Rute Menuju Curug Kiara Gunung Menir di Kawasan Pamijahan, Bogor

Setelah sepekan beraktivitas di kantor dan disibukkan dengan segala tugas – tugas kantor, tentunya akan membuat jenuh. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut adalah refreshing dengan berkunjung ke tempat – tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam. Berwisata ke curug atau air terjun bisa kamu jadikan pilihan sebagai pilihan untuk berlibur saat akhir pekan. Namun jika kamu mencari curug yang masih alami sekaligus sedikit menantang adrenalin maka kamu bisa berkunjung ke Kawasan Pamijahan, Bogor. Lokasinya yang dekat dengan Kota Jakarta, Depok, Tangerang, dan sekitarnya membuat kota yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan tiba. Apalagi jika akhir – akhir ini kawasan Pamijahan Bogor cukup menggeliat di sektor pariwisata. Pasalnya ada sejumlah wisata baru yang belum lama ini dibuka seperti Rangoon Hills serta Bukit Panorama Pamijahan. Sebelumnya juga kawasan ini cukup dikenal dengan wisata Curug Luhur. Namun belakangan ini ada destinasi wisata baru yang dimana lokasinya searah dengan Curug Luhur yakni Curug Kiara Gunung Menir. Secara administratif, Curug Kiara Gunung Menir berlokasi di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasinya yang berdekatan dengan Curug Luhur atau Curug Ciampea sehingga sangat mudah untuk ditemukan lokasinya. Untuk menuju kesini, kamu bisa melewati jalur Ciampea langsung atau melewati jalur Ciapus. Nah, jika kamu melewati jalur Ciapus maka patokannya adalah Curug Luhur. Dari arah Curug Luhur tersebut, lurus terus ke arah Pamijahan. Jika sudah sampai pertigaan yang dekat Alfamart lalu mengambil arah belok ke kanan. Dari sana lurus terus hingga melewati SDN Gunung Picung , lalu belok ke kanan. Selanjutnya ada pertigaan lagi belok kiri melewati desa cibitung kulon. Meneruskan perjalanan bakal menjumpai pertigaan lagi, beloklah ke kiri yakni melewati jalan KM Part. Dari sini lokasi Curug Kiara sudah dekat. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu/orang untuk tiket masuk dan Rp 5 ribu/motor untuk biaya parkir. Obyek wisata Curug Kiara ini masih terbilang baru karena baru dikelola sekitar 4 bulanan, jadi fasilitas yang ada disana pun masih dalam tahap pengembangan. Untuk menuju ke Curug Kiara diharapkan untuk tetap berhati  – hati karena lokasinya yang cukup menantang adrenalin. Untuk menuju ke dasar curug, kita harus melewati tangga bambu dengan kemiringan hampir 90 derajat.