Rencana Pelestarian Kawasan Telaga Merdada

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi terkenal di Pulau Jawa yang sering kali menjadi destinasi wisata andalan. Di dataran tinggi ini Anda bisa menikmati keindahan alam sembari merasakan dinginnya udara. Untuk mencapai Dieng juga tak sulit dan bahkan bisa dilakukan dengan perjalanan darat. Medan jalan selama perjalanan juga tidak ada yang berat. Tentu ini akan membuat Anda semakin menikmati perjalanan. Sesampainya disana, Anda akan disuguhi dengan bentang alam yang memukau dan sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan momen yang indah ini.

Di kawasan Dieng ini ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Antara lain:

• Menikmati sejuknya udara.
• Camping.
• Piknik ria bersama keluarga.

Selain kegiatan tersebut masih ada kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di kawasan ini. sedikit saran saja saat Anda berada di kawasan Dieng ini hendaklah bersama teman atau keluarga. Karena akan sayang sekali jika Anda menikmatinya seorang diri. Sembari melakukan kegiatan menarik diatas, tak ada salahnya jika Anda menikmati kuliner lokal yang disajikan oleh para pedagang sekitar.

Salah satu kawasan Dieng yang patut dikunjungi adalah Telaga Merdada. Telaga yang satu ini merupakan telaga alami yang memiliki daya tarik tersendiri. Dahulu telaga ini banyak dikunjungi karena suasananya yang masih alami dan segar. Berbeda dengan sekarang ini, kondisinya mulai mangkrak dan tidak terurus. Akibatnya tentu saja para wisatawan enggan berkunjung kesini dan lebih memilih untuk mengunjungi tempat wisata lain yang ada di kawasan Dieng. Namun apakah sudah ada tanggapan dari pihak terkait?

Tentu saja kisah ini sudah mendapatkan tanggapan dari Gubernur Jawa Tengah. Bahkan dalam waktu dekat akan dilakukan sedikit perbaikan pada sekitar kawasan Telaga Merdada. Menurut Gubernur Jawa Tengah, beliau juga tak segan untuk mengundang dan bekerja sama dengan ahli lanskap yang handal. Sehingga impian untuk mewujudkan Telaga Merdada bisa terwujud. Nantinya ahli lanskap ini akan membuat desain dari kawasan Telaga Merdada agar kembali terlihat alami dan indah.

Rencananya di kawasan Telaga Merdada ini akan dibangun taman bunga dan berbagai wisata air yang menarik. Harapannya dengan adanya aneka tempat indah ini Telaga Merdada bisa banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan keberadaan spot menarik di sekitar telaga diharapkan juga menjadi tempat yang bagus sekali untuk selfie para pengunjung. Sedangkan contoh wisata air yang akan dibangun di kawasan telaga ini adalah perahu air. Keberadaan perahu air nantinya diharapkan bisa membuat Anda lebih mudah mengelilingi dan menikmati keindahan Telaga Merdada.

Apakah itu saja langkah yang akan dilakukan Gubernur Jawa Tengah? Tentu saja tidak. Rencananya disekitar telaga ini juga akan ditanami ribuan pohon. Tak hanya bermaksud untuk penghijauan saja. Adanya pepohonan yang mengelilingi telaga diharapkan membuat habitat ikan asli telaga Merdada bisa berkembang. Beberapa contoh pohon yang akan ditanam adalah pohon kopi, pohon kayu putih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun sebagai langkah awal untuk mewujudkan langkah ini, rencananya akan dilakukan penyodotan sampah dan gumpalan yang ada di telaga tersebut. Adanya sampah dan gumpalan tersebut ternyata juga menjadi salah satu penyeybab hilangnya keindahan Telaga Merdada. Selain itu gumpalan dan sampah ini ternyata juga membuat kedalaman telaga menjadi berkurang. Untuk itulah langkah terbaik untuk memperbaiki telaga ini adalah dengan melakukan penyedotan kotoran yang menjadikan telaga ini mendangkal. Semoga saja semua rencana ini bisa terwujud dan keindahan Telaga Merdada bisa dinikmati kembali.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.