Wisata Bahari Penuh Sejarah di Pulau Zum-Zum

Wisata yang ada di Indonesia mayoritas memang didominasi oleh keindahan lautnya, banyak pantai – pantai terkenal yang patut untuk disinggahi mulai dari bagian paling barat hingga kawasan paling timur. Kawasan Timur Indonesia memang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang bahkan tak hanya dikenal dalam negeri saja, melainkan juga dunia. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang tak segan menghabiskan waktu liburannya hanya untuk bertandang ke Indonesia terutama datang ke Bali, Lombok hingga NTT.

Satu yang tak bisa kamu lewatkan adalah pulau Morotai, beberapa diantara Anda mungkin belum begitu mengenal pulau ini. Lokasinya yang memang cukup terpencil sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat sampai ke kepulauan yang satu ini namun jika sudah berada di kawasan tersebut kamu baru akan melihat sejarah apa saja yang tersimpan. Pulau tersebut menjadi saksi bisu perang Pasifik yang pernah terjadi, pulau ini pada jaman dulunya digunakan sebagai basis pertahanan Jepang. Sungguh sangat menarik memang karena Perang Dunia II ini menimbulkan banyak sekali perubahan pada warga dunia.

Mencapai kawasan tersebut khususnya di pulau Zum – Zum kamu akan langsung disambut dengan patung Mc Arthur yang berdiri kokoh, bisa dikatakan bahwa kawasan wisata yang satu ini memang lebih dikenal dengan sejarahnya. Pada tahun 2014 lalu pemerintah sudah mulai membangun sebuah museum Perang Dunia II yang juga menampilkan beberapa barang peninggalan dengan usia cukup tua, jika kamu datang sekarang ini maka museum tersebut sudah mulai dibuka untuk umum. Di pulau zum – zum sendiri memang ada banyak sekali hal – hal menarik yang dapat kamu jumpai selain menengok wisata sejarah yang ditawarkan salah satunya adalah kekayaan bahari.

Pulau yang satu ini termasuk sebagai pulau yang tak berpenghuni, namun ketika malam tiba kamu tetap akan menemukan beberapa orang dengan berbagai tujuan wisata. Wisata bahari yang ditawarkan sangat beragam, mayoritas diantaranya datang untuk menyelam atau snorkeling karena di pulau tersebut Anda dapat melihat lebih jauh keindahan surga bawah lautnya. Untuk bisa sampai ke kawasan tersebut setidaknya kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pelabuhan Morotai, namun karena wilayahnya yang tak terlalu besar kamu bisa berkeliling dengan cepat menggunakan boat atau sekedar jalan di atas pasir putih kawasan tersebut.

Karena memang termasuk pulau yang tak berpenghuni kamu tak akan menemukan banyak penjual kuliner disini, bagaimana kalau lapar? Kebanyakan wisatawan yang datang akan memancing ikan dan dibakar. Inilah salah satu keunikan yang ditawarkan, kamu bisa beramai-ramai dengan wisata lain mengadakan acara makan bersama dari hasil laut tersebut. Meskipun termasuk sebagai pulau kecil, namun ternyata wisatawan yang datang cukup banyak apalagi saat musim liburan tiba tak tanggung-tanggung karena beberapa diantaranya berasal dari luar negeri.

Pulau ini juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk liburan Anda seperti toilet dan sarana istirahat dengan dibangunnya beberapa gazebo. Disini tak ada hotel atau penginapan yang dibangun tentunya kamu harus kembali pulang saat hari menjelang petang. Namun jangan khawatir, dengan jarak tempuh cukup dekat kamu bisa datang kapan saja. Ternyata beragam kekayaan yang ditawarkan oleh negara ini, khususnya di bidang pariwisata. Catatan sejarah tersebut tak hanya ditorehkan di Indonesia melainkan juga negara-negara lainnya. Nah agar tak mati dan kian banyak yang mengenalnya kamu sendiri jangan lupa untuk sekali – kali datang mengunjungi pulau Zum – Zum.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.