Santapan Nikmat dan Mengenyangkan Saat Hujan Turun

Seperti yang kita ketahui jika akhir – akhir ini cuaca kurang bersahabat sehingga perut akan mudah lapar dan malas untuk beraktivitas. Jika perut kamu dalam keadaan lapar dan ingin memuaskan rasa laparmu maka tak ada salahnya jika menikmati aneka menu berkuah yang bisa bikin perut kenyang. Salah satu menu berkuah yang pas disantap saat hujan turun adalah soto. Di Jakarta sendiri, kamu akan dengan mudah menemukan kuliner soto dengan berbagai macam variasi. Nah, berikut ada beberapa kedai soto di Jakarta yang bisa kamu coba. Diantaranya adalah:

 

1. Soto Betawi Afung

Soto Betawi Afung berlokasi di Kawasan Pancoran Glodok tepatnya di Gang Gloria, Jakarta Barat. Kedai soto ini sudah berdiri sejak tahun 1982 dan pemiliknya merupakan keturunan China Betawi. Menempati bangunan yang sederhana, namun selalu ramai dikunjungi oleh para pelanggan setiap harinya. Sesuai dengan namanya, kedai ini menyajikan menu soto dengan dua pilihan menu yakni Soto Betawi dan Soto Mie. Dalam satu porsi soto Betawi Afung berisikan daging yang dicampur dengan babat, paru, kikil, urat atau daging ayam. Sebagai campurannya untuk menambah citarasa di tambah juga dengan tomat dan kentang. Rasa kuahnya begitu gurih dengan aroma sedap. Meski memakai santan, teksturnya cenderung encer, tidak terlalu kental sehingga tak membuat eneg. Untuk satu porsi Soto Betawi di abnderol mulai dari Rp. 35 ribu dan soto lengkap dengan nasi dibanderol dengan harga Rp. 42 ribu. Kedai ini mulai buka pukul 6 pagi hingga pukul 4 sore.

2. Soto Betawi H. Ma’ruf

Bisa dibilang Soto Betawi H. Ma’ruf sebagai soto legendaris di Kota Jakarta, karena sudah berdiri sejak tahun 1940. Rumah Makan Soto Betawi ini berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki tepatnya di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Warung ini tidak hanya menyajikan soto, tapi juga sate kambing. Tapi yang istimewa dan menjadi favorit pengunjungnya adalah sajian khas soto Betawinya. Menggunakan campuran rempah – rempah dan santan, tanpa menggunakan penyedap menjadi rahasia kesuksesannya. Salah satu keistimewaan dari soto Betawi ini adalah paru gorengnya yang tetap garing sekalipun sudah direndam di dalam kuah soto. Untuk seporsi soto di warung ini dibanderol Rp 26 ribu. Terdengar mahal? Setimpal dengan kualitas rasanya. Kedai ini buka mulai pukul 08.00 hingga 20.30 WIB.

3. Sroto Eling – eling

Kuliner ini masih menjadi rekanan dengan Soto Betawi, Soto Madura, Coto Makassar, Soto Lamongan, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, dan lain – lain.  Nah, kamu bisa menikmati sroto sokaraja di Jakarta, yaitu Sroto Eling-eling, letaknya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jalan Abdullah Syafei dan Jalan Tebet Utara I. Menunya sendiri, untuk sroto komplet isinya ati, ampela, ayam, dan daging, sedangkan sroto istimewa isinya ati, ampela, dan ayam. Sroto selain isi yang sebelumnya disebutkan, akan dicampur dengan kerupuk kanji bewarna merah, ditambah tauge dan dipadukan dengan sambal kacang. Rasanya sendiri gurih dan segar. Kedai ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 25 ribu per porsinya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.