang Pariaman berwarna merah dan memiliki rasa yang cukup pedas.

5. Sate Lilit

Pulau Bali tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona namun juga wisata kulinernya seperti salah satunya adalah Sate Lilit. Bahan utama yang digunakan seperti daging sapi, daging ayam, ikan, daging babi, hingga kura – kura. Namun yang cukup populer adalah yang terbuat dari ikan.  Pertama – tama daging ikan cincang dicampur dengan kelapa parut, santan, air jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Adonan ini kemudian melilit serai dan panggang di atas arang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.