Sate Ikan Tanjung, Kuliner Lezat khas Lombok yang Tak Boleh Dilewatkan

Lombok merupakan sebuah daerah yang terletak di Kepulauan Sunda Kecil, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sama seperti daerah lainnya yang ada di Indonesia, Lombok juga memiliki beberapa destinasi wisata yang begitu beragam mulai dari pegunungan hijau, pantai yang eksotis, sampai pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner khas nya dari daerah tersebut. Kuliner khas Lombok yang cukup terkenal adalah Ayam Taliwang nya yang menggugah selera. Selain itu, ada juga Sate Ikan Tanjung yang tak boleh dilewatkan.

Sesuai dengan namanya jika sate ini berbahan dasar dari ikan yang memiliki rasa yang pedas dan gurih. Namun ada yang unik dari penyajian sate yang satu ini. Jika biasanya sate disajikan menggunakan bumbu kacang, namun Sate Ikan Tanjung ini tidak menggunakan saus apapun dalam penyajiannya. Cita rasanya yang khas membuat sate ini menjadi salah satu kuliner primadona yang banyak dicari oleh masyarakat di Pulau Lombok. Rasanya yang pedas dan berpadu dengan tekstur daging nya yang empuk mampu membuat siapa saja yang menikmatinya ketagihan.

Kuliner ini bisa kamu temukan di sepanjang jalan di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Di kawasan ini kamu bisa menemukan banyak penjual sate ikan Tanjung yang menjajakan kuliner khasnya. Cara membuat  sate ini pun terbilang cukup mudah, pertama – tama daging ikan dipotong kecil – kecil lalu direndam bersama bumbu – bumbu rempah. Setelah bumbu nya meresap, sate tersebut siap dibakar di atas bara api. Untuk membakar sate ini tak perlu waktu yang lama hanya membutuhkan beberapa menit saja, sate siap disantap.

Tekstur nya yang empuk dan lembut serta dipadukan rasa yang pedas dan gurih mampu membuat siapa saja yang mencicipi ketagihan apalagi aroma nya yang khas. Sate Ikan Tanjung sangat nikmat disantap selagi masih hangat bersama nasi putih. Selain menu sate, para penjual juga menyediakan menu lainnya seperti pepes kepala ikan yang tak kalah nikmatnya. Harganya yang terjangkau, sehingga banyak wisatawan yang memburu sate ini ketika berkunjung ke Pulau Lombok.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.