Mencicipi Sate Ambal di Pesisir Selatan Jawa Tengah

Sate, mungkin bagi sebagian orang sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Kuliner khas Indonesia yang terbuat dari olahan daging sapi, ayam, atau pun kambing dengan bumbu kacang yang khas. Namun tahukah Anda jika setiap daerah memiliki keunikan dan kekhasan masing – masing pada kulinernya? Nah, jika Anda sedang berkunjung ke daerah Jawa Tengah maka sempatkan lah untuk berkunjung ke pesisir selatan Jawa Tengah atau lebih tepatnya ke daerah Kebumen. Ada kuliner unik yang bisa Anda jumpai di daerah ini yaitu Sate Ambal. Sate Ambal merupakan sate yang terbuat dari olahan daging ayam yang ditambahkan dengan saus berwarna kuning dan sedikit encer. Jika pada umumnya kuliner sate diberi bumbu kacang namun lain halnya dengan sate khas Kebumen ini yang terbuat dari tempe. Nama Ambal sendiri diberikan dari nama kecamatan yang dimana sate tersebut berasal. Sate Ambal ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Kebumen.

Warung sate yang paling terkenal dari sekian banyak warung sate yang ada di daerah tersebut adalah Warung Sate Ambal Pak Kasman Asli. Warung sate tersebut bisa Anda jumpai di Jalan Raya Deandles Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal atau lebih tepatnya berada di sebelah timur Pasar Ambal. Meskipun warung sate ambal ini terbilang cukup sederhana, namun warung sate tersebut dapat menampung pengunjung hingga 50 orang. Fasilitas yang tersedia di warung sate itupun cukup memadai mulai dari toilet bersih dan mushola untuk beribadah.

Seporsi sate ambal berisi 20 tusuk sate ayam ambal yang ditambahkan bumbu berwarna cokelat yang sedikit berminyak serta ditemani dengan sepiring lontong. Pada umumnya jika Anda memesan seporsi sate hanya mendapati 10 tusuk saja, lain halnya dengan sate ambal ini yang terdapat 20 tusuk setiap porsinya. Di setiap tusuk sate ambal terdapat potongan – potongan daging ayam yang cukup besar sehingga menambah selera Anda untuk segera menikmatinya.

Dalam penyajiannya, Sate Ambal ini biasanya di sajikan dalam piring dengan saus tempe yang disajikan secara terpisah. Seperti sate ayam pada umumnya, Sate Ambal ini juga disajikan bersama dengan ketupat yang dipotong kecil sesuai dengan selera. Selain itu untuk menambah rasa kita bisa menambahkan irisan, irisan lombok, kecap dan juga sambal. Tentunya di sesuaikan dengan selera kita. Rasa dari Sate Ambal ini sangat unik, aroma dari rempah yang bercampur dengan rasa manis, pedas, dan gurih memberikan cita rasa yang khas pada Sate Ambal ini.

Bumbu tersebut yakni pala, merica, ketumbar, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula jawa. Perpaduan rasa manis dan gurihnya rempah sate ambal ini hampir sama dengan citarasa dendeng. Selain menyediakan sate ayam, warung Pak Kasman ini juga menyediakan sate kambing yang cara penyajian seperti sate kebanyakan, yakni disajikan menggunakan bumbu kecap. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 34 ribu saja maka Anda sudah dapat menikmati seporsi sate ambal dengan sepiring lontong.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.