Ponggok Ciblon, Destinasi Wisata Antimainstream di Klaten

Berbicara mengenai potensi wisata di Pulau Jawa memang dikenal dengan banyaknya obyek wisata yang menari untuk dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur tiba. Beberapa kota besar di Pulau Jawa yang memiliki destinasi wisata yang sudah cukup terkenal antara lain Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Bogor, Banten, Solo, Klaten, dan lain sebagainya. Namun kali ini limakaki.com akan membahas destinasi wisata yang ada di Klaten. Siapa sangka jika Klaten memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan tiba. Nah, untuk kamu yang bosan dengan wisata yang itu – itu saja dan ingin mencoba wisata yang antimainstream maka tak ada salahnya jika berkunjung ke Klaten.

Salah satu lokasi wisata yang sudah cukup terkenal dan tidak asing di telinga adalah Umbul Ponggok yang lokasinya berada di Desa Ponggok. Namun tak hanya Umbul Ponggok saja, ternyata di Klaten juga ada tempat wisata tirta lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Ponggok Ciblon. Ponggok Ciblon bisa dijadikan sebagai wisata alternatif bagi keluarga yang ingin memanfaatkan liburannya di Klaten. Lokasinya berada di Jalan Ponggok KM 1, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo dan tepatnya berada di depan Kantor Desa Ponggok. Obyek wisata ini terbilang baru di buka pada tahun 2016 lalu. Meskipun terbilang baru, namun obyek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan.

Suasananya yang asri dan sejuk dengan pepohonan yang rindang membuat para wisatawan yang berkunjung merasa betah berada di lokasi wisata tersebut. Ada salah satu yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata tersebut yaitu karya seni buah tangan warga dengan corak yang beragam dipasang diantara pepohonan yang rindang disekitar pintu masuk. Disana terdapat dua spot yang menjadi andalan yaitu kolam renang yang dimana air nya dari mata air setempat dan kulinernya berupa aneka masakan ikan air tawar. Karena berasal dari mata air, maka air yang ada di kolam tersebut cukup jernih dan terus menerus mengalir sehingga membuat para pengunjung ingin segera membasahi diri di tempat tersebut.

Terdapat dua kolam renang yang diperuntukkan untuk anak – anak dan orang dewasa. Kolam  renang untuk anak – anak letaknya berada di dekat pintu masuk Ponggok Ciblon sedangkan dibagian dalam diperuntukkan untuk orang dewasa. Bagi pengunjung yang tak berenang di kolam tersebut, bisa duduk santai di pondok – pondok makan yang terletak diatas kolam – kolam alami. Ikan – ikan dikolam yang begitu banyak, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama anak – anak. Namun, ikan – ikan yang ada di kolam tersebut tidak boleh di pancing hanya saja boleh memberi makan ikan – ikan tersebut. Konsep dari tempat wisata Ponggok Ciblon adalah mengembangkan wisata edukasi anak yang nantinya akan lebih mengedepankan wisata alam.

Selain fasilitas kolam renang, nantinya juga akan dibangun wahana – wahana yang ekstrim seperti pengembangan Waterpark dan Wahana Ninja Warrior. Untuk Waterpark nya menggunakan air alami dan tidak menggunakan kaporit. Selain itu, hotel dan resto yang bertujuan untuk menjaga privacy para pengunjung dan tamu pun akan siap dibangun. Pembangunan hotel dan resto tersebut akan dimulai tahun 2017 ini dan akan selesai di tahun 2018. Pemabangunan hotel dan resto tersebut nantinya akan mengurangi bahan dengan struktur beton yang bertujuan agar tetap tetap menjaga nuansa alam yang ada di tempat tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.