Meskipun Jarang Terekspose Namun Boyolali Memiliki Potensi Wisata yang Menakjubkan

Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Dahulunya kabupaten ini tergabung dalam karesidenan Surakarta dan Solo. Lokasi nya pun sangat berdekatan dengan Kota Solo yaitu berada di sebelah utara Kota Solo ke arah Semarang. Boyolali juga dikenal oleh masyarakat sebagai penghasil susu sapi karena di daerah tersebut banyak sekali ditemukan peternak susu memproduksi susu sapi. Kabupaten Boyolali juga memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak, namun keberadaannya kurang terekspose sehingga kurang diminati oleh wisatawan.

Hal itu menyebabkan pengunjung tempat wisata di Kabupaten Boyolali hanya di dominasi oleh masyarakat lokal saja.  Namun ada salah satu Kecamatan di Kabupaten Boyolali yang menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan yaitu New Selo. Lokasinya yang berada di lereng pegunungan membuat kecamatan yang satu ini memiliki udara yang sejuk dan masih sangat asri. Biasanya New Selo digunakan sebagai basecamp bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Merbabu maupun Gunung Merapi. Menariknya lagi jika Pemerintah setempat meresmikan spot wisata baru yang berada di Kecamatan New Selo yaitu Bukit Kinasih.

Bukit Kinasih merupakan lokasi wisata yang letaknya berada di Dusun Passah, Desa Sanden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya masih satu kecamatan dengan Gardu Pandang Suroteleng, Gardu Pandang Alam Sutera, Omah Bambu Merapi dan Bukit Gancik. Untuk kamu yang memiliki hobi mendaki gunung atau naik bukit, Bukit Kinasih memberikan fasilitas bagi pendaki untuk menikmati pemandangan di atas bukit yang indah. Selain menawarkan keindahan alamnya, Bukit Kinasih juga menawarkan tempat berkemah di atas bukitnya dan sunrise yang indah.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Kinasih maka kamu cukup membayar retribusi sebesar Rp. 2 ribu rupiah. Di Bukit Kinasih ini kamu bisa merasakan sensasi hawa dingin yang menyenangkan dan melihat landscape eksotik antara Kota Boyolali, Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Lawu. Waktu terbaik ketika berada di Bukit Kinasih adalah pagi dan sore. Akses menuju Bukit Kinasih terbilang cukup ekstrim yaitu kamu harus melewati jalanan naik dan turun. Meskipun terbilang cukup ekstrim jalanan yang dilalui, namun di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan dijamin tak akan membuat kamu bosan selam diperjalanan.

Bila kamu start dari Yogyakarta, ada beberpa alternatif jalur yang bisa kamu lalui: Via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Ringroad Barat/Jl. Semarang – Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalananVia Jl. Raya Solo/Jl. Yogya-Solo dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Via Jl. Raya Solo/Jl. Yogya-Solo dan Jl. Raya Solo dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Atau untuk mempermudah perjalanan kamu, kamu bisa menggunakan Google Maps untuk menuju Bukit Kinasih.

Mengingat lokasinya yang berada di ketinggian maka usahakan untuk membawa baju hangat dan untuk kamu yang membawa kendaraan, pastikan kendaraan tersebut dalam keadaan prima dan full bensin. Bagi yang suka fotografi atau berfoto – foto jangan lupa untuk mengisi full baterai handphone atau kamera. Dan yang wajib banget adalah keadaan tubuh kamu dalam keadaan yang segar bugar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.