Pulau Cinta, Salah Satu Keistimewaan di Danau Cipule yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Karawang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan cukup terkenal dengan kawasan industri nya. Walaupun begitu, Karawang juga memiliki beberapa destinasi wisata alam yang bisa di kunjungi saat akhir pekan atau hari libur tiba. Seperti salah satunya adalah Danau Cipule yang dimana lokasi nya berada di tepi Sungai Citarum tepatnya di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.. Danau ini dulunya adalah bekas lahan tambang pasir yang dilakukan secara terus menerus dan akhirnya menyisakan lubang besar membentuk danau. 

Danau Cipule memiliki luas sekitar 90 Ha, dengan kedalaman sekitar 2 meter. Dari kejauhan danau ini terlihat seperti rawa – rawa yang sedang surut karena kedalamannya yang tidak terlalu dalam. Namun ada salah satu hal menarik dari Danau Cipule yakni keberadaan sebuah pulau seluas 2 km² yang berada di tengah – tengah danau.  Pulau tersebut dinamakan dengan Pulau Cinta, dan menjadi salah satu alasan para wisatawan berkunjung kesini. Jika kamu ingin berkunjung ke pulau tersebut bisa menggunakan perahu dengan biaya sekitar Rp 5 ribu per orangnya.

Sesampainya di Pulau Cinta, terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu untuk melihat pemandangan sekitar Danau Cipule. Beberapa fasilitas diantaranya adalah saung bambu dan warung – warung sederhana yang menjual berbagai jajanan. Tidak banyak informasi mengenai asal-usul pulau tersebut. Yang jelas, keberadaannya membuat Danau Cipule menjadi semakin menarik. Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Karawang maka tak ada salahnya berkunjung ke danau ini untuk mengisi liburan akhir pekan kamu.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.